Info Populer 2022

Paragraf Eksposisi

Paragraf Eksposisi
Paragraf Eksposisi

Paragraf Eksposisi – Pembahasan bahan kali ini ialah mengenai pengertian, contoh, jenis dan ciri-ciri paragraf eksposisi beserta dengan strukturnya. Silahkan kalian simak klarifikasi lengkapnya dibawah ini!


 Pembahasan bahan kali ini ialah mengenai pengertian Paragraf Eksposisi
Paragraf Eksposisi

Pengertian Paragraf Eksposisi


Teks Eksposisi merupakan sebuah pengembangan paragraf pada suatu penulisan yang dimana berisikan dengan tujuan dalam menjelaskan sebuah pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, padat, serta akurat.


paragraf eksposisi ialah sebuah paragraf yang mengadung klarifikasi (explanation), informasi (information) atau juga pengetahuan yang berkaitan pada topik yang akan ditulis oleh si penulis tersebut. Seperti umumnya, pemakaian paragraf eksposisi berfungsi untuk menginformasikan atau memperlihatkan pengetahuan kepada para pembacanya sehingga mereka akan mendapat informasi atau pengetahuan dengan jelas.


Paragraf eksposisi ini disusun menurut dari hasil pengamatan atau penelitian yang sudah jelas, sehingga paragraf ini mempunyai sifat ilmiah atau non fikis dan tidak dipertimbangkan lagi kebenarannya dikarenakan telah didukung dengan data yang valid.


Jenis-Jenis Paragraf Eksposisi



  • Teks Eksposisi Laporan

  • Teks Eksposisi definisi

  • Teks Ekskposisi Perbandingan

  • Teks Eksposisi Ilustrasi

  • Teks Eksposisi Klasifikasi

  • Teks Eksposisi Proses


Ciri ciri paragraf Eksposisi



  1. Pada paragraf eksposisi (paragraph exposition) terdapat sebuah pengertian mengenai istilah dalam topik pembahasan.

  2. Paragraf eksposisi mempunyai sifat memperlihatkan informasi untuk si pembaca.

  3. Paragraf eksposisi mempunyai tujuan utama yaitu memperlihatkan informasi, juga bersifat objektif dan netral. Paragraf eksposisi tidak terdapat unsur yang sifatnya persuasif atau mengajak ataupun memengaruhi si pembaca.

  4. Untuk menciptakan klarifikasi pada informasi yang disampaikan mempunyai kekuatan dan sanggup dipercaya pembaca, paragraf eksposisi memperlihatkan data yang valid dan didapat dari sumber yang terpercaya.

  5. Seorang penulis yang menciptakan sebuah teks paragraf eksposisi (paragraph exposition) biasanya memperlihatkan pertanyaan apa, mengapa, siapa, di mana, kapan, dan bagaimana.

  6. Gaya informasi ialah persuasif atau mengajak

  7. Penyampaian teksnya secara jelas, padat dan menggunakan bahasa yang baku

  8. Memberikan informasi-informasi pengetahuan

  9. Bersifat tidak memihak, artinya yaitu tidak memaksakan kemauan dari penulis untuk si pembacanya

  10. Teks Eksposisi mempunyai sifat yang netral dan objektif

  11. Memberikan suatu fakta yang digunakan sebagai alat konkritasi dan kontribusi


Struktur Teks Eksposisi


1. Tesis atau Pernyataan Pendapat.



  • Tesis merupakan bab yang mempunyai isi berupa sudut pandang oleh si penulis terhadap setiap permasalahan yang akan dibahas pada topiknya.

  • Sebuah tesis tentunya berisikan sebuah pernyataan yang nantinya akan diperkuat dengan sebuah argumen.

  • Bagian satu ini sangat penting untuk menyusun dalam pola teks eksposisi dan biasanya muncul pada awal teks eksposisi walaupun kalian sanggup menemuinya di bab akhir.


2. Argumentasi



  • Argumentasi merupakan suatu bentuk alasan atau bukti yang digunakan untuk mengokohkan atau memperkuat pendapat didalam tesis, walaupun dalam prakteknya argumentasi sanggup digunakan untuk menyanggah atau menolak suatu pernyataan.

