Info Populer 2022

Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja
Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja 2019 Terbaru – Bagi seseorang yang ingin bekerja pada suatu perusahaan, niscaya akan mendaftarkan diri dengan menciptakan persyaratan tertentu semoga kemungkinan besar diterima pada perusahaan tersebut, yang salah satunya ialah Surat Lamaran Kerja.


Tetapi banyak sekali diantara kita yang tidak tahu bagaimana cara menciptakan surat lamaran kerja yang baik, semoga kemungkinan besar suatu perusahaan mendapatkan kita menjadi kepingan dari perusahaan tersebut.


Bagi seseorang yang ingin bekerja pada suatu perusahaan Contoh Surat Lamaran Kerja


Oleh karna itu pada kesempatan yang baik ini, saya akan mengulas bagaimana cara menciptakan sebuah surat lamaran kerja yang baik. Tetapi sebelum kita membahas cara menciptakan lamaran kerja, kita akan memahami terlebih dahulu komponen-komponen cara menciptakan lamaran kerja yang baik.


Simaklah pembahasan-pembahasan yang berada dibawah ini dengan cermat semoga kita sanggup memahaminya.


Pengertian Surat Lamaran Kerja


Surat Lamaran Kerja ialah Sebuah surat berisikan ihwal isu dari seorang pelamar kerja & permohonan untuk menempati suatu posisi tertentu pada suatu perusahaan.


Surat Lamaran Kerja juga dibentuk satu halaman penuh, dan biasanya surat lamaran kerja ini dikirim beserta surat keterangan riwayat seorang pelamar.


Penulisan Surat Lamaran Kerja Terdapat 3 Paragraf :


Dalam penulisan surat lamaran kerja tulis tangan dan bentuk umum terdapat 3 paragraf penting, yang harus kita perhatikan semoga penulisan pada surat lamaran kerja menjadi cantik & baik. Berikut ialah penjelasannya :


Paragraf Pertama :


Pada paragraf pertama dalam penulisan surat lamaran kerja berisi tentang, bagaimana cara kita mendapatkan isu ihwal lowongan pekerjaan pada sebuah perusahaan, posisi apa yang ingin kita tempati & apa alasannya kita menginginkan posisi tersebut.


Paragraf Kedua :


Pada paragraf kedua dalam penulisan surat lamaran kerja berisi tentang, pendidikan terakhir, pengalaman kerja, prestasi yang telah kita raih atau sesuatu yang berkaitan dengan kelebihan kita sendiri dan yang berkaitan pada lowongan kerja pada perusahaan tersebut. 


Paragraf Ketiga :


Pada paragraf ketiga penulisan surat lamaran kerja berisi tentang, goresan pena berupa sebuah perasaan kita apabila diundang untuk tes wawancara dan pastikan kita sanggup dihubungi kapanpun untuk memastikan waktu & daerah untuk mengikuti tes wawancara yang diadakan oleh perusahaan tersebut.


Bagian-Bagian Surat Lamaran Kerja


Dalam penulisan sebuah surat lamaran kerja, terdapat bagian-bagian surat lamaran kerja semoga penulisan kita tidak salah dan tidak membingungkan pihak perusahaan tertentu.


Berikut ialah bagian-bagian yang berada pada surat lamaran kerja :



1. Tempat & Tanggal Pembuatan Surat Lamaran Kerja.


Dalam penulisan surat lamaran kerja terdapat kepingan yang didalamnya berisikan ihwal daerah dimana kita menciptakan surat lamaran kerja & tanggal berapa kita membuatnya, pada awal penulisan.


Contoh : “Bandar Lampung, Kec Tanjung Senang, 08 april 2011.”

 


2. Alamat yang Dikirim


Dalam penulisan surat lamaran kerja mempunyai sebuah alamat yang ingin kita kirimkan, semoga surat lamaran yang kita buat tersebut terlihat baik dan sopan.


Contoh : Kepada yth : Ibu/Bapak

Pimpinan Personalia Cv. Jamiat Abdillah

di –

Tanjung Senang, Bandar lampung

 


3. Hal atau Perihal (Keterangan).


Penulisan yang berisikan ihwal keterangan isu langsung kita, yaitu berupa Nama, Tempat & Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Agama, Pendidikan/Jurusan (Saat ini), Pendidikan/JurusanTerakhir, Pekerjaan Sebelumnya (Bagi yang sudah pernah kerja), Alamat, & No Telp.



