Berikut ini ialah berkas mengenai Pemaparan ihwal Sistem Penjaminan Mutu Internal berkaitan dengan Kurikulum 2013 yang mengedepankan Pendidikan Karakter dan menumbuhkan Literasi anak didik di Sekolah. Download file format .pptx Microsoft PowerPoint.
Integrasi Kurikulum 2013, Penguatan Pendidikan Karakter, dan Literasi |
Integrasi Kurikulum 2013, Penguatan Pendidikan Karakter, dan Literasi
Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas paparan mengenai Integrasi Kurikulum 2013, Penguatan Pendidikan Karakter, dan Literasi:
Indikator K13
Komponen Lulusan
- Kompetensi Pengetahuan
- Kompetensi Keterampilan
Proses Pembelajaran
- Permasalahan sikap
- Kekerasan
- Keterampilan
- Sumber Informasi
- Teknologi
- Aktivitas siswa dikala Pembelajaran
- Metode
- Media
- Sumber
- Aktivitas guru menutup pembelajaran
- Teknik Penilaian keterampilan
- Tindak Lanjut Hasil Penilaian
- Aktivitas
- Prestasi
- Karakteristik Kompetensi Sikap
- Lingkup Pengembangan
- Aktivitas Guru membuka Pembelajaran
- Kegiatan Guru pada dikala Pembelajaran
- Aspek dan perangkat penilaian otentik
- Pemanfaatn hasil penilaian otentik
- Teknik Penilaian sikap
- Teknik Penilaian pengetahuan
Manajemen Sekolah
- Muatan Lokal
- Perangkat Kurikulum
- Unsur Pemangku Kepentingan
- Komponen KTSP
- Ekstrakurikuler
- Komponen Silabus
- Bentuk RPP
- Waktu Pemeriksaan
- Komponen RPP
- Tahapan RPP
- Pola Penyusunan RPP
- Pihak yang mengawasi
- Bentuk dokumen pengawasan
- Periode pengawasan
- Tindak lanjut hasil pengawasan
- Langkah Penilaian proses dan hasil belajar
- Cakupan teknik penilaian
- Pertimbangan penentuan KKM
- Waktu penyampaian laporan hasil evaluasi
- Waktu penyampaian laporan hasil ujian
- Waktu penyampaian rekapitulasi laporan hasil ujian
- Pihak yang terlibat perencanaan
- Pihak yang disosialisasikan
- Periode penilaian dokumen perencanaan
- Dasar perumusan dan penetapan arah dan kebijakan sekolah
- Cakupan dalam planning kerja tahunan sekolah
- Pedoman di sekolah
- Waktu penilaian pedoman sekolah
Indikator Literasi
KELOMPOK INDIKATOR: KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR:
- Siswa gemar membaca dan mengakses banyak sekali sumber bacaan
- Siswa bisa membaca cepat dan menciptakan intisari dari bacaan
- Siswa gemar menulis catatan harian, catatan pelajaran, artikel, puisi, buku, dan lainnya
- Siswa menciptakan karya tulis dengan deskripsi yang berkesinambungan dan gampang dipahami
- Siswa rajin mengunjungi perpustakaan, area baca sekolah dan pojok baca kelas
- Siswa memberikan ilham dan pendapat secara santun dan gampang dipahami
- Siswa berprestasi dalam banyak sekali keterampilan yang ditunjukkan melalui kegiatan debat, menyanyi, olahraga dan lainnya
- Siswa mempunyai keterampilan berpikir dan bertindak produktif
KELOMPOK INDIKATOR: PROSES PEMBELAJARAN
INDIKATOR:
- Siswa melaksanakan banyak sekali acara literasi multimoda dalam kegiatan pembelajaran
- Siswa melaksanakan kegiatan pengubahan moda dan meghasilkan teks multimoda
- Guru, Kepala Sekolah, dan Tenaga Kependidikan menjadi contoh membaca (mengajak dan ikut membaca, sekurang-kurangnya dikala kegiatan 15 menit membaca sebelum kegiatan pembelajaran)
- Guru memakai banyak sekali sumber belajar
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
- Guru mendorong siswa untuk memakai pengetahuan dan pengalaman sebelumnya untuk memahami topik pembelajaran
- Guru mengaitkan kompetensi yang sudah dipelajari dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan
- Guru mendorong siswa untuk melaksanakan prediksi ihwal topik pembelajaran
- Guru melaksanakan banyak sekali acara literasi multimoda dalam kegiatan pembelajaran
- Guru mendiskusikan kata sulit, kata baru, dan kata kunci untuk mengungkap makna