  • Argumentasi sanggup berbentuk sebuah pernyataan umum atau berupa data dari hasil penelitian para andal yang sumbernya telah terpercaya.


3. Penegasan Ulang Pendapat.



  • Bagian ini merupakan kesimpulan yang menegaskan kembali dari tesis yang dibicarakan pada awal teks eksposisi dan penguat argumentasi yang ditunjang oleh sebuah fakta.


Contoh Paragraf Eksposisi


Berikut contoh–contoh paragraf eksposisi yang akan dijelaskan secara lengkap, sebagai berikut :


1. Eksposisi Definisi


Memberikan sebuah informasi yang berupa definisi atau pengertian pada suatu hal.


Contohnya :


Hewan karnivora merupakan jenis binatang pemakan daging. Hewan jenis karnivora mempunyai ciri – ciri gigi yang sangat tajam dan rahang yang sangat kuat. Gigi dan rahang berfungsi sebagai mencabik-cabik daging mangsanya. Hewan dengan jenis yang satu ini diantaranya menyerupai harimau, singa, buaya, beruang, elang dan lain sebagainya.


2. Eksposisi Proses


Memberikan sebuah informasi yang berupa proses pada suatu hal.


Contohnya :


Air di dunia ini mempunyai jumlah yang sama atau tetap. Proses pada air di dunia ini disebut dengan siklus hidrologi. Siklus ini dimulai dengan air dipermukaan yang terkena panas dari matahari, kemudian akan menguap dan menjadi awan di langit. Awan–awan tersebut diterbangkan oleh angin ke segala penjuru dan menjadi jenuh. Ketika awan tersebut jenuh, maka awan akan bermetamorfosis sebuah hujan sehingga air kembali lagi kedalam permukaan bumi.


3. Eksposisi Klasifikasi


Memberikan informasi yang berupa penjabaran pada sebuah benda atau hal tertentu.


Contohnya :


Berdasarkan dengan pola pengembangan gagasan utamanya, paragraf terbagi menjadi tiga bagian, yakni paragraf deduktif, paragraf induktif, dan paragraf campuran. Jika kalian ingin memahami ketiga paragraf tersebut dengan lengkap, klik saja link paragraf tersebut.


4. Eksposisi Ilustrasi


Memberikan informasi yang berupa ilustarasi pada suatu hal.


Contohnya :


Menjalani rumah tangga sanggup dikatakan sama menyerupai menahkodai sebuah kapal di tengah – tengah lautan. Kapal yang berada di tengah lautan terkadang akan menghadapi ombak – ombak yang menerjang. Begitu juga halnya dengan menjalani rumah tangga yang akan menghadapi banyak cobaan yang berdatangan. Jika kita tidak sigap, maka rumah tangga akan hancur menyerupai layaknya kapal yang hancur terbawa arus ombak.


5. Eksposisi Perbandingan dan Pertentangan


Memberikan informasi dengan cara membandingkan atau mempertentangkan dalam suatu hal.


Contohnya :


Gandum nerupakan sebagai alternative pengganti nasi. Gandum mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Selain itu, kadar gula yang terdapat di dalam gandum lebih sedikit dibandingkan pada nasi. Oleh lantaran itu, gandum sangat baik untuk dijadikan makanan pokok pengganti nasi bagi para penderita penyakit diabetes.


6. Ekpsosisi Laporan


Memberikan sebuah gosip laporan pada suatu perjalanan atau penelitian.


Contohnya :


Pulau seribu merupakan kawasan wisata menarik untuk dikunjungi. Hal ini terbukti saat kami berkunjung ke sana sekitar beberapa hari yang lalu. Ketika kami hendak turun dari bus, kami sudah diperlihatkan dengan suatu karya yang sangat indah sekali yaitu pemandangan lautan lepas yang sangat indah dan masih terjaga. Kemudian kami dimanjakan dengan beberapa kemudahan yang sangat baik. Oleh lantaran itu, pulai ini menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.


Demikian klarifikasi mengenai pengertian, contoh, jenis dan ciri-ciri paragraf eksposisi beserta dengan strukturnya. Semoga sanggup bermanfaat untuk kalian semua.


Artikel Terkait :



Advertisement

Iklan Sidebar