Berikut ini yaitu berkas Permendes PTT Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Download file format PDF.
Permendes PTT Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 |
Permendes PTT Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020
Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Permendes PTT Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020:
Menimbang: bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 21 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2015 wacana Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 wacana Dana Desa yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2016 wacana Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 wacana Dana Desa yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, perlu tetapkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi wacana Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020;
Mengingat:
PERATURAN MENTERI DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL, DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 11 TAHUN 2019
TENTANG
PRIORITAS PENGGUNAAN DANA DESA TAHUN 2020
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
MENTERI DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL, DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA,
Menimbang: bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 21 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2015 wacana Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 wacana Dana Desa yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2016 wacana Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 wacana Dana Desa yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, perlu tetapkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi wacana Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020;
Mengingat:
- Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 wacana Desa (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 7, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5495);
- Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 wacana Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 wacana Desa (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 123, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5539) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2015 wacana Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 wacana Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 wacana Desa (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5717);
- Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 wacana Dana Desa yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 168, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5558), sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2016 wacana Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 wacana Dana Desa yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 57, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5864);
- Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 6 Tahun 2015 wacana Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 463) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 22 Tahun 2018 wacana Perubahan atas Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 6 Tahun 2015 wacana Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 1915);
MEMUTUSKAN:
Menetapkan: PERATURAN MENTERI DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL, DAN TRANSMIGRASI TENTANG PRIORITAS PENGGUNAAN DANA DESA TAHUN 2020.
BAB I
KETENTUAN UMUM
Pasal 1
Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan:
- Desa yaitu Desa dan Desa moral atau yang disebut dengan nama lain yang selanjutnya disebut Desa yaitu kesatuan masyarakat aturan yang mempunyai batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
- Dana Desa yaitu dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah kabupaten/kota dan dipakai untuk mendanai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.
- Kewenangan Berdasarkan Hak Asal Usul yaitu hak yang merupakan warisan yang masih hidup dan prakarsa Desa atau prakarsa masyarakat Desa sesuai dengan perkembangan kehidupan masyarakat.
- Kewenangan Lokal Berskala Desa yaitu kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat Desa yang telah dijalankan oleh Desa atau bisa dan efektif dijalankan oleh Desa atau yang muncul sebab perkembangan Desa dan prakasa masyarakat Desa.
- Musyawarah Desa atau yang disebut dengan nama lain yaitu musyawarah antara Badan Permusyawaratan Desa, Pemerintah Desa, dan unsur masyarakat yang diselenggarakan oleh Badan Permusyawaratan Desa untuk menyepakati hal yang bersifat strategis.
- Perangkat Daerah yaitu unsur pembantu kepala Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam penyelenggaraan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah.
- Pemerintah Pusat yang selanjutnya disebut Pemerintah yaitu Presiden Republik Indonesia yang memegang kekuasaan pemerintahan negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
- Pemerintah Desa yaitu Kepala Desa atau yang disebut dengan nama lain dibantu perangkat Desa sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Desa.
- Pemerintahan Desa yaitu penyelenggaraan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
- Pembangunan Desa yaitu upaya peningkatan kualitas hidup dan kehidupan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.
- Pemberdayaan Masyarakat Desa yaitu upaya menyebarkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran, serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan, dan pendampingan yang sesuai dengan esensi problem dan prioritas kebutuhan masyarakat Desa.
- Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang selanjutnya disingkat APBN yaitu planning keuangan tahunan pemerintahan negara yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat.
- Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa yang selanjutnya disingkat RPJM Desa yaitu dokumen perencanaan Desa untuk periode 6 (enam) tahun.
- Rencana Kerja Pemerintah Desa, yang selanjutnya disebut RKP Desa, yaitu dokumen perencanaan Desa untuk periode 1 (satu) tahun.
- Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa yang selanjutnya disebut APB Desa yaitu planning keuangan tahunan Pemerintahan Desa.
- Prioritas Penggunaan Dana Desa yaitu pilihan acara yang didahulukan dan diutamakan daripada pilihan acara lainnya untuk didanai dengan Dana Desa.
- Tipologi Desa yaitu keadaan dan kenyataan karakteristik geografis, sosiologis, antropologis, ekonomi, dan ekologi Desa yang khas, serta perubahan atau perkembangan dan kemajuan Desa.