- Guru memakai banyak sekali pengatur grafis dalam pembelajaran
- Guru memakai bermacam-macam metode pembelajaran
- Guru memakai bermacam-macam media pembelajaran
- Guru melaksanakan banyak sekali acara menutup pembelajaran
- Guru bersama siswa melaksanakan refleksi atau penilaian terhadap proses berpikir, proses pembelajaran dan hasil berguru siswa
- Penggunaan banyak sekali variasi metode pembelajaran dengan fokus menguatkan 5 nilai utama PPK oleh guru
KELOMPOK INDIKATOR: MANAJEMEN SEKOLAH
INDIKATOR:
- Sekolah mempunyai pojok baca kelas dan area baca
- Sekolah mempunyai tim yang menggerakkan literasi (merupakan bab dari TPMPS)
- Sekolah memberi penghargaan atas upaya atau hasil kegiatan berliterasi
- Sekolah menyediakan banyak sekali kegiatan ekstrakurikuler
Indikator PPK
Komponen Lulusan:
Komite sekolah sebagai tubuh bersama-sama dan partisipasi masyarakat berperan aktif dalam mendukung jadwal PPK
Proses Pembelajaran
- Penggunaan banyak sekali variasi metode pembelajaran dengan fokus menguatkan 5 nilai utama PPK oleh guru
- Pengembangan budaya berguru yang menumbuhkan keterampilan masa 21 (berpikir kritis, kreatif, komunikasi dan kolaborasi)
- Pembiasaan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) setiap hari
- Pemanfaatan TIK dan lingkungan sekitar sebagai sumber-sumber berguru oleh guru
- Setiap Guru memahami dan aktif membantu setiap penerima didik untuk mengaktualisasikan talenta dan potensi yang dimiliki
Manajemen Sekolah
- Pengembangan Jejaring Tri Pusat Pendidikan (Sekolah, Keluarga, Masyarakat)
- Pengembangan tugas guru sebagai tutor, fasilitator, katalisator, pelindung dan penghubung sumber-sumber belajar
- Pembiasaan nilai-nilai utama PPK dalam keseharian secara rutin (Upacara, kegiatan literasi, menyanyikan lagu Kebangsaan, Lagu Nasional/Daerah, berdoa bersama, dsb)
- Pengembangan Branding sekolah (citra keunikan, kekhasan dan keunggulan)
- Pilihan ekstrakurikuler yang bermacam-macam untuk menumbuhkan nilai-nilai utama PPK
- Pengembangan norma, peraturan, dan tradisi sekolah yang kondusif dan menyenangkan
- Pengembangan potensi penerima didik melalui keteladanan Kepala Sekolah, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan sepanjang waktu dalam kehidupan sehari-hari
- Pembentukan Tim Pelaksana PPK di sekolah oleh Kepala Sekolah
- Pemanfaatan papan sekolah aman, poster, spanduk, website, buletin, mading yang mengkampanyekan adaptasi PPK
- Sinkronisasi dan adaptasi baik dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler dan nonkurikuler
- Pengembangan jadwal PPK secara serasi dan seimbang antara olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga
- Pengembangan kerjasama dengan keluarga (orang tua) dalam mendukung PPK
- Pengembangan kerjasama masyarakat (alumni, tokoh komunitas, pelaku seni dan budaya, praktisi, akademisi, DUDI, media, forum pemerintahan) dalam mendukung PPK
Download Berkas Paparan Integrasi Kurikulum 2013, Penguatan Pendidikan Karakter, dan Literasi
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas mengenai Integrasi Kurikulum 2013, Penguatan Pendidikan Karakter, dan Literasi ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:Integrasi Kurikulum 2013, Penguatan Pendidikan Karakter, dan Literasi
Download File:
Download Integrasi Kurikulum 2013, Penguatan Pendidikan Karakter, dan Literasi.pptx
Sumber: https://www.kemdikbud.go.id
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file mengenai Integrasi Kurikulum 2013, Penguatan Pendidikan Karakter, dan Literasi. Semoga bisa bermanfaat.
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file mengenai Integrasi Kurikulum 2013, Penguatan Pendidikan Karakter, dan Literasi. Semoga bisa bermanfaat.
Advertisement