Info Populer 2022

Rumus Kendala Listrik – Pengertian, Macam – Macam, Teladan Soal

Rumus Kendala Listrik – Pengertian, Macam – Macam, Teladan Soal
Rumus Kendala Listrik – Pengertian, Macam – Macam, Teladan Soal

Rumus.co.id – Setelah sebelumnya kita membahas tentang Rumus Pemuaian kali ini kita akan membahas materi perihal rumus kendala lengkap, kita akan jabarkan secara detail dan lengkap mulai dari pengertian, macam – macam, rumus, dan teladan soal beserta pembahasannya.


Pengertian Listrik


Listrik yaitu merupakan rangkaian fenomena fisika yang berafiliasi dengan kehadiran dan fatwa muatan listrik. Listrik juga sanggup menyebabkan aneka macam macam imbas yang telah umum sanggup kita ketahui, ibarat petir, listrik statis, induksi elektromagnetik dan arus listrik dan bahkan ada juga kendala listriknya.


Pengertian Hambatan Listrik


Hambatan Listrik yaitu sebuah perbandingan antara tegangan listrik dari suatu komponen elektronik (misalnya resistor) dengan arus listrik yang melewatinya. Hambatan listrik juga mempunyai satuan Ohm sanggup dirumuskan yaitu : di mana V ialah tegangan dan I ialah arus listriknya.


 Setelah sebelumnya kita membahas tentang  Rumus Hambatan Listrik – Pengertian, Macam – Macam, Contoh Soal
Hambatan Listrik

Materi Hambatan Listrik


Hambatan bisa diartikan yaitu sebagai Penahanan atau Perlawanan yang diterima oleh elektron – elektron yang mengalir pada sebuah penghantar oleh molekul – molekul yang ada di dalamnya. Setiap penghantar memperlihatkan penahanan fatwa arus listrik. Penahanan tersebut sanggup terjadi lantaran disebabkan oleh :



  • Tiap – tiap atom akan menahan perpindahan elektron yang terjadi pada perlawanan terhadap elektron ke arah luarnya.

  • Benturan elektron – elektron dan atom tersebut tidak terhitung pada sebuah penghantarnya.


Macam – Macam Hambatan Listrik


Hambatan atau Penahanan (resistance) ialah kemampuan suatu materi untuk menghambat fatwa arus listrik. Macam – macam kendala sanggup kita dibedakan antara lain :


1. Hambatan Sesuai Jenis Penghantarnya


Jenis – jenis penghartarnya menurut nilai hambatannya, yaitu sebagai berikut :



  • Konduktor :


Konduktor ialah jenis penghantar listrik yang gampang untuk dialiri arus listrik. Contohnya : emas, perak, tembaga dan lain sebagainya.



  • Non Konduktor / Isolator :


Non konduktor / Isolator ialah jenis penghantar listrik yang sukar atau sulit untuk dialiri arus listrik atau bahkan juga justru tidak sanggup dialiri arus listrik. Contohnya : karet, plastik, kaca, kertas dan lain sebagainya.



  • Semi Konduktor :


Semi konduktor ialah jenis penghantar listrik yang mana arus listrik tidak akan semudah untuk mengalir ibarat pada materi pengantar konduktor dan nilai hambatannya juga tidak akan sebesar pada materi penghantar isolator. Contohnya : germanium, silikon dan lain sebagainya.


2. Hambatan Sambungan


Salah satu penyebab besar kecilnya suatu kendala atau tahanan (resistance) listrik dalam sebuah rangkaian kelistrikan sanggup juga dipengaruhi oleh penyambungan komponen – komponen pada rangkaian kelistrikan tersebut.


 Setelah sebelumnya kita membahas tentang  Rumus Hambatan Listrik – Pengertian, Macam – Macam, Contoh Soal
Hambatan Sambungan

Sebagai contoh, apabila ada penyambungan antara terminal baterai dengan kabel tidak tersambung dengan baik atau sambungan tersebut longgar maka saat arus listrik melewati belahan yang longgar tersebut akan menjadikan semakin susah (sulit) dan akan menyebabkan panas.


3. Hambatan Karena Panas


Temperatur atau suhu akan menghipnotis besar kecilnya nilai suatu tahanan. Pada umumnya apabila temperaturnya naik maka nilai tahanann listriknya pun juga akan bertambah besar.


 Setelah sebelumnya kita membahas tentang  Rumus Hambatan Listrik – Pengertian, Macam – Macam, Contoh Soal
Hambatan Karena Panas

Nyala lampu di atas akan semakin redup saat kawat dipanaskan, maka hal tersebut pertanda bahwa arus listrik yang mengalir ke lampu tersebut semakin sedikit lantaran nyala lampu yang redup. Maka berarti tersebut dipengaruhi lantaran semakin besarnya kendala listrik pada kawat.


Rumus Hambatan Listrik


Hambatan Listrik juga mempunyai rumus tersendiri, yaitu antara lain :


R = V/I


Keterangan :



  • R = Hambatan Listrik (Ohm).

  • V = Tegangan Listrik (Volt).

  • I = Arus Listrik (Ampere).


Contoh Soal Hambatan Listrik


1. Ada sebuah Lampu Pijar yang mempunyai tegangan listrik yaitu sebesar = 40 Volt dengan kekuatan Arus Listrik yaitu sebesar = 10 Ampere. Maka Hitunglah besaran Hambatan Listrik yang dihasilkan oleh Lampu Pijar tersebut !


Penyelesaian :


Diketahui :



  • V = 40 Volt

  • I = 10 Ampere


Ditanya : R = ….?


Jawab :



  • R = V/I

  • R = 40 Volt/10 Ampere

  • R = 4 Ohm


Jadi, besaran kendala listriknya ialah = 4 0hm


2. Ada sebuah Lampu senter yang mempunyai tegangan listrik yaitu sebesar = 80 Volt dengan kekuatan Arus Listrik yaitu sebesar = 40 Ampere. Maka Hitunglah besaran Hambatan Listrik yang dihasilkan oleh Lampu senter tersebut !


Penyelesaian :


Diketahui :



  • V = 80 Volt

  • I = 40 Ampere


Ditanya : R = ….?


Jawab :



  • R = V/I

  • R = 80 Volt/40 Ampere

  • R = 2 Ohm


Jadi, besaran kendala listriknya ialah = 2 0hm


Inilah pembahasan materi perihal rumus kendala listrik mulai dari pengertian, macam – macam, rumus, beserta teladan soal dan pembahasannya, supaya bermanfaaat…..


Baca Juga :



Advertisement

Iklan Sidebar