Info Populer 2022

Metamorfosis Katak – Penjelasan, Prosesnya, Gambar Lengkap

Metamorfosis Katak – Penjelasan, Prosesnya, Gambar Lengkap
Metamorfosis Katak – Penjelasan, Prosesnya, Gambar Lengkap

Rumus.co.id – Pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai metamorfosis sempurna dan metamorfosis kupu-kupu. Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai metamorfosis katak dari mulai penjelasan, prosesnya dan gambar lengkap. Simak klarifikasi berikut ini


Penjelasan Metamorfosis Katak


Metamorfosis katak ialah Poses perkembangan biologi katak yang berubah dari waktu ke waktu seiring perkembangannya. Pertumbuhan dan perkembangannya ialah penbentukan organ-organ badan katak.


Katak sanggup hidup di darat maupun di air. Katak akan meletakkan telurnya kedalam air, dan hampir 80% proses pertumbuhan katak dari telur hingga katak cendekia balig cukup akal di dalam air. Hewan ini disebut dengan binatang amfibi alasannya ialah sanggup hidup di dua alam.


Pada demam isu hujan katak sanggup berkembang lebih cepat dari biasanya. Jika ada bak maka katak akan tinggal di sana dan akan mengeluarkan suara kodok yang bersahut-sahutan.


Menurut sebuah penelitian, ditemukan sekitar 4700 jenis atau spesies katak di muka bumi ini. Membedakan katak satu dengan yang lainnya ialah daerah katak hidup, warna kulit, bentuk tubuh,dan ada atau tidaknya racun pada selaput kulitnya. Beberapa jenis racun dari katak bisa membunuh insan bahkan binatang besar menyerupai gajah.


Metamorfosis katak terdapat 4 fase yaitu fase telur – fase beludru – fase katak muda dan terakhir fase katak dewasa. Di bawah ini kita akan membahas secara lengkapnya.


Proses Metamorfosis Katak


Perhatikan gambar di bawah ini fase telur – fase beludru – fase katak muda dan terakhir fase katak dewasa.


 Pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai  Metamorfosis Katak – Penjelasan, Prosesnya, Gambar Lengkap


1.      Telur


Hewan yang bisa di sebut amfibi ini mengawali proses metamorfosisnya dari telur. Katak jantan akan membuahi katak betina, katak betina akan meletakkan telurnya di dalam kubangan air yang berdasarkan mereka aman. Telur katak menyerupai jelly atau biji selasih. Pada umumnya telur ini akan di tinggalkan oleh induknya dan mengalami perkembangan mandiri. Karena katak sanggup bertelur sangat banyak. Katak bisa bertelur mecapai 20.000 telur dengan 3 kali reproduksi. Fase telur berjalan hingga kurang lebih 3 mingguan.


2.      Kecebong


Setelah telur menetas maka akan menjelma kecebong. Kecebong dengan jumlah banyak ini akan memakan cangkangnya sendiri. Fase ini akan berjalan selama kurang lebih 5 ahad hingga menjadi katak muda. Kecebong akan berkembang dengan adanya kedua kakinya dan membentuk organ-organnya.


3.      Katak Muda


Setelah 5 ahad menjadi kecebong maka katak akan berkembang menjadi katak muda. Katak muda akan berlangsung selama 3 ahad saja selanjutnya menjadi katak dewasa. Katak cendekia balig cukup akal di tandai dengan terbentuknya paru-paru untuk ia bernafas di daratan. Dan otomatis insang akan menghilang dan mengalami perubahan derastis.


4.      Katak Dewasa


Setelah terbentuknya paru-paru untuk katak bernafas di darat maka katak akan menjadi katak dewasa. Katak cendekia balig cukup akal akan berumur sekitar 11 minggu. Seperti sudah dijelaskan di atas bahwa metamorfosis katak cukup singkat. Katak ini sudah cepat melompat kedaratan (tanah). Selanjutnya katak jantan dan betina akan mengalai pembuahan.


Ciri-Ciri Katak


Berikut ini ialah ciri-ciri katak antara lain:



  • Katak berkembangbiak dengan bertelur.

  • Binatang amfibi (hidup di dua dunia)

  • Katak muda hidup di air dan bernapas dengan insang.

  • Katak bergerak dengan keempat kakinya.

  • Katak cendekia balig cukup akal hidup di darat dan bernapas memakai paru-paru.

  • Katak mengalami metamorfosis dari telur-kecebong-katak kecil-katak dewasa.

  • Katak memiliki kulit yang basing alasannya ialah membantu pernafasan.

  • Katak juga memiliki selaput pada jari-jari kakinya yang dipakai untuk berenang.


Baca Juga:



Metamorfosis Kupu Kupu – Penjelasan, Prosesnya, Gambar Lengkap


Metamorfosis Sempurna – Pengertian, Gambar, dan Contoh



Demikian klarifikasi mengenai metamorfosis tepat katak dari pengertian, gambar dan contoh. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta warta anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.


Advertisement

Iklan Sidebar