Info Populer 2022

Rumus Kecepatan Dan Kelajuan Beserta Perbedaan Dan Rujukan Soalnya

Rumus Kecepatan Dan Kelajuan Beserta Perbedaan Dan Rujukan Soalnya
Rumus Kecepatan Dan Kelajuan Beserta Perbedaan Dan Rujukan Soalnya

Rumus.co.id – Setelah sebelumnya kita membahas materi tentang rumus archimedes, kali ini kita akan membahas materi ihwal kecepatan dan kelajuan, kita akan jabarkan secara detail dan lengkap mulai dari pengertian kecepatan dan kelajuan, jenis-jenis, perbedaan, rumus, Contoh serta pembahasannya.


Pengertian Kelajuan


Di dalam kinematika, kelajuan(atau laju) suatu objek (simbol: v) merupakan besarnya (magnitudo) kecepatan objek tersebut; oleh alasannya yakni itu, kelajuan yakni besaran skalar. Sedangkan kelajuan sesaat ialah limit dari kecepatan rata-rata ketika selang waktu mendekati nol. Kecepatan memiliki arah sedangkankelajuan tidak.


Pengertian Kecepatan


Kecepatan merupakan besaran vektor yaitu besaran yang mempunyai besar dan arah. Kecepatan dapat kita didefinisikan sebagai perubahan posisi sebagai fungsi waktu. Definisi ini didapatkan dari hasil diferensial perpindahan sebagai fungsi waktu. Kelajuan pun dapat  kita didefinisikan sebagai perubahan jarak sebagai fungsi waktu.


Macam – Macam Kelajuan dan Kecepatan


Suatu benda yang bergerak, faktanya nilai kelajuan maupun kecepatannya tidak selalu konstan tetapi selalu berubah setiap saat. Seperti contohnya ketika kita berkendara di jalan bebas kendala dengan berkendara di jalan yang sempit dan ramai.


Tentunya kita akan merasa nyaman berkendara di jalan bebas kendala bukan?


Ketika kita berkendara di jalan yang sempit dan ramai, terkadang kelajuan atau kecepatan kendaraan tinggi, rendah bahkan terpaksa harus berhenti alasannya yakni macet.


Oleh alasannya yakni itu nilai kelajuan maupun kecepatan suatu benda yang bergerak tidak selalu konstan maka dikenal istilah rata-rata dan sesaat pada kelajuan atau kecepatan.


A. Macam – Macam Kelajuan


Dalam Fisika, kelajuan dibedakan menjadi 2 yaitu:


1. Kelajuan Rata-Rata

Kelajuan rata-rata merupakan jarak total yang ditempuh suatu benda yang bergerak selama selang waktu tertentu.


2. Kelajuan Sesaat

Kelajuan sesaat merupakan kelajuan rata-rata yang waktu tempuhnya mendekati nol.


B. Macam – Macam Kecepatan


Sama halnya dengan kelajuan, kecepatan juga dibedakan menjadi 2 yaitu:


1. Kecepatan Rata-Rata

Kecepatan rata-rata merupakan total perpindahan yang ditempuh oleh suatu benda yang bergerak selama selang waktu tertentu.


2. Kecepatan Sesaat

Kecepatan sesaat merupakan kecepatan rata-rata yang selang waktunya mendekati nol.


Perbedaan Kecepatan dan Kelajuan


Besaran skalar ibarat kelajuan hanya mengacu kepada besarnya suatu tindakan (magnitudo). Di sisi lain, besaran vektor mengacu pada besar dan arah dari suatu tinda kan. Contohnya, kelajuan ialah besaran skalar sehingga sanggup dinyatakan dalam kalimat ibarat “Doni bergerak dengan kelajuan 5 meter per detik”.


Kecepatan sanggup kita nyatakan dalam kalimat ibarat “Doni bergerak dengan kecepatan 5 meter per detik ke arah utara”. Terdapat nya arah menciptakan kecepatan menjadi besaran yang lebih komprehensif dibandingkan dengan kelajuan dalam perhitungan rumus-rumus fisika.


Definisi ilmiah kelajuan merupakan jarak tempuh dibagi dengan waktu yang diharapkan untuk menempuh jarak tersebut. Sedangkan kecepatan ialah laju perpindahan per satuan waktu dengan suatu arah tertentu.


Maka sebetulnya perbedaan keduanya sangat sederhana, yakni bahwa kecepatan mempunyai arah sedangkan kelajuan tidak mempunyai arah.


Rumus Kelajuan Dan Kecepatan


1. Rumus Kelajuan Rata-Rata


Dalam Fisika kelajuan rata-rata digambarkan sebagai v bar, jarak yang ditempuh digambarkan dengan s dan waktu tempuh dilambangkan t, secara matematis persamaan kelajuan rata-rata ialah sebagai berikut :


 Setelah sebelumnya kita membahas materi tentang  Rumus Kecepatan Dan Kelajuan Beserta Perbedaan dan Contoh Soalnya
Rumus kelajuan Rata-Rata



2. Rumus Kecepatan Rata-Rata


Sesuai dengan definisi kecepatan rata-rata di atas, maka secara matematis persamaan kecepatan rata-rata sanggup ditulis sebagai berikut :


 Setelah sebelumnya kita membahas materi tentang  Rumus Kecepatan Dan Kelajuan Beserta Perbedaan dan Contoh Soalnya
Rumus Kecepatan Rata-Rata



3. Rumus Kelajuan Sesaat dan Kecepatan Sesaat



Kelajuan sesaat merupakan total jarak yang ditempuh suatu benda pada selang waktu yang sangat pendek. Sementara itu, kecepatan sesaat ialah total perpindahan yang ditempuh suatu benda pada selang waktu yang sangat pendek. Karena kecepatan sesaat terjadi pada waktu yang sangat pendek, maka kelajuan sesaat adalah besar/nilai dari kecepatan sesaat. Kecepatan sesaat dirumuskan sebagai berikut :


 Setelah sebelumnya kita membahas materi tentang  Rumus Kecepatan Dan Kelajuan Beserta Perbedaan dan Contoh Soalnya
Rumus Kelajuan Sesaat dan Kecepatan Sesaat

Contoh Soal Kelajuan dan Kecepatan


Rama berjalan ke Selatan sejauh 80 m, kemudian berbalik arah ke Utara menempuh jarak 50 m. perjalanan tersebut memerlukan waktu selama 50 s. Hitunglah berapa kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-rata Rama dalam perjalanannya?


Penyelesaian :


 Setelah sebelumnya kita membahas materi tentang  Rumus Kecepatan Dan Kelajuan Beserta Perbedaan dan Contoh Soalnya

Rumus jarak total

Jarak total= AC

AC =AB + BC

AC =80 m + 50 m

AC =130 m


 


 Setelah sebelumnya kita membahas materi tentang  Rumus Kecepatan Dan Kelajuan Beserta Perbedaan dan Contoh SoalnyaRumus perpindahan

Perpindahan= AC

AC =AB − BC

AC =80 m − 50 m

AC =30 m


Jadi :

Kelajuan rata-rata =jarak total/waktu tempuh

Kelajuan rata-rata =130 m/50 s

Kelajuan rata-rata =2,6 m/s


Kecepatan rata-rata =perpindahan/waktu tempuh

Kecepatan rata-rata =30 m/50 s

Kecepatan rata-rata =0,6 s.


Demikianlah pembahasan lengkap mengenai materi ihwal kelajuan dan kecepatan, Semoga bermanfaat…


Artikel Terkait :




Advertisement

Iklan Sidebar