Info Populer 2022

Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri
Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri – Pada suatu perusahaan niscaya pernah terjadi berhentinya seorang pegawai dari perusahaan tersebut. Atau yang disebut dengan pengunduran diri (Resignation).


Apabila seorang pegawai ingin mengundurkan diri dari suatu perusahaan, akan melewati prosedur-prosedur yang telah ditentukan dalam pengunduran diri dari perusahaan, salah satunya yakni dengan membuat surat pengunduran diri bahwa seorang pegawai tersebut benar-benar ingin berhenti bekerja pada perusahaan tersebut.


Pada suatu perusahaan niscaya pernah terjadi berhentinya seorang pegawai dari perusahaan ter Contoh Surat Pengunduran Diri


Oleh karna itu pada kesempatan ini, saya akan menunjukkan isu wacana komponen-komponen yang berada pada surat pengunduran diri, serta cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar, dan juga contoh-contoh surat pengunduran diri.


Pengertian Surat Pengunduran Diri


Surat Pengunduran Diri (Resign Letter) yakni Jenis surat yang dibentuk dan dipakai untuk menyatakan bahwa seseorang ingin berhenti bekerja dari daerah beliau bekerja.


Surat pengunduran diri ini juga merupakan suatu bentuk kedisiplinan manajemen yang secara adat menunjukkan bahwa seseorang yang membuat pernyataan pengunduran diri, masih ingin menjaga kekerabatan yang baik dengan suatu perusahaan atau instansi lainnya, walaupun sudah tidak ada kekerabatan kerja lagi pada daerah tersebut.


Surat pengunduran diri ini dipakai bukan hanya untuk seorang pegawai yang bekerja pada perusahaan swasta atau kantor pemerintahan saja, tetapi juga dipakai segala aspek kehidupan daerah kita menjalankan suatu aktivitas rutin.


Contoh : Surat pengunduran diri seorang mahasiswa yang ingin berhenti untuk tidak melanjutkan perkuliahannya pada suatu universitas daerah beliau menimba ilmu tertentu.


Manfaat Surat Pengunduran Diri


Surat pengunduran diri yakni sebuah hak pada setiap pegawai yang bekerja pada suatu perusahaan dan mempunyai manfaat-manfaat yang sanggup didapatkan oleh seseorang, walaupun beliau tidak lagi bekerja pada perusahaan tersebut. berikut ini yakni manfaat-manfaat dari surat pengunduran diri :


1. Terlihat terhormat & profesional 


Manfaat pertama dari surat pengunduran diri yakni setiap keputusan yang diambil oleh seorang pegawai harus dibarengi dengan etika-etika yang sopan.


Karena itu saat kita ingin berhenti bekerja pada suatu perusahaan dengan membuat surat pengunduran diri, maka perusahaan akan memandang kita sebagai langsung yang bertanggung jawab, bertetika, terhormat dan suatu waktu kita masih mempunyai peluang untuk sanggup menjadi pegawai pada perusahaan itu kembali.


Beda dengan halnya apabila kita berhenti bekerja dengan cara yang tidak jelas, maka perusahaan tersebut pun akan menilai kita sebagai langsung yang tidak bertanggung jawab, tidak mempunyai etika, dan suatu waktu tidak mempunyai peluang untuk sanggup menjadi pegawai pada perusahaan itu kembali.


2. Perusahaan sanggup mencari pegawai gres pada posisi yang ditinggalkan


Manfaat kedua dari surat pengunduran diri yakni apabila seorang pegawai ingin berhenti bekerja pada sebuah perusahaan. Berfungsi biar perusahaan yang ditinggalkan oleh pegawai tersebut sanggup segera mencari pengganti lainnya untuk menempati posisi dari karyawan yang telah berhenti.


Oleh karna itu saat kita ingin behenti bekerja pada suatu perusahaan, pastikan kita membuat surat pengunduran diri terlebih dahulu sebelum kita benar-benar tidak lagi bekerja pada perusahaan tersebut.


Agar perusahaan tersebut tidak kelabakan karna kosongnya posisi yang kita tinggalkan, dan segera mencarikan pegawai gres yang akan mengisi posisi yang kosong tersebut.


Format Penulisan Surat Pengunduran Diri


Pada pembuatan surat pengunduran diri mempunyai format-format penulisan yang harus diperhatikan kita, biar pada penulisan surat tidak ada kesalahan-kesalahan yang berada didalamnya.


Berikut ini yakni format-format pada penulisan surat pengunduran diri :


1. Nama Kota & Tanggal


Dalam surat pengunduran diri biasanya tercantum Nama Kota & Tanggal pembuatan surat, dengan format penulisan, yaitu diawali aksara kapital, pemisah nama kota dan tanggal berupa tanda koma dan diakhir tanpa memakai titik dibelakangnya.


Penulisan ini diletakkan pada pojok kanan atas surat.


Contoh : Bandar lampung, 20 Januari 2019 / Bandar Lampung, 20-01-2019


2. Nama Perusahaan & Alamat Perusahaan


Dalam surat pengunduran diri juga biasanya tercantum Nama Perusahaan & Alamat Perusahaan, dengan format penulisan, yaitu diawali aksara kapital, pemisah nama dan keterangan berupa tanda titik dua dan diakhir tanpa memakai titik dibelakangnya.


Penulisan ini diletakkan pada pojok kiri atas sehabis nama kota & tanggal pembuatan.


