Info Populer 2022

Contoh Surat Izin

Contoh Surat Izin
Contoh Surat Izin

Contoh Surat Izin – Ketika kita menjalani suatu kegiatan yang dilakukan didalam sebuah kawasan kerja, sekolah, universitas, dan lain-lainnya. Pasti dalam suatu waktu, dimana kita akan mempunyai masa-masa kesibukan lain.


Sehingga kita tidak sanggup untuk mengikuti kegiatan-kegiatan menyerupai biasanya di kawasan yang telah disebutkan sebelumnya.


Ketika kita tidak sanggup mengikuti kegiatan-kegiatan menyerupai biasanya, akan memerlukan sebuah Surat Izin untuk menandakan atau menjelaskan kepada pihak-pihak yang memimpin.


Pada suatu kawasan kita bekerja di suatu perusahaan, kawasan kita sekolah, kawasan kita melaksanakan kegiatan perkuliahan pada sebuah universitas, atau kawasan lain-lainnya.


Oleh karna itu dalam pembuatan Surat Izin kita harus memahami komponen-komponen yang berada didalamnya, biar dalam pembuatan surat izin yang kita buat menjadi baik dan benar.


 Ketika kita menjalani suatu kegiatan yang dilakukan didalam sebuah kawasan kerja Contoh Surat Izin


Dan pada kesempatan kali ini, kita akan membahas apa saja yang menjadi komponen penting dalam pembuatan surat izin, bagaimana cara menciptakan surat izin yang baik, dan contoh-contoh surat izin yang sanggup kita jadikan sebuah pola dalam pembuatannya.


Pengertian Surat Izin


Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) Departemen Pendidikan, Surat ialah sebuah informasi berupa goresan pena yang menandakan suatu maksud tertentu, sedangkan Izin ialah sebuah pernyataan atau permohonan suatu sumbangan dalam kondisi tertentu.


Jadi kita sanggup menyimpulkan bahwa Surat Izin adalah Sebuah informasi mengenai seseorang yang terikat kegiatan rutin pada suatu kawasan dan dibentuk berupa goresan pena tangan yang menandakan suatu permohonan sumbangan alasannya ialah kondisi tertentu pada diri seseorang sehingga tidak sanggup mengikuti kegiatan rutin menyerupai biasanya.


Bentuk-Bentuk Surat Izin


Penggunaan surat izin mempunyai 2 bentuk yang berbeda yaitu Penggunaan surat izin memakai kop surat dan penggunaan surat izin tidak memakai kop surat.


1. Surat izin tidak memakai Kop Surat ialah sebuah surat izin yang dibentuk sebagai permohonan menurut suatu kepentingan langsung seseorang, alasannya ialah tidak sanggup mengikuti kegiatan rutin yang dilakukan menyerupai biasanya pada kawasan tersebut.


Contoh : Surat izin yang ditulis oleh wali murid yang menandakan bahwa anaknya tidak sanggup mengikuti kegiatan pembelajaran pada sebuah sekolahan, alasannya ialah suatu halangan tertentu menyerupai sakit atau mempunyai program lain yang harus wajib di ikuti.


2. Surat izin memakai Kop Surat ialah sebuah surat izin yang dibentuk sebagai permohonan untuk mengadakan suatu kegiatan, acara, usaha, dan lain-lainnya.


Contoh : Surat izin yang ditulis oleh sebuah organisasi tertentu pada sekolah untuk mengadakan suatu program pada organisasi tersebut, menyerupai mengadakan lomba pada organisasi, diklat organisasi dan lain-lainnya.


Penulisan Surat Izin


Pada pembuatan surat izin sering sekali terjadinya keselahan dalam penulisannya, oleh alasannya ialah itu dalam pembuatan surat izin ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, supaya pembuatan surat izin yang kita lakukan menjadi baik dan benar.


berikut ialah cara menciptakan surat izin yang baik dan benar :


1. Gaya Bahasa


Surat izin termasuk kedalam surat resmi, yang ditujukan kepada pihak-pihak tertentu yang terkait seperti, perusahaan, sekolah, universitas, dan lain-lainnya.


Dimana dalam pembuatan surat izin harus memakai bahasa yang baku dan efektif, dan hindari penggunaan bahasa yang bertele-tele dan tidak efektif.


2. Tanda Baca


Penggunaan tanda baca dalam pembuatan surat izin, memang tampaknya hal ini sangat sepele tetapi intinya penggunaan tanda baca sangatlah penting.


Karena penggunaan tanda baca yang tepat, pada kalimat yang ditulis dalam pembuatan surat izin lebih gampang dibaca dan dipahami.