Contoh :



  • Nama : Wisnu Marta

  • Tempat, Tanggal Lahir : Bandar Lampung, 25 September 1997

  • Jenis Kelamin : Laki-Laki

  • Agama : Islam

  • Pendidikan/Jurusan : D3 – Management Informatika

  • Pendidikan Terakhir : D3 – Management Informatika

  • Pekerjaan Sebelumnya : Tekhnisi Jaringan Di Indomaret

  • Alamat : Jln.Kelapa Warna, Kec.Tanjung Senang, Bandar Lampung

  • No Telp : 089631418315



 


4. Isi Surat Lamaran Kerja


Dalam penulisan surat lamaran kerja niscaya mempunyai inti dari keinginan dan permohonan kepada perusahaan tertentu semoga mendapatkan kita sebagai karyawan dengan posisi yang sesuai dengan keinginan.


Contoh : Dengan dibuatnya surat ini untuk memberikan permohonan kepada Bapak/Ibu, semoga kiranya sanggup mengangkat Saya menjadi pegawai di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, dalam jabatan sebagai staf keuangan.



5. Lampiran Berkas.

Pada penulisan lamaran kerja didalamnya niscaya terdapat sebuah lampiran berkas, yang harus kita isi sebagai pertimbangan suatu perusahaan untuk mendapatkan kita sebagai karyawannya.




Contoh : 



Sebagai materi pertimbangan Bapak/Ibu, bersama surat ini Saya lampirkan :



  • Fotocopy Ijazah Terakhir beserta Transkrip Nilai dan telah di legalisir masing-masing 1 (satu) lembar.


  • Pas Foto ukuran 3×4 cm sebanyak 4 (Empat) lembar.


  • Fotocopy Kartu Pencari Kerja (AK. I) dan telah di legalisir sebanyak 1 (satu) lembar.

  • Surat Keterangan Kesehatan.

  • Surat Keterangan Kelakuan Baik.






6. Penutup Surat Lamaran Kerja


Dan terakhir dalam penulisan surat lamaran kerja, ditutup dengan kata-kata epilog semoga terlihat baik dan sopan.




Contoh : Demikian surat permohonan ini dibentuk dan disampaikan, besarnya impian Saya sekiranya Bapak/Ibu, sanggup mempertimbangkannya terlebih dahulu, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.


Hormat Saya


(Tanda Tangan)


Wisnu Marta




Cara Membuat Surat Lamaran Kerja


Bagaimana cara menciptakan surat lamaran kerja yang baik & benar, semoga kita sanggup diterima dengan gampang di dalam suatu perusahaan tertentu.


Bagi seseorang yang ingin bekerja pada suatu perusahaan Contoh Surat Lamaran Kerja


Berikut ialah tata cara cara menciptakan lamaran kerja yang baik & benar :


1. Penataan bahasa Indonesia nya harus baik & benar


pergunakan lah bahasa Indonesia yang formal, sebab surat lamaran kerja ini termasuk surat resmi, jangan pergunakan bahasa yang tidak pantas dalam pembuatan surat resmi.


2. Pada penulisan kalimatnya singkat padat & jelas


Dalam pembuatan surat lamaran kerja jangan pergunakan kalimat yang berbelit-belit, sebab sebuah perusahaan atau instansi tidak mendapatkan surat lamaran kerja yang berbelit-belit. Surat lamaran kerja juga sanggup menampilkan jati diri seseorang yang membuatnya tersebut.


3. Penulisan secara manual dengan tangan


Suatu perusahaan cenderung lebih mendapatkan penulisan surat lamaran kerja yang pembuatannya secara manual memakai tangan, sebab goresan pena tangan menilai betapa keseriusan seseorang untuk bekerja pada perusahaan dan sanggup menilai bagaimana kepribadian seorang yang menciptakan surat lamaran kerja tersebut.


4. Kebersihan surat lamaran kerja


Pada pembuatan surat lamaran kerja sebisa mungkin jangan hingga ada coretan atau bekas peniadaan kalimat, apabila terjadi suatu kesalahan dalam menulisnya, lebih baik ditulis ulang saja pada kertas yang baru.


5. Berikan isu & data diri secara jelas


Dalam surat lamaran kerja lampirkan juga dokumen-dokumen pendukung menyerupai Fotocopy Identitas Diri (KTP), Daftar Riwayat Hidup, Kartu Keluarga, serta dokumen-dokumen penitng lainnya yang dijadikan sebagai persyaratan sebuah perusahaan, dalam melamar pekerjaan.


