Info Populer 2022

10 Fungsi Lemak Bagi Badan Manusia

10 Fungsi Lemak Bagi Badan Manusia
10 Fungsi Lemak Bagi Badan Manusia

Rumus.co.id – Selain protein dan karbohidrat fungsi lemak cukup penting untuk badan manusia. Kali ini kita akan membahas mengenai fungsi lemak bagi badan manusia.


Fungsi Lemak


Lemak ialah senyawa kimia tidak larut air yang disusun oleh unsur Karbon (C), Hidrogen (H), dan Oksigen (O). Lemak bersifat hidrofobik (tidak larut dalam air), untuk melarutkan lemak dibutuhkan pelarut khusus menyerupai eter, klorofom dan benzen. Seperti halnya karbohidrat dan protein, lemak juga merupakan sumber energi bagi badan manusia.


Meskipun sumber energi dari karbohidrat, lemak juga sangat berperan dalam sumber energi cadangan ketika karbohidrat tidak ada. Lemak dalam kadarnya akan sangat baik dipakai badan manusia, tetapi bila lemak berlebihan akan mengakibatkan banyak penyakit. Sehingga lemak sanggup kuat dalam bentuk badan manusia.


 fungsi lemak cukup penting untuk badan insan 10 Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusia


Berikut ini ialah fungsi lemak antara lain:


1.      Menambah Energi


Seperti sudah dibahas di atas bukan hanya karbohidrat sumber energi tetapi lemak juga sanggup menjadi cadangan energi ketika karbohidrat tidak ada. Mengkonsumsi karbohidrat akan kuat pada lemak. Lemak sama saja dengan cadangan makanan dalam badan manusia. Dapat di gunakan bila makanan (karbohidrat) habis atau tidak ada.


2.      Membentuk Sel


Lemak sangat berperan aktif pada pembentukan sel-sel yang ada di dalam badan manusia. Dalam hal ini tugas lemak akan sangat membantu dalam suplai sel-sel terus menerus.


3.      Menjaga Organ Tubuh


Salah satu fungsi lemak yang tidak terduga ialah menjaga organ tubuh. Hamper 45% organ-organ di dalam badan di lindungi oleh lemak. Dalam kadarnya lemak akan melindungi dan menjaga organ tetapi akan sangat berbahaya bila lemak berlebih.


4.      Menyerap Vitamin


Vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K akan larut kedalam lemak lalu diserap oleh tubuh. Sehingga lemak sanggup berperan aktif bagi perembesan beberapa vitamin.


5.      Cadangan Makanan


Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa lemak ialah cadangan makanan untuk energi badan manusia. Manusia akan tetap bisa beraktivitas walaupun belum makan karbohidrat, masih ada cadangan makanan yaitu lemak.


6.      Menjaga Suhu Tubuh


Salah satu kegunaan lemak ialah menjaga suhu tubuh. Orang yang gemuk akan kebal terhadap rasa cuek tetapi tidak akan tahan dengan panas. Begitu sebaliknya sebaliknya orang kurus tidak akan tahan dengan dingin.


7.      Membantu Buang Air Besar


Kandungan lemak jenuh sanggup membantu proses pembuangan veses atau racun dalam badan manusia. Lemak akan membantu memperlancar pembuangan zat-zat yang tidak diharapkan badan pada usus.


8.      Penghemat Protein


Fungsi lemak ialah penghemat protein. Karena lemak sanggup menyaring enzim-enzim protein dengan sempurna. Jika tidak ada lemak maka banyak protein akan terbuang dengan sia-sia.


9.      Menambah Daya Pikir Otak


Lemak sanggup menambah daya pikir otak pada ketika berfikit. Karena selain karbohidrat lemak sanggup membantu mengaktifkan sel-sel otak untuk berfikir keras ketika dipakai dengan maksimal.


10.  Menambah Rasa


Dengan adanya lemak maka makanan rasanya akan sedikit bertambah enak. Kebanyakan makanan yang mengandung lemak ialah makanan yang enak dan lezat.


Jenis lemak


Berikut ini ada tiga jenis lemak yaitu lemak jenuh, lemak tidak jenuh dan lemak trans:



  1. Lemak jenuh


Berikut ini ialah makanan yang mengandung lemak jenuh susu, mentega, minyak kelapa, minyak kelapa sawit.



  1. Lemak tidak jenuh


Berikut ini ialah makanan yang mengandung lemak tidak jenuh minyak zaitun, alpukat, minyak jagung, minyak kacang, kacang-kacangan.



  1. Lemak trans


Lemak trans hampir sama dengan lemak jenuh, minyak ini bisa meningkatkan kolestrol dalam tubuh.


Baca Juga:



10 Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Manusia


14 Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia



Demikian pembahasan mengenai 10 fungsi lemak bagi badan manusia. Kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik dan bermanfaat tentunya.


Advertisement

Iklan Sidebar