- Desa Mandiri yaitu Desa maju yang mempunyai kemampuan melaksanakan pembangunan Desa untuk peningkatan kualitas hidup dan kehidupan sebesar besarnya kesejahteraan masyarakat Desa dengan ketahanan ekonomi, dan ketahanan ekologi secara berkelanjutan.
- Desa Maju yaitu Desa yang mempunyai potensi sumber daya sosial, ekonomi dan ekologi, serta kemampuan mengelolanya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa, kualitas hidup manusia, dan menanggulangi kemiskinan.
- Desa Berkembang yaitu Desa potensial menjadi Desa Maju, yang mempunyai potensi sumber daya sosial, ekonomi, dan ekologi tetapi belum mengelolanya secara optimal untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa, kualitas hidup insan dan menanggulangi kemiskinan.
- Desa Tertinggal yaitu Desa yang mempunyai potensi sumber daya sosial, ekonomi, dan ekologi tetapi belum, atau kurang mengelolanya dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa, kualitas hidup insan serta mengalami kemiskinan dalam aneka macam bentuknya.
- Desa Sangat Tertinggal yaitu Desa yang mengalami kerentanan sebab problem peristiwa alam, goncangan ekonomi, dan konflik sosial sehingga tidak berkemampuan mengelola potensi sumber daya sosial, ekonomi, dan ekologi, serta mengalami kemiskinan dalam aneka macam bentuknya.
- Produk unggulan Desa dan produk unggulan daerah perdesaan merupakan upaya membentuk, memperkuat dan memperluas usaha-usaha ekonomi yang difokuskan pada satu produk unggulan di wilayah Desa atau di wilayah antar-Desa yang dikelola melalui kolaborasi antar-Desa.
- Padat Karya Tunai yaitu acara pemberdayaan masyarakat Desa, khususnya yang miskin dan marginal, yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menawarkan suplemen upah/pendapatan, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.
- Indeks Desa Membangun yang selanjutnya disingkat IDM yaitu Indeks Komposit yang dibuat dari Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi Desa.
- Pendampingan Desa yaitu Kegiatan untuk melaksanakan aktifitas pemberdayaan masyarakat melalui asistensi, pengorganisasian, pengarahan dan fasilitasi Desa.
- Tenaga Pendamping Profesional yaitu tenaga profesional yang direkrut oleh Kementerian yang bertugas pendampingan di tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi.
- Menteri yaitu Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pembangunan Desa dan daerah perdesaan, pemberdayaan masyarakat Desa, percepatan pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi.
Pasal 2
Pengaturan Prioritas Penggunaan Dana Desa bertujuan untuk memberi acuan:
a. Pemerintah, Pemda Provinsi, dan Pemda Kabupaten/Kota dalam pemantauan, evaluasi, pendampingan masyarakat Desa, pembinaan, dan fasilitasi prioritas penggunaan Dana Desa;
b. Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Pemerintah Desa dalam memfasilitasi penyelenggaraan Kewenangan Desa menurut Hak Asal Usul dan Kewenangan Lokal Berskala Desa; dan
c. Pemerintah Desa dalam tetapkan prioritas penggunaan Dana Desa dalam acara perencanaan pembangunan Desa.
Pasal 3
Prioritas Penggunaan Dana Desa disusun menurut prinsip-prinsip:
a. kebutuhan prioritas;
b. keadilan;
c. kewenangan Desa;
d. fokus;
e. Partisipatif;
f. swakelola; dan
g. berbasis sumber daya Desa.
Pasal 4
Ruang lingkup peraturan menteri ini meliputi:
a. prioritas penggunaan Dana Desa;
b. penetapan prioritas penggunaan Dana Desa;
c. publikasi dan pelaporan; dan
d. pembinaan, pemantauan, dan evaluasi.
BAB II
PRIORITAS PENGGUNAAN DANA DESA
Pasal 5
(1) Penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk membiayai pelaksanaan agenda dan acara di bidang Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.(2) Prioritas penggunaan Dana Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus menawarkan manfaat sebesar- besarnya bagi masyarakat Desa berupa:
a. peningkatan kualitas hidup;
b. peningkatan kesejahteraan;
c. penanggulangan kemiskinan; dan
d. peningkatan pelayanan publik.
