Info Populer 2022

Rumus Cepat Rambat Gelombang Dan Rujukan Soal

Rumus Cepat Rambat Gelombang Dan Rujukan Soal
Rumus Cepat Rambat Gelombang Dan Rujukan Soal

Rumus.co.id – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas perihal rumus cepat rambat gelombang bunyi dan pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas soal rumus cosinus.  Dan di dalam rumus cepat rambat gelombang bunyi terdapat rumus cepat rambat gelombang transversal, rumus cepat rambat gelombang longitudinal, rumus cepat rambat gelombang bunyi, pola soal cepat rambat gelombang, rumus cepat rambat gelombang stasioner, cepat rambat gelombang adalah, rumus gelombang, rumus periode gelombang.


Pengertian Cepat Rambat Gelombang Bunyi


Pada dasar nya, bunyi itu merambat melalui medium tertentu, ibarat pada zat padat, zat cair, atau gas. Dan bunyi tersebut mempunyai cepat rambat yang bergantung pada media yang di lalui nya. Untuk selengkap nya, sanggup kalian lihat klarifikasi di bawah ini !


Bunyi itu apa sih? Bunyi iyalah sebuah gelombang longitudinal yang terjadi sebab ada nya suatu getaran dan sanggup merambat sehingga sanggup hingga ke pendengaran makhluk hidup, ibarat insan dan juga hewan. Lalu pendengaran yang berfungsi dengan baik akan mendengar banyak sekali bunyi – bunyi yang ada di sekeliling nya.


Tahukah kalian bahwa bahwasanya emosi seseorang itu sanggup berubah karna bunyi. Misal nya iyalah ibarat dikala seseorang sedang mendengarkan bunyi yang sunyi, maka emosi orang tersebut akan menjadi damai karna tidak ada bunyi yang bising atau berisik.


Sebenar nya bunyi sanggup merambat melalui media udara, zat cair, dan zat padat untuk hingga ke pendengaran kita. Namun untuk zat padat, cepat rambat bunyi lebih cepat di bandingkan dengan media zat cair dan gas. Supaya biar kalian semua lebih paham, perhatikan tabel di bawah ini !


 Pada kesempatan kali ini kita akan membahas perihal rumus cepat rambat gelombang bunyi da Rumus Cepat Rambat Gelombang dan Contoh Soal


Setelah kalian memahami soal bunyi, kita akan membahas pengertian cepat rambat bunyi yang merupakan sebuah jarak yang di tempuh oleh gelombang bunyi setiap satu – satuan waktu. Hal ini telah di teliti  oleh 2 orang ilmuwan asal Belanda, yang berjulukan Van Beek dan Moll. Dan pada final nya,  kedua ilmuwan tersebut berhasil menemukan rumus nya yaitu ibarat ini :


Rumus Cepat Rambat Gelombang Bunyi


V = s / t


Keterangan :



  • v = kecepatan ( m/s )

  • s = jarak ( m )

  • t = waktu ( s )


Namun jikalau yang telah di ketahui yaitu frekuensi nya ( f ), panjang gelombang ( λ ), atau periode nya ( T ), maka kalian tidak usah memakai rumus yang di atas tapi kalian harus memakai rumus yang di bawah ini :


v = λ x f atau v = λ / f


Keterangan :



  • v = kecepatan ( m/s )

  • λ = panjang gelombang ( m )

  • f = frekuensi ( Hz )


Oke, sesudah mengetahui soal rumus – rumus nya, maka kini kita lanjut ke pola soal dan pembahasan nya silahkan kalian lihat di bawah ini !


Contoh Soal Cepat Rambat Gelombang


Contoh Soal 1



  1. Tentukanlah frekuensi dan periode dari sebuah gelombang bunyi jikalau panjang gelombang nya yaitu 20 meter dan cepat rambat bunyi nya 400 m/s ?


Jawab :


Di ketahui :


v = 400 m/s

λ  = 20 m


Di tanya : frekuensi dan  periode…?


Jawab :


Frekuensi :

v = λ x f

f = v / λ

f = 400 m/s  / 20 m = 20 Hz


Periode :

v = λ / T

T =  λ / v

T = 20 m / 400 m/s = 1 / 20 sekon


Contoh Soal 2



  1. Sebuah kapal mengukur kedalaman bahari dengan memakai perangkat suara. Jika bunyi nya di tembakkan ke dasar laut, maka bunyi pantul akan di terima sesudah 15 detik. Maka tentukanlah kedalaman bahari tersebut jikalau cepat rambat bunyi yaitu 2000 m/s ?


Jawab :


Di ketahui :

t  = 15 s

v = 2000 m/s


Di tanya : s…?


Jawab :

s = vt / 2 ( gelombang akan memantul dan kembali lagi ke kapal, jadi harus di bagi dengan angka 2 )

s = 2000 m/s x 15 s / 2 = 15.000 m


Itulah klarifikasi lengkap perihal rumus cepat rambat gelombang beserta pola soal nya dan rumus nya semoga bermanfaat…


Artikel Terkait :



Advertisement

Iklan Sidebar