Info Populer 2022

Pengertian Ilmu Ekonomi, Konsep Dasar, Ruang Lingkup

Pengertian Ilmu Ekonomi, Konsep Dasar, Ruang Lingkup
Pengertian Ilmu Ekonomi, Konsep Dasar, Ruang Lingkup

Rumus.co.id – Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian ilmu ekonomi, konsep Dasar, tujuan dan ruang Lingkup. Ilmu ekonomi yakni salah satu bidang ilmu yang berkaitan seluruh sumber daya. Berikut ini yakni pembahasan secara lengkap.


Pengertian Ilmu Ekonomi


Pengertian ilmu ekonomi yakni ilmu yang mempelajari asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan serta pemanfaatan uang, tenaga, waktu, dan sebagainya yang berharga. Ilmu ekonomi menyangkut ekonomi mikro dan ekonomi makro. Di bawah ini kita akan membahas mengenai ekonomi makro dan ekonomi mikro.


Ekonomi yakni salah satu bidang ilmu yang bekerjasama dengan keuangan. Hal yang peling sederhana berkaitan dengan ekonomi di kehidupan sehari-hari contohnya beras, telur, daging, ayam dan materi pokok lainnya.


Ilmu ekonomi mempelajari sikap insan dalam membuat kemakmuran. Dalam duduk perkara ekonomi ketika ini yakni ketidakseimbangnya antara kebutuhan insan yang banyak dengan pemuas kebutuhan yang terbatas.


 Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian ilmu ekonomi Pengertian Ilmu Ekonomi, Konsep Dasar, Ruang Lingkup


Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli Adam Smith,


Ilmu ekonomi merupakan ilmu secara sistematis memprlajari tingkah laris insan dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu.


Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli Case and Fair,


Ilmu ekonomi yakni studi perihal bagaimana individu dan masyarakat mengambil pilihan untuk memakai sumber daya yang langka yang telah disediakan oleh alam dengan generasi sebelumnya.


Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli M. Manullang,


Ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang mempelajari masysrakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran (kemakmuran suatu keadaan dimana insan sanggup memenuhi kebutuhannya, baik yang berupa barang-barang maupun jasa).


Konsep Dasar Ilmu Ekonomi


Berikut ini ada beberapa konsep dasar ilmu ekonomi, simak penjelasannya di bawah ini:


1.      Kegiatan Ekonomi


Berikut ini kegiatan ekonomi yang ada di ilmu ekonomi:



  1. Produksi


Produksi yakni kegiatan karyawan yang membuat produk atau pelayanan jasa yang mengumpulkan sumber daya, modal dan keahlian tertentu. Produksi yakni penentu kualitas produk di terima pasaran luas.



  1. Konsumsi


Konsumsi yakni kegiatan penggunaan produk atau pelayanan jasa. Biasanya mereka membelinya alasannya yakni butuh dan bermanfaat bagi hidupnya. Hal ini juga ditentukan dengan tingkat penhasilannya.



  1. Distribusi


Distribusi yakni kegiatan yang berkaitan dengan penyebaran barang/ jasa yang diproduksi. Penyebaran yang merata akan menambah omset penjualan barang. Sebisa mengkin distribusi secara luas semoga produk sanggup di terima masyarakat.


2.      Tindakan Ekonomi


Tindakan ekonomi yakni perjuangan yang di lakukan insan dalam memperolah keberhasilan dan keuntungan. Tindakan ini menurut 2 aspek yaitu tindakan rasional dan irasional, berikut penjelasannya.



  1. Tindakan Rasional yakni perjuangan insan untuk pemilihan barang terbaik. Mereka akan membandingkan dengan took sebelah dari mulaih harga, pelayanan, kualitas dan rasa.

  2. Tindakan Irasional yakni perjuangan insan untuk menentukan yang terbaik dan mengunungkan. Tetapi mereka kerap menyesal dikarenakan telah membelinya. Setelah mereka gunakan barang tersebut tidak sesuai dengan ekspetasi.


3.      Motif Ekonomi


Ada dua macam motif ekonomi yaitu intriksik dan motif ekstrinsik, berikut yakni penjelasnya:



  1. Motif Intrinsik yakni kebutuhan dan keharusan, biasanya pelaku ekonomi membelinya alasannya yakni kebutuhan sehari-hari. Ketergantungan menyerupai ini lah yang dibutuhkan perusahaan, menjadi pelanggan setia.

  2. Motif Ekstrinsik yakni harapan seseorang. Pelaku ekonomi melaksanakan alasannya yakni pihak eksternal yang mengharuskan mereka membeli dan mengkonsumsi.


4.      Metodologi Ilmu Ekonomi


Ada dua metode ilmu ekonomi yaitu metode induksi dan metode deduksi, berikut penjelasannya:



  1. Metode Induksi yakni metode yang dilakukan menurut banyak sekali insiden ekonomi yang disusun secara sistematis sehingga mendapat kesimpulan secara umum.

  2. Metode Deduksi yakni metode yang dilakukan menurut teori ekonomi yang dianalisis dan dipelajari untuk mendapat kesimpulan khusus.


Tujuan Ilmu Ekonomi


Berikut ini yakni tujuan ilmu ekonomi antaralain:



  • Dapat menjadi contoh dalam pengambilan keputusan

  • Membantu pelaku ekonomi untuk menganalisis pola sikap konsumtif masyarakat

  • Memberikan pengertian perihal potensi dan keterbatasan suatu kebijakan ekonomi

  • Menumbuhkan kepekaan perihal ekonomi global terhadap masyarakat


Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi


Ada dua macam ruang lingkup ekonomi yaitu makro dan mikro, berikut penjelasannya:


1.      Ekonomi Makro (macroeconomic)


Ekonomi makro yakni ilmu ekonomi yang mempelajari mengenai keseluruhan sikap ekonomi dari pemakaian efisien dan banyak sekali factor produksi dengan tujuan kemakmuran masyarakay yang maksumum. Ekonomi makro sanggup di ukur melalui tingkat pendepatan konsumen. Hal ini sangat menjadi alasan mengapa makroekonomi sebagai teori pendapatan.


2.      Ekonomi Mikro (microeconomic)


Ekonomi mikro yakni ilmu ekonomi yang membepajari aspek individual dari suatu ekonomi. Analisis yang perlu yakni analisis produsen dan analisis konsumen untuk suatu pasar tertentu. Ekonomi mikro yakni penentuan harga itu alasannya yakni mikroekonomi menjadi teori harga.


Demikian klarifikasi mengenai Pengertian Ilmu Ekonomi, Konsep Dasar, Tujuan dan Ruang Lingkup. Semoga anda mendapat apa yang anda mau pada artikel ini. Kunjungi terus rumus.co.id banyak artikel menarik dan bermanfaat.


Baca Juga :



Advertisement

Iklan Sidebar