(2) Peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (2) abjad b diutamakan untuk:
a. membiayai pelaksanaan agenda yang bersifat lintas kegiatan;
b. membuat lapangan kerja yang berkelanjutan;
c. meningkatkan pendapatan ekonomi bagi keluarga miskin; dan
d. meningkatkan pendapatan orisinil Desa.
(3) Penanggulangan kemiskinan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (2) abjad c diutamakan untuk:
a. membiayai agenda penanggulangan kemiskinan;
b. melaksanakan pemutakhiran data kemiskinan;
c. melaksanakan acara akselerasi ekonomi keluarga dan padat karya tunai untuk menyediakan lapangan kerja;
d. menyediakan modal perjuangan dan pembinaan bagi masyarakat Desa yang menganggur, setengah menganggur, keluarga miskin; dan
e. melaksanakan pencegahan kekurangan gizi kronis (stunting).
(4) Peningkatan pelayanan publik sebagaimana dimaksud dalam pasal 5 ayat (2) abjad d diutamakan untuk membiayai pelaksanaan agenda bidang kesehatan, pendidikan, dan sosial.
Desa yang mendapat alokasi afirmasi wajib mempergunakan alokasi afirmasi untuk acara penanggulangan kemiskinan.
a. pengadaan, pembangunan, pengembangan, serta pemeliharaan sarana dan prasarana dasar untuk pemenuhan kebutuhan:
1) lingkungan pemukiman;
2) transportasi;
3) energi;
4) informasi dan komunikasi; dan
5) sosial.
b. pengadaan, pembangunan, pengembangan, serta pemeliharaan sarana dan prasarana pelayanan sosial dasar untuk pemenuhan, pemulihan serta peningkatan kualitas:
1) kesehatan dan gizi masyarakat; dan
2) pendidikan dan kebudayaan.
Pasal 6
(1) Peningkatan kualitas hidup masyarakat Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (2) abjad a diutamakan untuk membiayai pelaksanaan agenda dan acara di bidang pelayanan sosial dasar yang berdampak eksklusif pada meningkatnya kualitas hidup masyarakat.(2) Peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (2) abjad b diutamakan untuk:
a. membiayai pelaksanaan agenda yang bersifat lintas kegiatan;
b. membuat lapangan kerja yang berkelanjutan;
c. meningkatkan pendapatan ekonomi bagi keluarga miskin; dan
d. meningkatkan pendapatan orisinil Desa.
(3) Penanggulangan kemiskinan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (2) abjad c diutamakan untuk:
a. membiayai agenda penanggulangan kemiskinan;
b. melaksanakan pemutakhiran data kemiskinan;
c. melaksanakan acara akselerasi ekonomi keluarga dan padat karya tunai untuk menyediakan lapangan kerja;
d. menyediakan modal perjuangan dan pembinaan bagi masyarakat Desa yang menganggur, setengah menganggur, keluarga miskin; dan
e. melaksanakan pencegahan kekurangan gizi kronis (stunting).
(4) Peningkatan pelayanan publik sebagaimana dimaksud dalam pasal 5 ayat (2) abjad d diutamakan untuk membiayai pelaksanaan agenda bidang kesehatan, pendidikan, dan sosial.
Pasal 7
Pasal 8
(1) Kegiatan pelayanan sosial dasar sebagaimana dimaksud dalam pasal 6 ayat (1) meliputi:a. pengadaan, pembangunan, pengembangan, serta pemeliharaan sarana dan prasarana dasar untuk pemenuhan kebutuhan:
1) lingkungan pemukiman;
2) transportasi;
3) energi;
4) informasi dan komunikasi; dan
5) sosial.
b. pengadaan, pembangunan, pengembangan, serta pemeliharaan sarana dan prasarana pelayanan sosial dasar untuk pemenuhan, pemulihan serta peningkatan kualitas:
1) kesehatan dan gizi masyarakat; dan
2) pendidikan dan kebudayaan.