3. Kerapihan Kalimat


Kerapihan setiap kalimat pada pembuatan surat izin, merupakan hal yang penting biar surat yang dibentuk lebih lezat dipandang, maka dari itu usahakan dalam pembuatan surat izin sebisa mungkin tidak ada coret-coretan.


karena apabila ada coret-coretan dalam pembuatan surat izin menjadi tidak lezat untuk dilihat dan dibaca, lebih baik tulis ulang surat izin tersebut pada kertas yang baru.


Bagian-Bagian Surat Izin


Dalam surat izin mempunyai bagian-bagian tertentu yang sangat penting dalam pembuatannya.Berikut ialah bagian-bagian yang berada disurat izin :


1. Tempat & tanggal Surat


Pada bab surat izin mempunyai suatu Tempat pembuatan & Tanggal pembuatan surat, yang biasanya ditulis yang berada pada pojok kanan surat.


Contoh : ” Bandar Lampung, 20 Januari 2018


2. Tertuju Kepada


Ketika kita menciptakan surat izin pastinya mempunyai tujuan kepada siapa kita menciptakan surat tersebut, yang biasanya ditulis yang berada pada pojok kanan surat bersama kawasan & tanggal surat.


Contoh : ” Kepada Yth.Bapak/Ibu Dosen Universitas DCC


3. Salam Pembuka


Dalam kalimat surat izin terdapat salam pembuka yang berada bab surat tersebut, biar terkesan sopan dan beretika, terkait kepada yang bertanggung jawab atas izin yang diajukan. Berada pada paragraf ketiga sebelah kiri surat


Contoh : ” Dengan hormat ”


4. Kalimat Pembuka


Pada surat izin mempunyai suatu kalimat pembuka yang memperlihatkan suatu maksud pembuatan surat izin tersebut, dan memperlihatkan beberapa kata-kata sopan kepada pihak yang tertuju. Berada pada paragraf keempat sebelah kiri surat.


Contoh : ” Saya yang bertanda tangan dibawah ini , bermaksud memberitahukan kepada Yth Bapak/Ibu Guru bekerjsama anak kami yang bernama….”


5. Isi Surat


Sebuah surat izin niscaya mempunyai sebuah isi surat yang memperlihatkan keterangan inti dari pembuatan surat tersebut. Berada pada paragraf kelima di tengah-tengah surat.


Contoh : ” Tidak sanggup mengikuti kegiatan pembelajaran menyerupai biasanya, dikarenakan sedang sakit ”


6. Penutup Surat


Pada akhiran surat izin terdapat sebuah epilog surat yang berisikan, tanda tangan, seruan maaf, segala kekurangan dalam pembuatan surat tersebut, baik dari pencantuman kawasan & tanggal, pengucapan nama dan gelar, isi surat, dan lain-lainn.


Contoh : ” Atas perhatian Bapak/Ibu Guru, saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya, dan mohon maaf apabila pada penulisan surat yang saya buat ini masih terdapat kesalahan-kesalahannya. Demikian Wassalammu’alaikum…”


Contoh Surat Izin


Setelah kita memahami komponen-komponen dan cara-cara yang berada pada sebuah surat izin, selanjutnya ialah contoh-contoh surat izin :


1. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit



Bandar Lampung, 10 September 2018


Kepada Yth, Bapak/Ibu Guru, MAN 1 Bandar Lampung


Dengan hormat,


Kami yang bertanda tangan di bawah ini ialah Orang Tua/Wali Murid dari Siswi :


Nama : Cyntia Atika Alba


Kelas : 9A


Jurusan : Ilmu Pengetahuan Alam


Dengan ditulisnya surat ini ingin memberitahukan bahwa anak kami, tidak sanggup mengikuti pembelajaran disekolah menyerupai biasanya, di karenakan sedang dalam masa pemulihan atas kondisinya, yaitu Demam Berdarah.


Demikian maksud surat yang kami buat, atas perhatian Bapak/Ibu, kami mengucapkan banyak terima kasih dan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan surat ini.


Hormat Kami


(Tanda Tangan)


Atika Putri Pramaya



2. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja



Bandar Lampung, 25 Februari 2018


Kepada Yth, Bapak/Ibu


PT. Sumber Prajaya


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan dibawah ini :


Nama : Wisnu Marta


Alamat : Jln.Kelapa Warna, No17, Tanjung Senang, Bandar Lampung


No Telp : 089631418315


Jabatan : Staff Administrasi


Bermaksud untuk mengajukan cuti selama 2 ahad kerja, dikarenakan adanya kepentingan lain yang tidak sanggup ditinggalkan.


Demikian surat izin cuti ini saya buat, atas kebijakannya saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.


Hormat Saya


(Tanda Tangan)


Wisnu Marta



Demikianlah klarifikasi mengenai wacana Surat Izin beserta Pengertian, Bentuk-bentuk, Cara penulisan surat izin yang baik dan benar, dan Contoh surat izin.


Semoga sanggup bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berkhasiat untuk kita semua.


Artikel Terkait Lainnya :



Advertisement

Iklan Sidebar