Info Populer 2022

Fungsi, Unsur, Pengertian Manajemen Berdasarkan Para Ahli

Fungsi, Unsur, Pengertian Manajemen Berdasarkan Para Ahli
Fungsi, Unsur, Pengertian Manajemen Berdasarkan Para Ahli

Rumus.co.id – Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai Fungsi, Unsur, Ciri, Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli. Berikut ini pengertian manajemen berdasarkan para jago William Leffingwell dan Edwin Robinson, dan Ulbert,Arthur Grager. Anda juga bisa membaca mengenai pengertian manajemen kepegawaian yang berafiliasi dengan perekrutan dan penenpatan karyawan.


Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli


Administrasi yaitu acara yang mencangkup pencatatan, surat-menyurat, pembukuan, kegiatan yang bersifat teknis dalam tatausaha. Administrasi di butuhkan dua atau lebih orang untuk menjalankan taget dan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu sebagai sempurna guna.


Adminstrasi merupakan perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian yang dilakukan perusahaan atau perusahaan untuk suatu tujuan goal tertentu. Dalam hal ini tentunya banyak sumberdaya yang terlibat. Tetapi yang paling di utamakan yaitu komunikasi antar perorangan.


 Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai Fungsi Fungsi, Unsur, Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli


Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli William Leffingwell dan Edwin Robinson,


Pengertian manajemen yaitu cabang ilmu manajemen yang berkenaan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan, dan dimana pekerjaan tersebut harus dilakukan.


Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli Ulbert,


Administrasi yaitu penyusunan dan pencatatan data/ warta secara sistematis, baik internal maupun eksternal sebagai upaya untuk menyediakan keterangan serta memudahkan untuk mendapatkannya kembali, baik itu sebagian ataupun seluruhnya. Sedangkan defenisi manajemen dalam arti sempit dikenal dengan istilah tata usaha.


Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli Arthur Grager,


Pengertian manajemen berdasarkan Arthur grager yaitu fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi.


Fungsi Administrasi


Berikut ini yaitu fungsi manajemen dan penjelasannya antar lain:



  1. Planning (Perencanaan)


Planning atau perencanaan yaitu citra bagaimana sebuah acara administrai, mulai dari pengumpulan data, pengelolahan, hungga penyusunan. Planning di gunakan untuk awal mula melaksanakan tindakan dalam proses administrasi.



  1. Organizing (Penyusunan)


Organizing yaitu fungsi penyusunan komunikasi antar seseorang dalam pekerjaan. Angota di dalamnya wajib berkomunikasi satu sama lain untuk mendiskusikan masalah. Demi tercapaianya tujuan manajemen perlu fungsi organizing atau penyusunan.



  1. Coordinating (Kordinasi)


Coordinating yaitu fungsi mengkonfirmasikan seluruh manajemen adminstrasi yang berkaitan dengan sistem proses. Fungsi ini bertujuan untuk mengatasi benturan, kesalahan, penggadaan data (rangkap), kekosongan sehingga tidak ada waktu dan tenaga yang terbuang sia-sia.



  1. Reporting (Laporan)


Reporting yaitu penyampaian laporan yang berkaitan dengan proses adminstratasi sebagai hasil selesai pengukuran. Bentuk laporan ada dua masam yaitu laoran ekspresi dan tulisan. Lisan di sampaikan dalam keadaan tidak berangka dan hanya perintah. Sedangkan goresan pena berkaitan dengan angka, kesimpulan, dan hasil.



  1. Budgeting (Penyusunan Anggaran)


Budgeting yaitu fungsi yang berkaitan dengan anggaran. Pengelolaan uang dilakukan dengan bijaksana supaya tidak terjadi penyalahgunaan atau pemborosan anggaran. Perlu adanga pengkontrolan dalam fungsi budgeting.



  1. Staffing (Penempatan)


Staffing yaitu fungsi manajemen yang berafiliasi dengan sumberdaya manusia. Penempatan karyawan yaitu hal yang penting. Karena kemampuan dan keahlian sesorang datat memilih posisi dan pekerjaan.



  1. Directing (Pengarahan atau Bimbingan)


Directing yaitu fungsi manajemen yang berkaitan dengan interaksi organisasi delam hubungan, perintah, saran, dan pengecekan. Bimbingan dilakukan olah manajer kepada karyawan untuk mengarahkan pekerjaannya.


Unsur-Unsur administrasi


Berikut ini yaitu unsur-unsur manajemen antara lain:



  1. Organisasi


Organisasi yaitu unsur manajemen dilakukan dalam bisnis dan kerjasama yang diwadahi dalam suatu organisasi. Orang-orangnya tergambung dalam suatu komunitas.



  1. Manajemen


Manajemen yaitu alat utama pelaksanaan adminstrasi. Dalam menejemen terdapat 3 kelompok yaitu top manajemen, middle manajemen dan low manajemen. Dalam manajemen ada yang mengatur, penggerak, seorang manajer, dan oprasional dalam satu kesatuan.



  1. Komunikasi


Komunikasi yaitu unsur manajemen yang mengatur komunikasi dua arah. Tanpa komunikasi maka adminstrasi tidak akan berjalan dengan baik. Sebisa mungkin harus menjalankan komunikasi dua arah supaya terciptanya kerjasama yang diharapkan. Misalnya surat menyurat.



  1. Kepegawaian


Kepagawaian yaitu unsur manajemen yang berafiliasi dengan tenaga kerja atau karyawan. Dalam manajemen kepegawaian yaitu penerimaan, penempatan, dan pemberhentian.



  1. Keuangan


Keuangna yaitu unsur manajemen yang berafiliasi dengan keuangan. Pembiayaan dan kebijakan penggunaan uang kerjasama hingga tanggung jawab.



  1. Perbekalan


Pembekalan yaitu pengedaan barang, penyimpanan dan penyingkiran barang yang tidak terpakai. Menentukan alat dan barang untuk bekerja itu sangat penting dan membuang/menyingkirkan alat yang tidak perlu.



  1. Tata usaha


Tata perjuangan yaitu unsur manajemen yang berkaitan dengan pencatatan, penyimpanan dan pengiriman, contohnya surat menyurat.



  1. Public Relation


Public relation yaitu unsur yang berafiliasi dengan konsumen dengan perusahaan. Menjalin kerjasama yang baik dengan masyarak yaitu bentuk customer relationship manajemen (CRM).


Ciri-Ciri Administrasi


Berikut ini yaitu ciri-ciri manajemen antara lain:



  • Administrasi mempunyai tujuan yang jelas

  • Terdiri dua atau lebih

  • Administrasi bekaitan dengan kerjasama

  • Adanya proses kerja dan usaha

  • Didalam manajemen terdapat kepemimpinan, bimbingan dan pengawasan atau pengendalian


Demikian klarifikasi mengenai Fungsi, Unsur, Ciri, Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli. Semoga anda mendapat apa yang anda mau pada artikel ini. Kunjungi terus rumus.co.id banyak artikel menarik dan bermanfaat.


Advertisement

Iklan Sidebar