Info Populer 2022

Integritas Adalah

Integritas Adalah
Integritas Adalah

Integritas adalah kualitas kejujuran dan juga prinsip moral pada diri seseorang yang dilakukan dengan konsisten pada kehidupannya secara menyeluruh.. Berikut ini akan kami jelaskan secara detail meliputi pengertian, arti, aspek beserta contohnya, Untuk lebih jelasnya sima pembahasan di bawah ini


 kualitas kejujuran dan juga prinsip moral pada diri seseorang yang dilakukan dengan konsi Integritas adalah
integritas adalah








Pengertian Integritas



Integritas merupakan salah satu dari banyaknya atribut yang harus dimiliki seorang pemimpin. Karna integritas yaitu suatu kepribadian pada seseorang yang bertindak konsisten dan utuh, di dalam perkataan dan perbuatan, sesuai dengan nilai dan arahan etik.


Orang berintegritas berarti mempunyai langsung yang jujur dan huruf kuat. Integritas berasal dari kata Latin yaitu “integer”, yang mempunyai arti:



  1. Sikap yang teguh dalam mempertahankan prinsip , tidak korupsi, dan menjadi dasar menempel pada diri sendiri sebagai nilai-nilai moral.

  2. Mutu, sifat, dan keadaan yang menunjukkan pada kesatuan utuh sehingga mempunyai potensi serta kemampuan yang memancarkan kewibawaan dan kejujuran.


Jack Welch, di dalam bukunya yaitu “Winning” menyampaikan bahwa


“integritas merupakan sepatah kata yang kabur (tidak jelas). Orang-orang yang mempunyai integritas akan menyampaikan kebenaran, dan orang-orang itu memegang kata mereka.


Mereka bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan pada masa lalu, mengakui kesalahan dan mengoreksinya. Mengetahui aturan yang berlaku di dalam negara, industri dan perusahaan mereka baik yang tersurat danyang tersirat dan mentaatinya.


Bermain untuk menang namun secara benar dan bersih, mengikuti peraturan yang berlaku. ”Berbagai survei juga studi kasus sudah mengidentifikasikan integritas atau kejujuran menjadi suatu karakteristik langsung yang amat dihasrati dalam diri seorang pemimpin.


Seseorang sanggup dianggap berintegritas ketika mempunyai kepribadian dan juga huruf sebaga berikut;



  • Jujur dan bisa dipercaya

  • Mempunyai komitmen

  • Bertanggung jawab

  • Menepati ucapannya

  • Setia

  • Menghargai waktu

  • Memiliki prinsip dan nilai-nilai hidup


Dari klarifikasi di atas maka bisa disimpulkan bahwa integritas yaitu jati diri seseorang dan lawan kata dari kemunafikan.









Contoh Integritas



Selain dikaitkan dengan kepemimpinan, istilah integritas pun sering dikaitkan dengan kata nasional.


Apa sih arti integritas nasional?


Jika diartikan dengan sederhana integritas nasional yaitu integritas yang dijalankan untuk menjalankan negara.


Sedangkan apabila diartikan lebih luas, maka integritas nasional yaitu hasrad atau kesadaran yang timbul berkelanjutan dari setiap orang yang mengelola, tinggal, dan juga menetap di suatu negara untuk bisa menyebarkan dan juga menarik negara yang ditinggalinya menjadi lebih baik dan lebih maju atau dengan kata lain yaitu menjadika negara berkembang


Di Indonesia, integritas nasional sudah terjadi secara serempak pada Tanggal 28 Oktober 1928, yaitu hari Sumpah Pemuda. Pada ketika itu, seluruh cowok di Indonesia serempak bekerja sama melawan penjajah dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.









Menurut Para Ahli



Berikut ini yaitu beberapa pengertian integritas yang sudah kami rangkum dari banyak sekali hebat pada bidangnya masing masing terhadap pendapatnya mengenai integritas


Henry Cloud


Menurut Henry Cloud, berbicara wacana integritas, tidak bisa terlepas dari sebuah upaya menjadi mausia yang manusiawi dan terpadu pada setiap bab diri yang berlainan, yang bekerja baik dan menjalankan fungsinya sesuai apa yang sudah dirancang sebelumnya. Integritas amat terkait dengan keutuhan dan juga keefektifan spada eseorang sebagai insan manusia.


Kamus Besar Bahasa Indonesia


Menurut KBBI , pengertian integritas yaitu mutu, sifat, serta keadaan yang menggambarkan pada satu kesatuan yang utuh, sampai mempunyai potensi dan kemampuan untuk memancarkan kewibawaan dan kejujuran.


Ippho Santoso


Menurut Ippho Santoso, integiras diartikan sebagai menyatunya pikiran, perkataan dan perbuatan guna melahirkan reputasi dan juga kepercayaan. Jika merujuk dari asal katanya, kata integritas mempunyai makna berbicara secara utuh dan lengkap


Andreas Harefa


Menurut Andreas Harefa, integritas yaitu tiga kunci yang bisa diamati, yakni menunjukkan kejujuran, komitmen, dan mengerjakan sesuatu dengan konsisten.