c. pengadaan, pembangunan, pengembangan, serta pemeliharaan sarana dan prasarana ekonomi masyarakat Desa meliputi:
1) perjuangan budidaya pertanian (on farm/off farm) dan/atau perikanan untuk ketahanan pangan;
2) perjuangan industri kecil dan/atau industri rumahan, dan pengolahan pasca panen; dan
3) perjuangan ekonomi budidaya pertanian (on farm/off farm) dan/atau perikanan berskala produktif mencakup aspek produksi, distribusi dan pemasaran yang difokuskan pada pembentukan dan pengembangan produk unggulan Desa dan/atau produk unggulan daerah perdesaan.
d. pengadaan, pembangunan, pengembangan, serta pemeliharaan sarana dan prasarana lingkungan alam untuk:
1) kesiapsiagaan menghadapi peristiwa alam;
2) penanganan peristiwa alam; dan
3) pelestarian lingkungan hidup.
e. pengadaan, pembangunan, pengembangan, serta pemeliharaan sarana dan prasarana lingkungan sosial untuk:
1) konflik sosial; dan
2) peristiwa sosial.
(2) Pengadaan, pembangunan, pengembangan, dan pemeliharaan, sarana dan prasarana selain sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan sesuai dengan kewenangan Desa dan diputuskan melalui Musyawarah Desa.
(1) Program sebagaimana dimaksud dalam pasal 6 ayat (2) abjad a meliputi:
a. pengembangan produk unggulan Desa dan/atau produk unggulan daerah perdesaan;
b. pembangunan dan pengembangan embung dan/atau penampungan air kecil lainnya;
c. pembangunan dan pengembangan sarana prasarana olahraga Desa; dan
d. pembentukan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa dan/atau Badan Usaha Milik Desa Bersama.
(2) Program sebagaimana dimaksud pada ayat (1) abjad a, abjad b, dan abjad c sanggup menjadi layanan perjuangan yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa atau Badan Usaha Milik Desa Bersama.
(3) Program peningkatan kesejahteraan masyarakat selain sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan sesuai dengan kewenangan Desa dan diputuskan melalui Musyawarah Desa.
(1) Kegiatan akselerasi ekonomi keluarga dan padat karya tunai sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (3) abjad c dilakukan secara swakelola oleh Desa dengan mendayagunakan sumber daya alam, teknologi sempurna guna, inovasi, dan sumber daya insan di Desa.
(2) Pendayagunaan sumber daya insan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan cara:
a. memanfaatkan Dana Desa untuk bidang pembangunan Desa;
b. meningkatkan pendapatan masyarakat Desa melalui pembayaran upah yang dilakukan secara harian atau mingguan; dan
c. membuat lapangan kerja.
(3) Pelaksanaan acara padat karya tunai sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak dikerjakan pada dikala ekspresi dominan panen.
(4) Pendayagunaan sumber daya alam, teknologi sempurna guna, inovasi, dan sumber daya insan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tercantum dalam Lampiran I yang merupakan penggalan tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini.
(1) Peningkatan pelayanan publik bidang kesehatan Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (4), yaitu:
a. perbaikan gizi untuk pencegahan kekurangan gizi kronis (stunting);
b. peningkatan pola hidup higienis dan sehat; dan c. pencegahan janjkematian ibu dan anak.
(2) Peningkatan pelayanan publik bidang pendidikan dan kebudayaan di Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (4), paling sedikit meliputi:
a. penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (PAUD);
b. penanganan anak usia sekolah yang tidak sekolah, putus sekolah sebab ketidakmampuan ekonomi; dan
c. pengembangan kebudayaan Desa sesuai dengan kearifan lokal.
(3) Peningkatan pelayanan publik bidang sosial di Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (4) yaitu pertolongan terhadap kelompok masyarakat rentan mencakup perempuan, lanjut usia, anak dan warga masyarakat berkebutuhan khusus.
Prioritas penggunaan Dana Desa untuk agenda dan acara bidang pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 hingga dengan Pasal 11 tercantum dalam Lampiran I dan Lampiran II yang merupakan penggalan tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini.
