Info Populer 2022

Isi Supersemar

Isi Supersemar
Isi Supersemar

Rumus.co.id – sebelumnya kita sudah membahas mengenai isi trikora dan isi tritura. Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai isi supersemar. Dalam ha ini kertiganya mempunyai keterkaitan. Simak klarifikasi berikut ini.


Latar Belakang Supersemar


Supersemar yang di kenal dengan surat 11 merat tahun 1966. Presiden pertama Indonesia yaitu Ir Suekarno mengadakan sidang peresmian kabinet dwikora atau biasa di sebut dengan cabinet 100 mentri.


Tetapi pada ketika itu ada yang absurd dan menjadikan kecurigaan, alasannya ialah pasukan yang di sebut dengan pasukan liar terdapat anggota yang terlibat pada kejadian tragis G 30 S PKI. Berdasarkan laporan tersebut presiden dan wakil perdana mentri I, Soebandrio dan Wakil Perdana Menteri III, Chaerul Saleh berangkat ke Bogor.


Kemudian sidang di tutup oleh wakil perdana mentri II, Dr.J Leimena yang menyusul ke istana bogor. Situasi ini kemudian dilaporkan kepada Mayor Jendral Soeharto yang pada ketika itu menjabat selaku Panglima Angkatan Darat menggantikan Letnan Jendral Ahmad Yani yang gugur jawaban kejadian G-30-S/PKI itu. Mayor Jendral Soeharto ketika itu tidak menghadiri sidang kabinet alasannya ialah sakit.


 sebelumnya kita sudah membahas mengenai  Isi Supersemar


Pada ketika itu Mayor Jendral Sueharto mengutus 3 orang perwira tinggi angkatan darat menuju istana bogor untuk menemui Suekarno. Mereka ialah Brigadir Jenderal M. Jusuf, Brigadir Jenderal Amir Machmud, dan Brigadir Jenderal Basuki Rahmat. Pada malam harinya terjadi pembicaraan antara 3 perwira utusan sueharto dan Presiden Suekarno mengenai situasi yang terjadi. Kemudian 3 perwira tersebut menyampaikan bahwa Mayor Jendral Sueharto akan mengatasi dan mengendalikan situasi dan keamanan. Sueharto akan diberikan surat kiprah atau surat kuasa yang memperlihatkan kewenangan kepadanya untuk mengambil tindakan. Menurut Jenderal (purn) M. Jusuf, pembicaraan mereka dengan Presiden Soekarno ketika itu berlangsung sampai pukul 20.30 malam.


Akhirnya Presiden Suekarno pun baiklah dengan tawaran yang di buat dikenal dengan surat sebelas maret alasannya ialah di luncurkannya tanggal 11 maret 1966. Surat ini disebut Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) yang di berikan jendral Sueharto selaku panglima angkatan darat untuk memulihkan situasai dan keamanan. Surat Supersemar tersebut pun datang di Jakarta pada tanggal 12 Maret 1966 pukul 01.00 waktu setempat yang dibawa oleh Sekretaris Markas Besar Angkatan Darat, Brigjen Budiono H.


Isi Supersemar


Berikut ini ialah isi surat supersemar:


SURAT PERINTAH


1. Mengingat:


1.1. Tingkatan Revolusi kini ini, serta keadaan politik baik nasional maupun Internasional


1.2. Perintah Harian Panglima Tertinggi Angkatan Bersendjata/Presiden/Panglima Besar Revolusi pada tanggal 8 Maret 1966


2. Menimbang:


2.1. Perlu adanja ketenangan dan kestabilan Pemerintahan dan djalannja Revolusi.


2.2. Perlu adanja djaminan keutuhan Pemimpin Besar Revolusi, ABRI dan Rakjat untuk memelihara kepemimpinan dan kewibawaan Presiden/Panglima Tertinggi/Pemimpin Besar Revolusi serta segala adjaran-adjarannja


III. Memutuskan/Memerintahkan:


Kepada: LETNAN DJENDERAL SOEHARTO, MENTERI PANGLIMA ANGKATAN DARAT


Untuk: Atas nama Presiden/Panglima Tertinggi/Pemimpin Besar Revolusi:



  1. Mengambil segala tindakan jang dianggap perlu, untuk terdjaminnja keamanan dan ketenangan serta kestabilan djalannja Pemerintahan dan djalannja Revolusi, serta mendjamin keselamatan pribadi dan kewibawaan Pimpinan Presiden/Panglima Tertinggi/Pemimin Besar revolusi/mandataris M.P.R.S. demi untuk keutuhan Bangsa dan Negara Republik Indonesia, dan melakukan dengan niscaya segala adjaran Pemimpin Besar Revolusi.

  2. Mengadakan koordinasi pelaksanaan perintah dengan Panglima-Panglima Angkatan-Angkatan lain dengan sebaik-baiknja.

  3. Supaya melaporkan segala sesuatu jang bersangkuta-paut dalam kiprah dan tanggung-djawabnja menyerupai tersebut diatas.

  4. Selesai.


Djakarta, 11 Maret 1966


Tujuan Supersemar


Berikut ini ialah tujuan supersemar antara lain:



  1. Untuk mengatasi situasi jelek jawaban pemberontakan G-30S PKI

  2. Situasi dan kondisi negara tengah kacau dan genting

  3. Menyelamatkan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari kehancuran

  4. Mengembalikan kewibawaan pemerintah

  5. Memberikan perintah dari Suekarno kepada Sueharto selaku panglima angkatan darat.


Kontroversi Supersemar


Terkait denga isi dan tujuan di perintahkan surat sebelas maret ternyata supersemar terdapat kontroversi. Seperti yang sebelumnya saya utarakan, ada 2 versi dari supersemar yang sampai ketika ini menjadi perdebatan. 2 versi tersebut ialah versi supersemar dari Tentara Nasional Indonesia AD, dan versi supersemar dari Versi lainnya.


Berikut ini ialah gambar kedua versinya:


 sebelumnya kita sudah membahas mengenai  Isi Supersemar              sebelumnya kita sudah membahas mengenai  Isi Supersemar


Demikian klarifikasi mengenai isi supersemar, latar belakang, pengertian, dan kontroversi. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan serta gosip anda. Semoga artikel ini sanggup membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.


Advertisement

Iklan Sidebar