Info Populer 2022

Fungsi, Tujuan Dan Pengertian Administrasi Berdasarkan Para Ahli

Fungsi, Tujuan Dan Pengertian Administrasi Berdasarkan Para Ahli
Fungsi, Tujuan Dan Pengertian Administrasi Berdasarkan Para Ahli

Rumus.co.id – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai fungsi, tujuan dan pengertian administrasi berdasarkan para ahli. Simak klarifikasi berikut ini.


Pengertian Manajeman Menurut Para Ahli


Pengertian manajelen ialah suatu seni dalam ilmu menyerupai merencanakan, membangun, pengorganisasian, mengendalikan serta pengawasan. Manajemen ialah ilmu yang sistematis sehingga sanggup di pahami dengan mudah. Manajeman di kerjakan dalam bentuk kolaborasi antar anggota untuk suatu tujuan tertentu.


Setiap insan mempunyai administrasi yang berbeda-beda. Dimulai dengan administrasi diri sendiri, setiap hari ada aktivitas dan rute untuk aktifitas. Ketika berjalan sesuai dengan planning awal berarti administrasi berhasil. Tidak sesuai planning niscaya ada masalah, pada ketika itulah di tuntut biar sanggup menyelasikan duduk kasus tersebut.


Manajeman merupakan seni mengatur dan melaksanakan, dalam hal ini administrasi mengajarkan proses mendapat tujuan di dalam sebuah organisasi atau organisasi. Di butuhkan kolaborasi antar perorangan dan komunikasi yang terjalin dengan baik.


Tugas menajer ialah merumuskan, sedangkan anggotanya dalah menjalankan rumusan tersebut. Dengan adanya kolaborasi yang baik maka akan terciptanya tujuan maksimal. Tugas manajer juga mengontrol pada setiap proses yang ada.


 Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai fungsi Fungsi, Tujuan dan Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli


Pengertian Management Menurut Para Ahli Menurut  Hasibuan  (2011:2)


Manajemen  adalah  ilmu  dan  seni  mengatur  proses  pemanfaatan sumber  daya  manusia  dan  sumber  lainnya  secara  efektif  dan  efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.


Pengertian Management Menurut Para Ahli Munurut Rivai (2010:2)


Manajemen ialah ilmu dan seni mengatur proses pendayagunaan sumber  daya  lainnya  secara  efisien,  efektif,  dan  produktif  merupakan hal yang paling penting untuk mencapai suatu tujuan.


Pengertian Management Menurut Para Ahli James A.F. Stoner (2006)


Manajemen ialah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.


Pengertian Management Menurut Para Ahli Ibrahim (2016)


Manajemen merupakan proses yang khas yang terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian, menggerakan dan pengawasan yang dilakukan untuk memilih serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya insan serta sumber-sumber lain.


Pengertian Management Menurut Para Ahli Arif and Zulkarnain, 2008)


Manajemen ialah seni pencapaian dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumber daya insan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.


Tujuan Manajemen


Ada beberapa tujuan administrasi antara lain:



  • Dapat memilih seni administrasi yang efektif dan efisien untuk tujuan

  • Dapat melaksanakan penilaian kerja dan mengkaji ulang dalam adaptasi seni administrasi kerja

  • Dapat menjaga dan mengatur personal, keuangan, operasional perusahaan

  • Dapat mengetahuai kelemahan dan kelebihan perusahaan

  • Terjalik komunikasi dan kerjasama yang baik

  • Tidak akan ada kerjaan yang tumpang tindih

  • Pekerjaan selesai pada sempurna waktu

  • Meminimalisir kesalahan


Fungsi Manajemen


Ada 11 fungsi klarifikasi pada umumnya berikut ialah penjelasannya:


1.      Perencanaan


Perencanaan (planning)  adalah rancangan yang dilakukan untuk memilih tujuan akhir. Fungsi administrasi perencanaan ini semua anggota harus terlibat di dalamnya. Sehingga tidak ada salah paham mengenai tujuan akhir. Tugas semorang manajer ialah mengevaluasi planning alternative sebelum tindakan dan simpulan hasil. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi administrasi lantaran tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak sanggup berjalan.


2.      Pengorganisasian


Pengorganisasian (organizing) bertujuan untuk membagi kiprah dan tanggung jawab dalam seluruh proses kegiatan. Pengorganisasian mempermudah manager untuk mengontrol dan mengawasi jalannya proses kegiatan. Pengorganisasian juga sanggup memilih potongan mana yang harus di kerjakan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan biar tidak tumpang tindih dalam proses kegiatan. Selain itu memilih kelompok, tanggung jawab, dan keputusan mana yang harus di ambil.


3.      Pengarahan


Pengarahan (directing) ialah proses dimana seluruh anggota kelompok yang terlibat sanggup menjalankan tugasnya masing-masing. Dalam hal ini pengarahan sanggup di pantau oleh seorang manajer sendiri.


4.      Pengendalian


Pengendalian ialah pengendalian seluruh anggota yang terlibat menaati peraturan yang sudah di sepakati bersama. Jika terjadi kesalahan akan pribadi dilakukan perbaikan dan penyempurnaan rencana. Pengendalian    karyawan    meliputi    kehadiran, kedisiplinan, perilaku, kerja sama, pelaksanaan pekerjaan dan menjaga situasi lingkungan pekerjaan.


5.      Pengadaan


Pengadaan ialah proses perekrutan, penarikan dan  penempatan karyawan yang sesuai dengan idangnya. Sehingga dengan adanya pengadaan karyawan akan berkerja dengan sesuai dengan bidangnya. Dengan demikian akan mengurangi bentuk kesalahan yang ada.


6.      Pengembangan


Pengembangan ialah proses peningkatan kinerja teknis, teoritis dan konseptual kepada karyawan. Pengembangan salah satunya di lakukan dengan pelatihan.


7.      Kompensasi


Kompensasi ialah donasi balas jasa dalam bentuk pribadi maupun tidak langsung. Misalnya gaji, tunjangan, bonus, atau pencapaian target. Prinsip yang di lakukan harus adil dan sesuai dengan kesepakatan.


8.      Pengintegrasian


Pengintegrasian di lakukan dengan menyatukan kebutuhan antara karyawan dan perusahaan. Fungsi ini terlihat simpel padahal susah, lantaran menyatukan kebutuhan yang berbeda.


9.      Pemeliharaan


Pemeliharaan ialah fungsi yang memelihara fisik, mental dan loyalitas karyawan. Perusahaan wajib melaksanakan pemeliharaan terhadap karyawan-kaeyawan yang ada. Agar karyawan mencicipi sejahtera.


10.  Kedisplinan


Kedisplinan merupakan fungsi yang utama dalam manajemen. Kedisplinan ialah bentuk kesadaran dan cita-cita untuk peraturan dan norma yang telah di sepakati Bersama.


11.  Pemberhentian


Pemberhentian ialah putusnya kekerabatan antara perusahaan dengan karyawan. Pemberhentian   ini   disebabkan   oleh   keinginan   karyawan, keinginan  perusahaan,  kontrak  kerja  berakhir,  pensiun,  dan  sebab-sebab lainnya


Demikian lah pembahasan mengenai tujuan manajemen, fungsi administrasi dan pengertian administrasi berdasarkan para ahli. Kunjungi terus rumus.co.id banyak artikel menarik.


Advertisement

Iklan Sidebar