Info Populer 2022

Teks Eksposisi

Teks Eksposisi
Teks Eksposisi

Teks Eksposisi – Dalam penggunaan kaidah penulisan Karya Satra Bahasa Indonesia, ada beberapa teks yang mempunyai Isi dan Fungsi yang berbeda-beda dalam setiap bentuk kalimatnya.


Dalam penggunaan kaidah penulisan Karya Satra Bahasa Indonesia Teks Eksposisi


Dalam banyak sekali macam bentuk Teks, salah satunya yaitu Teks Eksposisi. Apa yang dimaksud dengan Teks Eksposisi?


Oleh alasannya itu pada kesempatan kali ini, kita akan tolong-menolong membahas Teks Eksposisi beserta dengan struktur-struktur yang terkait dalam pembentukannya.


Pengertian Teks Eksposisi


Secara Etimologis (Bahasa) istilah Teks Eksposisi berasal dari Bahasa Indonesia, yaitu Teks yang berarti Kumpulan kata-kata yang terbentuk menjadi sebuah Kalimat, sedangkan Eksposisi yang berarti Suatu jenis pengembangan paragraf dalam sebuah penulisan.


Teks Eksposisi secara Umum yakni Suatu kumpulan kata-kata yang terbentuk menjadi sebuah Kalimat, dengan pengembangan Paragraf yang dimana isinya bertujuan untuk menawarkan atau menjelaskan, dengan gaya penulisan yang Padat, Singkat, dan Akurat.


Struktur & Contoh Teks Eksposisi


Dalam pembentukan sebuah Teks Eksposisi, terdapat struktur-struktur yang terkait dalam pembuatannya. Berikut dibawah ini merupakan penjelasannya :


1. Tesis (Pernyataan)


Tesis merupakan suatu Paragraf yang berisi perihal sudut pandang dari Seorang Penulis mengenai pernyataan dari suatu Objek yang akan menjadi topik pembahasannya.


Contoh Kalimat : 


Ekonomi masyarakat Indonesia yakni “Kegiatan Ekonomi Petani, Perternak, atau Nelayan”


2. Argumentasi (Penjelasan)


Argumentasi merupakan suatu Paragraf yang berisi perihal klarifikasi dari sudut pandang Seorang Penulis mengenai suatu Objek yang menjadi topik pembahasannya.


Contoh Kalimat :


Ekonomi masyarakat Indonesia dengan memakai Perspektif Jargon adalah “Ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”.


A. Dari Rakyat


Berarti acara ekonomi berkaitan dengan aksebilitas rakyat dan penguasaan terhadap sumber daya ekonomi. Disini rakyat mempunyai Hak penuh terhadap sumber daya untuk mendukung acara Produktif dan Konsumtifnya.


B. Oleh Rakyat


Berarti proses acara produksi dan konsumsi yang diputuskan dan dilakukan oleh rakyat. Dalam hal ini, rakyat mempunyai Hak penuh atas pengelolaan proses terhdapat Produktif dan Konsumtifnya.


C. Untuk Rakyat


Berarti acara produksi yang dilakukan dengan memanfaatkan kesudahannya oleh rakyat. Dalam hal ini, rakyat mempunyai Hak penuh atas pemanfaatan hasil dari pengelolaan proses Produktif dan Konsumtifnya.


3. Penegasan Ulang (Penguatan)


Penegasan Ulang merupakan suatu Paragraf yang berisi perihal penguatan atas suatu pendapat dalam Tesis dan menurut Argumentasi yang telah disampaikan sebelumnya.


Contoh Kalimat : 


Pada dasarnya semua Sumber Daya Ekonomi yang terdapat di Indonesia ini, yakni milik semua rakyat Indonesia yang mempunyai Hak penuh atas dasarnya.


Ciri-Ciri Teks Eksposisi


Pada bentuk Teks Eksposisi mempunyai ciri-ciri yang membedakannya dengan bentuk-bentuk Teks lainnya. Berikut dibawah ini merupakan penjelasannya :



  • Teks Eksposisi memakai bahasa yang formal

  • Teks Eksposisi memakai kalimat yang padat, terperinci dan gampang dipahami

  • Teks Eksposisi memakai gaya bahasa yang bersifat persuasif

  • Teks Eksposisi mempunyai isi teks yang bersifat netral dan obyektif

  • Teks Eksposisi tidak memihak dan memaksakan kehendak pada para pembaca

  • Teks Eksposisi bersifat fakta dan ilmiah

  • Teks Eksposisi mempunyai data dari sumber yang valid dan kredibel

  • Teks Eksposisi menyajikan sumber fakta yang valid sebagai alat konkritasi dan kontribusi

  • Teks Eksposisi mempunyai isi yang menjawab pertanyaan siapa, apa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana

  • Teks Eksposisi mempunyai isi klarifikasi gosip dan ilmu pengetahuan


Baca Juga Artikel Lainnya :


Teks Eksplanasi


Teks Negosiasi


Majas Paradoks


Jenis-Jenis Bentuk Teks Eksposisi


Pada jenis bentuk Teks Eksposisi ini mempunyai banyak jenis-jenis bentuknya, yaitu dibawah ini yang telah tersedia sebagai penjelasannya :


1. Teks Eksposisi Definisi


Pada bentuk Teks ini merupakan Suatu jenis Paragraf Eksposisi yang berfungsi hanya untuk menjelaskan pengertian atau definisi pada sebuah Objek tertentu menjadi Topik Utama yang akan menjadi pembahasan.


2. Teks Eksposisi Proses


Pada bentuk Teks ini merupakan Suatu jenis Paragraf Eksposisi yang berfungsi untuk menawarkan langkah-langkah atau cara dalam melaksanakan sesuatu secara urutan dari awal hingga akhir.


3. Teks Eksposisi Ilustrasi


Pada bentuk Teks ini merupakan Suatu jenis Paragraf Eksposisi yang berfungsi untuk menawarkan gosip atau pembahasan-pembahasan pada sebuah Objek, yang akan menjadi Topik pembahasan dengan menampilkan kedalam metode citra dan menjelaskannya.


4. Teks Eksposisi Laporan


Pada bentuk Teks ini merupakan Suatu jenis Paragraf Eksposisi yang berfungsi untuk menjelaskan laporan pada sebuah peristiwa-peristiwa yang menjadi penelitian.


5. Teks Eksposisi Perbandingan


Pada bentuk Teks ini merupakan Suatu jenis Paragraf Eksposisi yang berfungsi untuk menjelaskan wangsit ataupun gagasan dengan metode perbandingan pada sebuah Objek tertentu dengan Objek lainnya.


6. Teks Eksposisi Pertentangan


Pada bentuk Teks ini merupakan Suatu jenis Paragraf Eksposisi yang berfungsi untuk menjelaskan wangsit ataupun gagasan yang bertentangan dengan sebuah Objek tertentu dalam topik pembahasan.


 


Demikianlah klarifikasi Materi mengenai perihal Teks Eksposisi beserta Pengertian, Struktur-Struktur, Ciri-Ciri, Jenis Bentuk dan Contoh Kalimatnya.


Semoga sanggup bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berkhasiat untuk kita semua.


 


Advertisement

Iklan Sidebar