Info Populer 2022

Pengertian Dan 7 Fungsi Akar Pada Tumbuhan

Pengertian Dan 7 Fungsi Akar Pada Tumbuhan
Pengertian Dan 7 Fungsi Akar Pada Tumbuhan

Rumus.co.id – Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian akar dan fungsi akar tumbuhan. Sebagaian besar tumbuhan mempunyai akar yang berbentuk berbeda-beda tetapi hanya ada dua jenis yaitu tunggang dan serabut. Simak klarifikasi berikut ini.


Pengertian Akar


Pengertian akar yakni bab tumbuhan yang biasanya terdapat di dalam tanah, dengan arah tumbuh ke sentra bumi (geotrop) atau menuju ke air (hidrotrop), meninggalkan udara dan cahaya.


Selain sebagai penopang berdirinya tumbuhan, akar juga berfungsi sebagai pencari nutrisi untuk tumbuhan di dalam tanah. Akar akan menyerap nutrisi yang di butuhkan tumbuhan terutama air. Dalam hal ini akar yakni bab yang sangat penting untuk tumbuhan.


Pada ujung akar terdapat sel-sel hidup yang disebut tudung akar atau kaliptra yang berfungsi untuk membantu menembus tanah. Meskipun tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil mempunyai sistem perakaran yang berbeda, tetapi fungsi akar pada tumbuhan tersebut sama.


 Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian akar dan fungsi akar tumbuhan Pengertian dan 7 Fungsi Akar Pada Tumbuhan


Fungsi Akar


Berikut ini yakni fungsi akar antara lain:


1.      Penopang Tumbuh Tegaknya Tanaman


Seperti yang sudah di bahas di atas bahwa fungsi akar sebagai penopang tumbuh tegaknya tanaman. Akar akan menahan dengan berbagi dan memanjangkan akarnya biar tumbuhan berpengaruh tertiup angi atau terkena angin puting-beliung sekalipun.


2.      Fungsi Penyerapan Air dan Hara


Fungsi air selanjutnya yakni menyerap air dan unsur hara yang ada di dalam tanah. Nutrisi-nitrisi yang ada di tanah akan di resap oleh akar dan akan di salurkan ke seluruhan. Akar-akar bisa menyerap nutrisi organik dan anorganik. Hamper 80% tumbuhan memerlukan air sebagai embel-embel mereka.


3.      Penyimpanan Cadangan Makanan


Selain bertugas mencari makan, akar juga berfungsi sebagai cadangan makanan dan air. Tanaman yang sanggup menyimpan cadangan makanan pada akar isalnya wortel, ubi jalar, dan bengkuang. Akar yang bisa menyimpan sejumlah besar air contohnya akar-akar dari tumbuhan gurun (higrofit). Akar tumbuhan higrofit bahkan ada yang bisa menyimpan lebih dari 70 kg air dalam jaringannya.


4.      Melakukan Fotosintesis


Bukan hanya daun yang mempunyai klorofil, tetapi akar juga mempunyai klorofil dan sanggup melaksanakan fotosintesis. Tanaman-tanaman ibarat anggrek epifit dan akar pohon bakau mengubah karbondioksida dan air menjadi karbohidrat. Kemampuan tanaman-tanaman tersebut juga merupakan salah satu fungsi akar pada tumbuhan yang tidak bisa dilupakan.


5.      Fungsi Respirasi


Pada tumbuhan beringin akar sanggup dipakai sebagai respirasi. Selain beringi juga ada akar tumbuhan tembakau dan tumbuhan lain yang hidup di akar. Akar yang termodifikasi fungsinya sebagai alat respirasi disebut pneumatophores. Struktur sel dan jaringan penyusun akar ini memungkinkan terjadinya difusi udara.


6.      Gerakan Tanaman


Gerak tumbuhan selain tumbuh ke atas, akar juga sanggup berkembang sebagai gerak tanaman. Melalui prosedur gerak tropisme ibarat geotropisme, fototropisme, tigmotropisme, kemotropisme, dan hidrotropisme, akar membantu tumbuhan untuk menemukan air dan hara dalam tanah. Fungsi akar bagi tumbuhan ini menunjang metabolisme tumbuhan untuk melaksanakan proses fotosintesis.


7.      Fungsi Reproduksi


Ada sebagaian tumbuhan yang tumbuh bereproduksi memakai akar. Seperti tumbuhan paku, yumbuhan ini tumbuh dengan tunas akar. Melalui perbanyakan vegetatif stolon dan rhizoma, tumbuhan memperbanyak dirinya, melaksanakan duplikasi, dan berkembang biak.


Baca Juga:



Metagenesis Tumbuhan Paku (Pteridophyta)


Tumbuhan Paku – Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh



Demikian Pembahasan yang menarik mengenai pengertian dan fungsi akar pada tumbuhan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta gosip anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.


Advertisement

Iklan Sidebar