Info Populer 2022

Rumus Massa Jenis Beserta Tabel Dan Pola Soal

Rumus Massa Jenis Beserta Tabel Dan Pola Soal
Rumus Massa Jenis Beserta Tabel Dan Pola Soal

Rumus.co.id – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas wacana rumus massa jenis pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas wacana rumus trigonometri. Di dalam massa jenis terdapat beberapa macam yang pertama iyalah massa jenis air, massa jenis kayu, massa jenis zat cair, massa jenis besi, massa jenis air laut, massa jenis benda, massa jenis logam, massa jenis minyak, dan yang terakhir massa jenis minyak goreng.


Pengertian Massa Jenis


Pengertian dari massa jenis ialah sebuah pengukuran massa setiap satuan volume benda. Lalu semakin tinggi massa jenis sebuah benda, maka semakin besar juga massa setiap volume nya. Dan rata – rata massa jenis setiap benda merupakan total massa di bagi dengan total volume nya. Kemudian sebuah benda yang mempunyai massa jenis lebih tinggi pola nya ialah besi akan mempunyai volume yang lebih rendah dari pada benda yang massa nya sama dan mempunyai massa jenis yang lebih rendah pola nya ialah air.


Lalu untuk satuan SI dari massa jenis iyalah kilogram per meter kubik ( kg x m-3 ).


Lalu fungsi dari massa jenis sendiri iyalah untuk memilih zat. lalu setiap zat nya mempunyai jenis nya yang sama – sama berbeda. Dan satu zat berapapun massa nya berapapun volume nya tetap akan mempunyai jenis massa yang sama.


Tabel Massa Jenis


 Pada kesempatan kali ini kita akan membahas wacana rumus massa jenis pada pembahasan seb Rumus Massa Jenis Beserta Tabel dan Contoh Soal
Tabel Massa Jenis

Masuk ke pembahasan selanjut nya yaitu rumus massa jenis


Rumus Massa Jenis


ρ = m/v


Keterangan :



  • ρ = massa jenis ( kg/m3 ) atau sanggup juga ( g/cm3 )

  • m = massa ( kg atau sanggup juga gram )

  • v = volume ( m3 atau sanggup juga cm3 )


Namun untuk satuan massa jenis dalam CGS (Centi Gram Sekon) ialah gram per sentimeter kubik  g/cm3).


1 g/cm3 sama saja dengan 1000kg/m3


Selain karna angka nya yang gampang di ingat dan gampang di pakai untuk menghitung, maka massa jenis air di pakai perbandingan untuk rumus ke – 2 menghitung massa jenis, atau yang di namakan dengan Massa Jenis Relatif.


Lalu rumus dari massa jenis relatif iyalah massa materi / massa air yang volume sama.


Sebenarnya satuan dari massa jenis tidak hanya ibarat yang sudah kita lihat di atas, nah ternyata masih ada beberapa satuan massa jenis yang banyak dan sanggup di gunakan untuk menyatakan massa jenis yaitu ibarat yang di bawah ini.



  • Kilogram per meter kubik ( kg/m3 )

  • Kilogram per liter ( kg/L )

  • Gram per milimeter ( g/mL )

  • Miligram per deciliter ( mg/dL )

  • Metric ton per meter kubik ( t/m3 )

  • Gram per cubic centimeter ( g/cc )


Agar kalian semua paham wacana massa jenis silahkan lihat pola soal di bawah ini dan kalian semua tidak perlu pusing karna pola soal nya sudah ada dengan tanggapan nya jadi silahkan lihat di bawah ini.


Contoh Soal Massa Jenis


Contoh Soal 1


Sebuah kerikil bata mempunyai ukuran panjang nya 24 cm lebar nya 11 cm dan tinggi nya 4 cm. namun sehabis di timbang ternyata massa kerikil bata itu hanya 1584gram saja. Maka hitung lah berapa massa jenis kerikil bata tersebut ?


Penyelesaian :


Di ketahui :



  • Panjang = 24 cm

  • Lebar = 11 cm

  • Tinggi = 4 cm


Ditanya : massa jenis kerikil bata dalam satuan gr/cm3 dan kg/m3


Jawaban :


v = p x l x t

v = 24 cm x 11 cm x 4 cm

v = 1056 cm3


Maka, massa jenis dari kerikil bata tersebut iyalah 1056 cm3


Itulah klarifikasi lengkap wacana massa jenis beserta pola soal dan cara menghitung memakai rumus massa jenis baik itu massa jenis dari sebuah kerikil maupun massa jenis fluida biar bermanfaat…


Baca Juga : 



Advertisement

Iklan Sidebar