Info Populer 2022

Pp Nomor 45 Tahun 2019 Ihwal Perubahan Atas Pp Nomor 94 Tahun 2010 Ihwal Penghitungan Penghasilan Kena Pajak Dan Pelunasan Pajak Penghasilan Dalam Tahun Berjalan

Pp Nomor 45 Tahun 2019 Ihwal Perubahan Atas Pp Nomor 94 Tahun 2010 Ihwal Penghitungan Penghasilan Kena Pajak Dan Pelunasan Pajak Penghasilan Dalam Tahun Berjalan
Pp Nomor 45 Tahun 2019 Ihwal Perubahan Atas Pp Nomor 94 Tahun 2010 Ihwal Penghitungan Penghasilan Kena Pajak Dan Pelunasan Pajak Penghasilan Dalam Tahun Berjalan
Berikut ini ialah berkas Buku Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran). Download file format PDF.

 Berikut ini ialah berkas Buku Pedoman Program PKP  Buku Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran)
Buku Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran)

Buku Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran)

Berikut ini kutipan teks/keterangan mengenai berkas Buku Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran):

Buku Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) ini diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan dalam hal ini penerima didik. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pembelajaran berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Guru ialah pendidik profesional dengan kiprah utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi penerima didik. Guru profesional memegang peranan yang sangat penting dalam memilih prestasi penerima didik. Penelitian mengatakan bahwa 30% prestasi penerima didik ditentukan oleh faktor guru. Dalam upaya menjaga keprofesionalannya, guru senantiasa harus meng-update diri dengan melaksanakan banyak sekali pengembangan keprofesian berkelanjutan. Selama ini aktivitas pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dikembangkan oleh Ditjen GTK didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, lebih memfokuskan pada peningkatan kompetensi guru terutama dalam kompetensi pedagogi dan profesional, adapun Program PKP Berbasis Zonasi ini lebih memfokuskan pada upaya memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Terkait dengan itulah, memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi, pedoman ini dikembangkan.

Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran, disingkat dengan Program PKP, merupakan aktivitas yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pelatihan guru dalam merencanakan, melaksanakan, hingga dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Program ini merupakan bab dari aktivitas Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang diamanatkan oleh Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2005 ihwal Guru dan Dosen serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 ihwal Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) ialah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan keprofesiannya. Pada Program PKB terdahulu yang dikembangkan oleh Ditjen GTK sebelumnya, yang didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, berfokus pada peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional. Sedangkan Program PKP lebih berfokus pada upaya mencerdaskan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran selanjutnya disingkat dengan Program PKP, merupakan aktivitas yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pelatihan guru dalam merencanakan, melaksanakan, hingga dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Program ini merupakan salah satu pendukung aktivitas Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang lebih berfokus pada upaya memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Dengan mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi, maka aktivitas ini dilakukan dengan berbasis zonasi, selanjutnya disebut dengan Program PKP Berbasis Zonasi.

Manfaat Program PKP Berbasis Zonasi ialah sebagai berikut: a. Membiasakan siswa untuk berpikir tingkat tinggi sehingga sanggup meningkatkan kompetensinya; b. Membiasakan guru untuk menciptakan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga penilaiannya; c. Memberikan teladan kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik; d. Memberikan teladan kepada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial.

    Download Buku Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Download File:
    Download Buku Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Berbasis Zonasi 
    Download Buku Juknis Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Berbasis Zonasi
    Download Buku Pegangan Narasumber Instruktur Guru Inti PKP (Program Peningkatan Pembelajaran) Berbasis Zonasi
    Download Buku Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) PKP (Program Peningkatan Pembelajaran) Berbasis Zonasi


    Demikian yang sanggup kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran). Semoga sanggup bermanfaat.
    Advertisement

    Iklan Sidebar