Info Populer 2022

Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi

Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi
Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi

Rumus.co.id – Setelah sebelumnya kita membahas perihal Tabel periodik unsur kimia kali ini kita akan membahas materi perihal faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi, kita akan jabarkan secara detail dan lengkap dari pengertian faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi, faktor – faktornya, dan aturan laju dari faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi.



 Setelah sebelumnya kita membahas perihal  Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi


Pengertian Laju Reaksi


Laju reaksi yaitu sebuah perubahan dikala konsentrasi dari reaktan ataupun produk per satu satuan waktu. Untuk reaksi dengan reaktan A dan B menghasilkan produk C dan D, seiring waktu dengan jumlah molekul reaktan A dan B akan berkurang dan jumlah molekul suatu produk C dan D akan bertambah. Rumusnya yakni sebagai berikut (v) :


 Setelah sebelumnya kita membahas perihal  Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi


Tanda negatif pada laju perubahan diatas konsentrasi reaktan A dan B (reaktan) ditujukan biar nilainya sanggup positif, sebagaimana laju reaksi yakni besaran yang nilainya harus selalu juga positif. Satuannya yakni M s-1 atau mol L-1 s-1.


Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi


Faktor – faktor yang mempengaruhi sebuah laju reaksi antara lain sebagai berikut.


1. Konsentrasi Pereaksi


Konsentrasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam laju reaksi, lantaran semakin besar konsentrasi pereaksinya, maka tumbukan yang akan terjadi juga akan semakin banyak, sehingga menjadikan laju reaksi itu semakin cepat. Begitu pula, apabila semakin kecil konsentrasi pereaksi, maka semakin kecil juga tumbukan yang akan terjadi antar partikelnya, sehingga laju reaksinya pun semakin kecil.


2. Pengaruh Suhu


Suhu juga termasuk berperan dalam mempengaruhi laju reaksi. Apabila suhu pada suatu rekasi yang berlangsung pada dikala dinaikkan, maka akan menjadikan sebuah partikel semakin aktif bergerak, sehingga tumbukan yang terjadi akan semakin sering, menjadikan laju reaksi semakin besar. Sebaliknya, apabila suhu diturunkan, maka partikelnya semakin tak aktif lagi, sehingga laju reaksinya pun semakin kecil.


3. Pengaruh Tekanan


Banyak reaksi yang sanggup melibatkan pereaksi dalam wujud gas. Kelajuan dari pereaksi menyerupai itu juga dipengaruhi akan tekanan. Penambahan tekanan dengan memperkecil sebuah volume akan memperbesar konsentrasinya, dengan yang dilakukan tersebut akan sanggup juga memperbesar laju reaksinya.


4. Katalis


Katalis yakni suatu zat yang sanggup mempercepat laju reaksi kimia pada suhu – suhu tertentu, tanpa mengalami perubahan atau juga terpakai oleh reaksi itu sendiri. Suatu katalis berperan penting dalam reaksi tapi bukan sebagai pereaksi ataupun juga produk. Katalis juga memungkinkan reaksi berlangsung lebih cepat atau memungkinkan reaksi pada dikala suhu lebih rendah akhir perubahan yang dipicu kepada pereaksi. Katalis menyediakan suatu jalur pilihan dengan sebuah energi aktivasi yang lebih rendah. Katalis mengurangi energi yang diharapkan untuk keberlangsungnya sebuah reaksi.


5. Luas Permukaan Sentuh


Luas permukaan sentuh juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam laju reaksi tersebut, lantaran semakin besar luas permukaan bidang sentuh antar partikelnya, maka semakin banyak juga tumbukan yang terjadi, sehingga menjadikan laju reaksi tersebut semakin cepat. Begitu juga sebaliknya, apabila semakin kecil luas permukaan bidang sentuhnya, maka semakin kecil tumbukan yang terjadi antar partikelnya, sehingga laju reaksi pun akan semakin kecil.


Hukum Laju Reaksi


Hukum laju (persamaan laju) sanggup dinyatakan kekerabatan antara laju reaksi dengan konsentrasi dari reaktan yang dipangkatkan suatu bilangan tertentu. Untuk reaksinya :


aA + bB → cC + dD


Maka hukumya yakni :


  v = k [A]x [B]y


Di mana nilai konstanta laju, k dan nilai x dan y yang ditentukan menurut eksperimen, bukan lantaran menurut koefisien stoikiometrinya persamaan reaksi setara. Untuk reaksi tersebut, dikatakan reaksi orde lantaran dikala ke-x terhadap A, orde ke-y terhadap B, dan orde reaksi total sama dengan x + y.


 


Inilah pembahasan lengkap perihal faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi beserta teladan soal dan pembahasannya, semoga bermanfaat…


Advertisement

Iklan Sidebar