Info Populer 2022

Listrik Dinamis – Pengertian, Rumus, Pola Soal

Listrik Dinamis – Pengertian, Rumus, Pola Soal
Listrik Dinamis – Pengertian, Rumus, Pola Soal

Rumus.co.id – Pertemuan sebelumnya kita sudah membahas membahas mengenai listrik dinamis. Listrik dinamis dan listrik statis saling berafiliasi satu sama lain. Berikut ini kita akan membahas mengenai listrik dinamis. Simak klarifikasi berikut ini.


Pengertian Listrik Dinamis


Listrik dinamis ialah listrik yang berubah-ubah atau sanggup bergerak dan sering disebut dengan arus listrik. Arus listrik ini berasal dari fatwa elektron yang mengalir terus-menerus dari kutub negatif menuju kutub positif, dari potensial tinggi menuju potensial rendah dari sumber beda potensial (tegangan).


Listrik sanggup mengalir dari titik berpotensial lebih tinggi ke titik berpotensial lebih rendah apabila kedua titik tersebut terhubung dalam suatu rangkaian tertutup. Dalam kehidupan sehari-hari listrik dinamis sanggup kita lihat pada lampu senter. Lampu senter sanggup menyala alasannya ialah ada fatwa lelektron di dalamnya. Listrik dinamis ialah listrik yang bergerak, semua benda elektronik yang sanggup di aliri listrik sanggup di sebut listrik dinamis.


Arus listrik terbagi menjadi 2 jenis yaitu arus AC (bolak-balik) dan DC (searah), umumnya arus listrik melewati kawat penghantar tiap satuan waktu, untuk jumlah arus listrik yang mengalir dalam waktu tertentu disebut berpengaruh arus listrik (i).


 Pertemuan sebelumnya kita sudah membahas membahas mengenai Listrik Dinamis – Pengertian, Rumus, Contoh Soal


Perhatikan gambar di atas, A lebih potensial dan lebih tinggi dari pada B. Arus listrik A akan mengalir menuju B. fatwa tersebut akan otomatis alasannya ialah penyeimbangan potensial antara A dan B. Arus listrik seperti berupa arus muatan positif, dari potensial tinggi ke rendah.


Rumus Listrik Dinamis


Arus listrik terjadi kalau ada perpindahan elektron menyerupai uraian diatas. Kedua benda bermuatan, kalau dihubungkan dengan penghantar akan menghasilkan arus listrik. Kuat arus listrik disimbolkan dengan aksara I, mempunyai satuan Ampere (A), rumusnya:


I = Q / t


Keterangan:


I = berpengaruh arus listrik (A)


Q = jumlah muatan listrik (Coulomb)


t = selang waktu (s)


Rumus Beda Potensial atau Sumber Tegangan (V)


Sumber tegangan atau beda potensial mempunyai simbol V, dengan satuan Volt. Secara matematik mempunyai rumus:


V = W / Q


Keterangan:


V = beda potensia atau sumber tegangan listrik (Volt)


W = energi (Joule)


Q = muatan (Coulomb)


Rumus kendala listrik (R)


Hambatan atau resistor disimbolkan dengan R, dengan satuan ohm, mempunyai rumus:


R = ρ . l / A


Keterangan:


R = kendala listrik (ohm)


ρ = kendala jenis (ohm.mm2/m)


A = luas penampang kawat (m2)


Contoh Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari



  • Mobil-mobilan pada belum dewasa yang memakai baterai

  • Lampu senter

  • Kulkas

  • Mesin cuci

  • Tv

  • Peralatan rumah tangga yang di aliri listrik


Contoh Soal


1) Kuat arus di dalam sepotong kawat penghantar ialah 10 A. Berapa menit waktu yang diharapkan oleh muatan sebesar 9.600 C untuk mengalir melalui penampang tersebut?


Diketahui:


I = 10 A


Q = 9.600 C


Ditanyakan:


Selang Waktu (t)?


Penyelesaian:


I = Q / t


t = Q / I = 9.600 C / 10 A = 960 s atau 16 menit.


2) Jika dalam kawat mengalir berpengaruh arus sebesar 5 A. Berapakah jumlah muatan yang melewati luas penampang kawat dalam waktu 1 menit ?


Pembahasan


I = Q t


5 = Q 60


q = 5 x 60 = 300 Coulomb


Baca Juga:



Listrik Statis – Rangkuman, Rumus, Contoh Soal


Pengertian, Rumus Arus Listrik dan Contoh Soal



Demikian klarifikasi mengenai listrik dinamis mulai dari pengertian, rumus dan pola soal. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan serta isu anda. Semoga artikel ini sanggup membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.


 


Advertisement

Iklan Sidebar