Info Populer 2022

Cara Menghitung Rumus Skala Peta Dan Teladan Soalnya

Cara Menghitung Rumus Skala Peta Dan Teladan Soalnya
Cara Menghitung Rumus Skala Peta Dan Teladan Soalnya

Rumus Skala Peta – Apa itu skala peta? Berikut ini klarifikasi bahan makalah pengertian skala peta serta rumus cara menghitung skala peta dan pola soalnnya.


Pengertian


Skala peta ialah angka dengan perbandingan jarak peta dengan jarak sesungguhnya. Semakin besar suatu skala peta maka semakin detail pula isu yang terdapat pada peta tersebut, begitu juga sebaliknya.


 Berikut ini klarifikasi bahan makalah pengertian skala peta serta rumus cara menghitung s Cara Menghitung Rumus Skala Peta Dan Contoh Soalnya
Rumus Sekala Peta


Skala peta, sanggup juga diartikan sebagai perbandingan (rasio) antara jarak dua titik pada peta dan jarak sesungguhnya kedua titik tersebut dipermukaan bumi atau di lapangan, dan pada satuan yang sama.


Cara Menghitung Sekala Peta Dengan Mudah


Terdapat 2 cara untuk menghitung sekala peta yakni sebagai berikut ini :


Perhitungan dengan Skala Angka


Dalam perhitungan skala angka, jikalau Kita ingin menghitung jarak yang sesungguhnya menggunakan peta, maka Kita sanggup menggunakan rumus yang sudah ditulis berikut ini.


 Berikut ini klarifikasi bahan makalah pengertian skala peta serta rumus cara menghitung s Cara Menghitung Rumus Skala Peta Dan Contoh Soalnya
Rumus Skala Peta


Sebelum mengetahui rumusnya, Kita harus tahu dulu cara membaca pada goresan pena skala 1 : 1.000.000. Tulisan ini artinya ialah jikalau setiap jarak 1 satuan di peta, akan setara pada jarak 1.000.000 satuan sesungguhnya. Jika satuan yang digunakan ialah cm, maka goresan pena 1 : 1.000.000 artinya setiap pada jarak 1 cm pada peta, itu mewakili jarak 1.000.000 cm dari jarak sebenarnya.


Pada skala ini, menggunakan satuan centimeter yang sudah dijadikan sebagai satuan skala resmi internasional. Akan tetapi ada sebagian negara yang menggunakan satuan inci dengan perbandingan satuan mil. Sebagian negara yang dimaksud ialah negara Inggris dengan negara-negara di persemakmuran Inggris.


Contoh untuk menghitung jarak sebenarnya.


Diketahui sebuah peta mempunyai skala 1:10.000.000. Sedangkan jarak kota X dengan kota Y ialah 5cm. Maka berapa jarak bergotong-royong diantara kota X dengan kota Y ?


Jawab :


Jarak yang sesungguhnya ialah 5 cm / 1 : 10.000.000


= 5 × 10.000.000 / 1


= 50.000.000 cm.


Jadi, jarak yang sesungguhnya dari kota X ke kota Y ialah 50.000.000 cm atau jarak yang sesungguhnya dalam satuan km ialah 500 km.


Rumus Skala Peta Lengkap


Untuk menghitung jarak sesunguhnya pada peta lengkap sanggup menggunakan rumus berikut ini :


 Berikut ini klarifikasi bahan makalah pengertian skala peta serta rumus cara menghitung s Cara Menghitung Rumus Skala Peta Dan Contoh Soalnya
Rumus Skala Peta Lengkap


Contoh mencari skala pada peta


Diketahui jikalau jarak antara kota X dan kota Y dalam sebuah peta ialah 4 cm. Sedangkan jarak yang bergotong-royong diantara kota X dengan kota Y ialah 80 km. Maka berapakah skala pada peta menurut satuan cm dari peta tersebut?


Jawab:


Rumus Skala ialah Jarak di Peta : Jarak yang sesungguhnya


= 4 cm : 80 km


= 4 cm : 8.000.000 cm


= 1 : 2.000.000


Maka, hasil skala pada peta tersebut ialah 1 : 2.000.000.


Perhitungan Menggunakan Skala Batang


Dalam perhitungan menggunakan skala batang, kita harus menggunakan ukuran dari batang grafis maupun garis lurus yang terdapat dibagian bawah gambar peta. Dalam garis batang ataupun grafis batang jarak sebuah ruas ataupun kolom ialah sama. Setiap ruas juga mewakili jarak tertentu pada peta. Selain itu, skala batang dan juga skala angka mempunyai perbedaan. Jika sebuah peta diperkecil, dengan cara difotokopi, maka skala batangnya masih tetap sanggup digunakan tanpa harus dikonversi.


Pada umumnya pada skala batang setiap ruas sepanjang 1 cm, dan mewakili pada jarak yang sesungguhnya. Misalnya skala pada sebuah peta ialah 1 : 100.000, int berarti skala batangnya mempunyai panjang setiap ruas 1 cm.


Contohnya :


Diketahui jarak antara desa X dengan desa Y dalam sebuah peta pada skala batang ialah 4 ruas. 1 ruas dari peta tersebut mewakili 1 kilometer. Berapakah jarak desa X dengan desa Y yang sebenarnya?


Jawab :


Dikarenakan masing-masing ruas atau 1 ruas telah mewakili jarak 1 km, itu berarti jarak antara kedua desa tersebut ialah : 4 x 1 = 4 km.


Maka, Jarak bergotong-royong antara desa X dengan des Y ialah 400.000 cm.


Inilah tadi pembahasan perihal Cara Menghitung Rumus Sekala Peta Dengan Mudah, Semoga Bermanfaat…


Baca Juga :



Advertisement

Iklan Sidebar