Contoh :


Kepada

Pimpinan Perusahaan

PT. Pesona Nusantara Jaya

Jalan Z.A. Pagar Alam No. 45 Kedaton

Bandar Lampung


3. Salam Pembuka


Dalam surat pengunduran diri juga terdapat kalimat sebagai salam pembuka, biar terlihat lebih sopan dan bertetika saat kita berhenti bekerja pada suatu perusahaan.


Contoh : Hormat saya, Assalamualaikum, Salam sejahtera, Selamat pagi dan Lain-lainnya


4. Alasan Pengunduran Diri


Pada cuilan surat pengunduran diri inilah yang paling sulit untuk kita tulis, tetapi alasan ini harus ditulis sejujur mungkin biar pimpinan pada perusahaan tersebut memaklumi kita yang ingin mengundurkan diri.


Apabila alasan ini tidak ditulis kedalam surat, maka pimpinan dari perusahaan tersebut akan menolak surat pengunduran diri yang kita ajukan.


Contoh : Dengan surat ini secara resmi saya ingin keluar dari perusahaan PT. Pesona Nusantara Jaya, dengan alasan pindah rumah diluar kota.


5. Menuliskan Tanggal Pengunduran Diri


Bagian surat pengunduran diri ini juga, kita harus membuktikan dan menegaskan yang berupa tanggal pengunduran diri dan benar-benar akan keluar dari perusahaan.


Contoh : Secara resmi terhitung dari tanggal 30 Oktober 2019 menegaskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan PT. Pesona Nusantara Jaya dengan jabatan sebagai Kepala Produktifitas.


6. Ucapan Terimakasih & Permohonan Maaf


Pada cuilan sebelum simpulan surat pengunduran diri berikanlah kalimat sebagai ucapan terimakasih atas kolaborasi nya pada suatu perusahaan, dan permohonan maaf sebab secara sadar atau tidak sadar telah melaksanakan sebuah kesalahan-kesalahan.


Contoh : Demikin saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya, sebab selama ini telah mau menyebabkan saya cuilan dari perusahaan PT. Pesona Nusantara Jaya, dan memohon maaf apabila selama bekerja diperusahaan ini terdapat kesalahan-kesalahan yang secara sadar atau tidak sadar telah saya lakukan.


7. Salam Penutup & Tanda Tangan


Bagian inilah yang dicantumkan pada cuilan simpulan surat yang berada pada pojok kiri bawah, yang tertulis sebagai salam epilog dan juga tanda tangan kita, sebagai tanda resmi kita berhenti bekerja dari perusahaan tersebut.


Contoh : 


Hormat saya


Kepala Produktifitas


(Tanda Tangan)


Wisnu Marta


Contoh Surat Pengunduran Diri


Berikut ini yakni teladan – teladan surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan :


Contoh Pertama



Bandar Lampung, 10 November 2015


Kepada

Pimpinan Kepala Produktifitas

PT. Nusantara Indah

Jln. Kelapa Warna, No. 45, Tanjung Senang

Bandar Lampung


Perihal : Surat Pengunduran Diri


Dengan hormat,


Dengan surat ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini :


Nama : Wisnu Marta, SE


Tempat, Tanggal lahir : Bandar lampung, 25 September 1988


Alamat : Jln.P.ternate, No17, Jagabaya 2, Bandar Lampung


Perusahaan : PT. Nusantara Indah


Jabatan : Manager Produktifitas


NIK : 162310036


Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah dipercayakan kepada saya untuk sanggup bekerja di perusahaan PT.Nusantara Indah dan saya memohon maaf kepada pimpinan, staf-staf, dan pegawai lainnya, apabila dalam semasa jabatan saya melaksanakan kekurangan atau kesalahan yang pernah saya lakukan secara sadar ataupun tidak sadar.


Saya berharap biar perusahaan ini sanggup terus berkembang maju dan terus berusaha membuat produktifitas yang baik.


Hormat saya


Wisnu Marta, SE


 



 


Contoh Kedua



Bandar Lampung, 15 November 2018


Kepada

Pimpinan Lembaga Ganesha Operation

Jln.Pangeran Diponegoro,No.18,Way Halim

Bandar Lampung


Dengan hormat


Melalui surat pengunduran diri ini maka saya yang berjulukan Cyntia Atika Alba. bermaksud untuk mengundurkan diri dari Lembaga Ganesha Operation sebagai Tenaga Pengajar mata pelajaran Bahasa Inggris, terhitung semenjak dari tanggal 05 November 2018.


Saya mengucapkan rasa Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Kepala Pimpinan Lembaga Ganesha Operation, atas kesempatan yang diberikan untuk bekerja Lembaga Ganesha Operation. Keputusan ini saya putuskan atas dasar pertimbangan-pertimbangan tertentu yang telah saya bicarakan kepada Bapak Kepala Pimpinan beberapa hari yang lalu.


Selanjutnya saya juga ingin memberikan permohonan maaf kepada para staf-staf dan rekan-rekan kerja lainnya, apabila selama saya bekerja secara sengaja atau tidak sengaja telah melaksanakan kesalahan-kesalahan.Demikian surat pengunduran diri yang telah saya buat tersebut, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.


Hormat saya


(Tanda Tangan)


Cyntia Atika Alba


 



Demikianlah klarifikasi mengenai wacana Surat Pengunduran Diri beserta Pengertian, Manfaat-manfaat, Format penulisan, dan Contoh surat pengunduran diri.


Semoga sanggup bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang mempunyai kegunaan untuk kita semua.


Artikel Terkait Lainnya :



Advertisement

Iklan Sidebar