6. Tambahkan akta pendukung (Prestasi)


Tambahkan lah akta pendukung dalam melampirkan surat lamaran kerja, yaitu Sertifikat prestasi-prestasi yang pernah didapatkan, untuk menambah nilai plus diri sendiri bagi suatu perusahaan.


Contoh Surat Lamaran Kerja


Berikut ini pola contoh surat lamaran kerja untuk banyak sekali keperluan :


# Contoh Surat Lamaran Kerja Umum yang Simple



Bandar Lampung, 15 September 2018


Perihal : Surat Lamaran Pekerjaan


Kepada : Yth. Kepala Bagian Personalia

PT. Tanjung Jaya

Jln. Pulau Ternate, No 17, Kec.Way Halim, Bandar Lampung

Dengan hormat


Berdasarkan koran harian yang dimuat oleh Tribun Lampung, yang menyatakan bahwa PT. Tanjung Jaya telah membuka lowongan pekerjaan dalam Bidang Tekhnisi Jaringan. Maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :



  • Nama : Wisnu Marta

  • Tempat, Tanggal Lahir : Bandar Lampung, 25 September 1997

  • Jenis Kelamin : Laki-Laki

  • Agama : Islam

  • Pendidikan/Jurusan : D3 – Management Informatika

  • Pendidikan Terakhir : D3 – Management Informatika

  • Pekerjaan Sebelumnya : Tekhnisi Jaringan Di Indomaret

  • Alamat : Jln.Kelapa Warna, Kec.Tanjung Senang, Bandar Lampung

  • No Telp : 089631418315


Dengan dibuatnya surat ini untuk memberikan permohonan kepada Bapak/Ibu Pimpinan, semoga kiranya sanggup mendapatkan saya menjadi pegawai di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, dalam jabatan sebagai Teknisi Jaringan.


Sebagai materi pertimbangan Bapak/Ibu, bersama surat ini Saya lampirkan :


1. Fotocopy Ijazah pendidikan terakhir

2. Fotocopy Kartu identitas penduduk

3. Fotocopy surat SKCK dari kepolisian

4. Daftar riwayat hidup

5. Pas foto ukuran 4×6

6. Surat pengalaman kerja


Demikian surat permohonan ini dibentuk dan disampaikan, besarnya impian Saya sekiranya Bapak/Ibu, sanggup mempertimbangkannya terlebih dahulu, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.


Hormat Saya


(Tanda Tangan)


Wisnu Marta



 


# Contoh Surat Lamaran Kerja Di Bank, PT, dan Perusahaan Swasta



Bandar Lampung, 6 Januari 2019

Prihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.

Bpk/Ibu Pimpinan

BANK BNI (persero) Tbk.

Di Tempat


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan dibawah ini :


Nama : Angga Murjana, M. Kom

Tempat/Tanggal Lahir : Tanjung Karang, 1 April 1993

Jenis Kelamin : Laki – Laki

Pendidikan Terakhir : Magister Ekonomi


Dengan ini saya mengajukan permohonan untuk kerja pada PT. BANK BNI (Persero) Tbk. Yang Bapak/ Ibu dikala ini pimpin. Besar impian saya kepada Bapak/Ibu untuk mendapatkan dan menempatkan saya pada Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.


Sebagai materi pertimbangan Bapak/Ibu, berikut ini saya lampirkan beberapa dokumen pendukung :


Foto copy KTP : 2 lembar

Foto copy Ijazah SD, SMP, SMA, Sarjana, dan Magister : 1 lembar

Foto copy Piagam Penghargaan : 1 lembar

Daftar Riwayat Hidup : 1 lembar

Pas Foto 3 x 4 : 3 lembar

Foto copy Kartu Keluarga : 1 lembar

Foto copy SKCK : 1 lembar


Demikian surat permohonan ini, besar impian saya untuk lalu diterima di perusahaan Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya, saya sampaikan banyak terima kasih.


Hormat saya,


 


Angga Murjana, M.E



Demikianlah klarifikasi mengenai ihwal Surat Lamaran Kerja beserta Pengertian, Bentuk-bentuk, Bagian-bagian, Cara penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar, dan Contoh surat lamaran.


F.A.Q


Bagaimana ciri penulisan surat lamaran kerja yang baik?


Terdapat tanggal, prihal, tujuan, isi surat, penutup, dan lampiran.


Jenis font apa yang baik untuk menciptakan surat lamaran kerja?


Times New Roman dengan size 12 dan jarak spasi 1,5 mm.


Semoga sanggup bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang mempunyai kegunaan untuk kita semua.


Artikel Terkait Lainnya :




Advertisement

Iklan Sidebar