Info Populer 2022

Metamorfosis Kupu Kupu – Penjelasan, Prosesnya, Gambar Lengkap

Metamorfosis Kupu Kupu – Penjelasan, Prosesnya, Gambar Lengkap
Metamorfosis Kupu Kupu – Penjelasan, Prosesnya, Gambar Lengkap

Rumus.co.id – Pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai metamorfosis sempurna. Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai metamorfosis kupu-kupu dari mulai penjelasan, prosesnya dan gambar lengkap. Simak klarifikasi berikut ini.


Penjelasan Metamorfosis Kupu Kupu


Metamorfosis kupu-kupu yakni Poses perkembangan biologi kupu-kupu yang berubah dari waktu ke waktu seiring perkembangannya. Pertumbuhan dan perkembangannya yakni penbentukan organ-organ badan kupu-kupu.


Kupu-kupu yang indah di lihat ternyata prosesnya tidak seindah hasil akhirnya. Dibandingkan serangga kupu-kupu mempunyai proses metamorfosis sedikit lebih panjang dan lama. Dimulai dari telur menjadi ulat atau larva selanjutnya kepompong dan balasannya kupu-kupu dewasa.


Metamorfosis kupu-kupu merupakan metamorfosis yang sempurna. Dibawah ini kita akan membahas proses metamorfosis tepat kupu-kupu.


Proses Metamorfosis Kupu-Kupu


Berikut ini yakni proses metamorfosis kupu-kupu mulai dari telur, larva, kepompong, dan kupu-kupu dewasa.


 Pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai  Metamorfosis Kupu Kupu – Penjelasan, Prosesnya, Gambar Lengkap


1. Telur


Tahap pertama kupu-kupu sampaumur meletakkan telurnya pada ranting dan daun. Kupu-kupu sampaumur akan mencari daun kesukaan ulat nantinya. Karena setiap kupu-kupu mempunyai makanan favorit sendiri-sendiri. Biasanya kupu-kupu akan meletakkan telurnya di ujung daun atau di bawah daun. Menetaskan telur tidak membutuhkan waktu yang usang sekitar 3-5 hari saja.


2. Larva (ulat)


Fase ini yakni sesudah telur menetas. Ulat ini yakni proses yang sedikit menjijikan dari kupu-kupu yang indah. Setiap hari larva ulat ini akan memakan daun-daun yang ada di sekelilingnya dan mempunyai pertumbuhan yang sangat cepat. Ulat juga dapat berganti kulit sekitar 5 – 6 kali. Setalah larva makan dengan maksimal dan pertumbuhan maksimal maka ia akan berhenti makan. Setelah itu larva akan mencari kawasan untuk ia menjelma kepompong.


3. Pupa (Kepompong)


Pupa atau biasa di sebut kepompong yakni bentuk setalah larva. Kepompong biasanya di bungkus dengan sesuatu berwarna coklat dan keras. Di dalam cangkangnya kepompong tidak makan dan minum. Dia akan menyempurnakan organ-organ yang belum tepat jadi. Kepompong akan berlangsung selama 7-20 hari setiap kupu-kupu berbeda-beda tergantung dengan spesiesnya.


4. Imago (Kupu-Kupu)


Imago yakni proses dimana kepompong akan menjelma kupu-kupu yang indah. Pertama kali kupu-kupu keluar dari kepompong bentuk sayap kupu-kupu masih kecil, kusut dan lembap sebab ada cairan. Cairan ini juga berkhasiat membantu pembesaran sayap kupu-kupu. Cairan ini di sebut dengan hemolymph. pertama kalinya kupu-kupu akan merangkak ke atas dahan, supaya tubuhnya mengering dan sayapnya dapat berfungsi dengan normal. Untuk menunjang pertumbuhannya kupu-kupu sampaumur kan mencari bunga untuk menyerap sari atau nektar bunga pada siang hari.


Perilaku Kupu-kupu


Pada umunya kupu-kupu aktif pada siang hari, pada malam hari kupu-kupu akan tidur di dalam rumahnya. Kupu-kupu dapat terbang 2-3 meter di udara, tetapi tergantung dengan besar sayapnya. Semakin besar maka akan semakin tinggi terbang kupu-kupu.


Kupu-kupu termasuk binatang yang mencari makan secara individual. Ketika kupu-kupu berkumpul maka akan memasuki fase reproduksi. Kupu-kupu jantan akan membasahi kupu-kupu betina dan betina akan meletakkan telurnya pada daun yang telah di pilih. Ini merupakan fase pertama untuk metamorfosis kupu-kupu.


Makanan utama kupu-kupu yakni madu pada bunga. Tidak jarang bunga-bunga akan di hampiri kupu-kupu untuk menghisap madunya. Ternyata ada juga lo kupu-kupu yang makan bangkai binatang atau tanah yang lembap untuk spesies tertentu. Selain itu ada juga kupu-kupu menyukai sari buah-buahan.


Ciri-Ciri Kupu-Kupu


Berikut ini yakni ciri-ciri kupu-kupu antara lain:



  • Bernapas memakai Trakea

  • Kulitnya dari kitin

  • Aktif pada siang hari

  • Memiliki kaki 3 pasang, serta mempunyai telapak kaki yang halus.

  • Menghisap nektar bunga

  • Memiliki Abdomen atau perut

  • Memiliki mata yang banyak atau majemuk.

  • Ukuran Sayap lebih besar dibandingkan tubuhnya

  • Beristirahatnya dengan menegakkan sayapnya.

  • Kupu-kupu mempunyai sayap dengan warna yang indah dan menarik.


Baca Juga:



Metamorfosis Sempurna – Pengertian, Gambar, dan Contoh


Metagenesis Tumbuhan Paku (Pteridophyta)


Demikian klarifikasi mengenai metamorfosis kupu-kupu dari mulai penjelasan, prosesnya dan gambar lengkap. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta gosip anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.


Advertisement

Iklan Sidebar