Bupati/Wali Kota sanggup membuat pemikiran teknis acara yang didanai dari Dana Desa dengan mempertimbangkan kebutuhan Desa, karakteristik wilayah dan kearifan lokal Desa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
1) perjuangan budidaya pertanian (on farm/off farm) dan/atau perikanan untuk ketahanan pangan;
2) perjuangan industri kecil dan/atau industri rumahan, dan pengolahan pasca panen; dan
3) perjuangan ekonomi budidaya pertanian (on farm/off farm) dan/atau perikanan berskala produktif mencakup aspek produksi, distribusi dan pemasaran yang difokuskan pada pembentukan dan pengembangan produk unggulan Desa dan/atau produk unggulan daerah perdesaan.
d. pengadaan, pembangunan, pengembangan, serta pemeliharaan sarana dan prasarana lingkungan alam untuk:
1) kesiapsiagaan menghadapi peristiwa alam;
2) penanganan peristiwa alam; dan
3) pelestarian lingkungan hidup.
e. pengadaan, pembangunan, pengembangan, serta pemeliharaan sarana dan prasarana lingkungan sosial untuk:
1) konflik sosial; dan
2) peristiwa sosial.
(2) Pengadaan, pembangunan, pengembangan, dan pemeliharaan, sarana dan prasarana selain sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan sesuai dengan kewenangan Desa dan diputuskan melalui Musyawarah Desa.
Pasal 9
a. pengembangan produk unggulan Desa dan/atau produk unggulan daerah perdesaan;
b. pembangunan dan pengembangan embung dan/atau penampungan air kecil lainnya;
c. pembangunan dan pengembangan sarana prasarana olahraga Desa; dan
d. pembentukan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa dan/atau Badan Usaha Milik Desa Bersama.
(2) Program sebagaimana dimaksud pada ayat (1) abjad a, abjad b, dan abjad c sanggup menjadi layanan perjuangan yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa atau Badan Usaha Milik Desa Bersama.
(3) Program peningkatan kesejahteraan masyarakat selain sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan sesuai dengan kewenangan Desa dan diputuskan melalui Musyawarah Desa.
Pasal 10
(1) Kegiatan akselerasi ekonomi keluarga dan padat karya tunai sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (3) abjad c dilakukan secara swakelola oleh Desa dengan mendayagunakan sumber daya alam, teknologi sempurna guna, inovasi, dan sumber daya insan di Desa.
(2) Pendayagunaan sumber daya insan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan cara:
a. memanfaatkan Dana Desa untuk bidang pembangunan Desa;
b. meningkatkan pendapatan masyarakat Desa melalui pembayaran upah yang dilakukan secara harian atau mingguan; dan
c. membuat lapangan kerja.
(3) Pelaksanaan acara padat karya tunai sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak dikerjakan pada dikala ekspresi dominan panen.
(4) Pendayagunaan sumber daya alam, teknologi sempurna guna, inovasi, dan sumber daya insan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tercantum dalam Lampiran I yang merupakan penggalan tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini.
Pasal 11
(1) Peningkatan pelayanan publik bidang kesehatan Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (4), yaitu:
a. perbaikan gizi untuk pencegahan kekurangan gizi kronis (stunting);
b. peningkatan pola hidup higienis dan sehat; dan c. pencegahan janjkematian ibu dan anak.
(2) Peningkatan pelayanan publik bidang pendidikan dan kebudayaan di Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (4), paling sedikit meliputi:
a. penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (PAUD);
b. penanganan anak usia sekolah yang tidak sekolah, putus sekolah sebab ketidakmampuan ekonomi; dan
c. pengembangan kebudayaan Desa sesuai dengan kearifan lokal.
(3) Peningkatan pelayanan publik bidang sosial di Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (4) yaitu pertolongan terhadap kelompok masyarakat rentan mencakup perempuan, lanjut usia, anak dan warga masyarakat berkebutuhan khusus.
Pasal 12
Pasal 13
Bupati/Wali Kota sanggup membuat pemikiran teknis acara yang didanai dari Dana Desa dengan mempertimbangkan kebutuhan Desa, karakteristik wilayah dan kearifan lokal Desa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Download Permendes PTT Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Permendes PTT Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:Download File:
Download Permendes PTT Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.pdf
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Permendes PTT Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Semoga bisa bermanfaat.
Advertisement