Baca juga :



 









Fungsi Integritas



Setelah memahami arti integritas, mungkin sebagian orang bertanya-tanya, apa sih sebenarnya fungsi integritas itu? Secara garis besar, ada 2 fungsi utama integritas, yaitu:


1. Fungsi Kognitif


Dalam hal ini fungsi kognitif integritas yaitu meliputi kecerdasan moral dan juga wawasan diri (self insight). Dan wawasan diri itu meliputi ilmu pengetahuan diri dan refleksi diri.


Dari klarifikasi itu maka sanggup dijelaskan bahwa fungsi kognitif integritas merupakan pemeliharaan moral seseorang yang mendorong orang untuk mempunyai pengetahuan yang lebih luas.


2. Fungsi Afektif


Fungsi afektif yaitu meliputi hati nurani dan juga harga diri. Sehingga fungsi afektif integritas yaitu menjaga nurani insan semoga tetap mempunyai “hati” dan “perasaan” sebagai manusia.


Tanpa integritas, motivasi amat berbahaya. Tanpa motivasi, kapasitas tidak bisa berdaya. Tanpa kapasitas, pemahaman akan terbatas. Tanpa pemahaman, pengetahuan tidak berarti. Tanpa pengetahuan, pengalaman yaitu buta. Pengalaman gampang diberi dan dipakai cepat oleh orang-orang pada semua kualitas lainnya.”









Manfaat Integritas



Integritas sangat bermanfaat untuk fisik, intelektual, emosional, dan juga spiritual. Berikut yaitu klarifikasi lengkap wacana manfaat integritas



  • Manfaat secara fisik

    Individu yang mempunyai integritas cenderung sanggup mencicipi manfaat fisiknya. Misalnya merasa lebih sehat serta bugar di dalam melaksanakan acara tanpa beban fikiran yang berlarut

  • Manfaat secara intelektual

    Individu yang berintegritas akan lebih bisa mengoptimalkan kemampuannya daripada individu munafik.

  • Manfaat secara emosional

    Umumnya seseorang yang mempunyai integritas juga mempunyai motivasi, sadar diri, empati, solidaritas tinggi, simpati, serta emosi yang stabil.

  • Manfaat secara spiritual

    Integritas mengakibatkan insan lebih bijaksana di dalam memaknai pengalaman hidupnya.

  • Manfaat secara sosial

    Integritas di dalam diri seseorang akan membuatnya lebih gampang menjalin hubungan baik dengan orang lain dan di dalam melaksanakan kerja di masyarakat.









Integritas dan Kredbilitas



Kedua istilah ini mempunyai kesamaan yaitu keduanya menjadi sumber pada terbentuknya “trust” (kepercayaan) bagi pemimpin.


Bedanya kalau dapat dipercaya menyangkut “head” (otak) yaitu kemampuan pada olah pikir yang meliputi intelegensia, keterampilan, dan kompetensi (hard skill). Sedangkan integritas menyangkut “heart” (hati) yaitu kemampuan nurani yang meliputi kejujuran, ketulusan, kesepakatan dan sebagainya.



  • Kredibilitas terbangun melalui 2 unsur yang sangat penting yaitu kapabilitas (kompetensi) dan juga pengalaman. Akan sulit kalau seorang pemimpin tidak mempunyai kompetensi dan pengalaman padabidang yang ia pimpin.

  • Integritas dibangun pada 3 unsur penting yaitu nilai-nilai yang dianut pada Si Pemimpin (values), konsistensi, dan komitmen.


Nilai-nilai yaitu pegangan dari pemimpin untuk bertindak. Intergritas ini semakin kokoh kalau pemimpin mempunyai konsistensi antara yang diucapkan dengan yang dilakukan (walk the talk) dan mempunyai kesepakatan terhadapnya.


Bila tidak mempunyai integritas, tentu akan kehilangan dapat dipercaya seba orang lain akan menjauhi untuk menghindari kekecewaan.


Dari kutipan di atas dijelaskan sesungguhnya integritas merupakan hal terpenting dalam kehidupan secara menyeluruh. Ketika mencari karakteristik wacana bagaimana cara untuk membangun kehidupan pribadi, maka dimulai dari;



  • Integritas

  • Motivasi

  • Kapasitas

  • Pengetahuan

  • Pengalaman


Berikut ini penjelasag mengapa integritas amat penting padakehidupan setiap orang:



  • Integritas merupakan salah satu kunci kesuksesan setiap orang alasannya yaitu individu yang berintegritas yaitu langsung yang konsisten di dalam menjalankan nilai dan norma yang berlaku.

  • Integritas sanggup memilih dirinya bisa dipimpin bahkan bisa menjadi pemimpin lantaran hanya individu berintegritas yang mempunyai kepribadian berkualitas serta bisa mencar ilmu dari orang lain.

  • Integritas akan memilih seberapa besar untukb layak dipercaya oleh orang lain alasannya yaitu tindakannya yang konsisten.

  • Integritas menghasilkan reputasi dan prestasi bagi seseorang alasannya yaitu berpikir, berkata, dan bertindak secara konsisten.


Demikialah pembahasan mengenai ba ini, Semoga bermanfaat


 


Advertisement

Iklan Sidebar