Info Populer 2022

10 Fungsi Tulang Pengumpil Pada Badan Manusia

10 Fungsi Tulang Pengumpil Pada Badan Manusia
10 Fungsi Tulang Pengumpil Pada Badan Manusia

 Rumus.co.id – Sebelumnya kita sudah membahas mengenai fungsi tulang hasta dan tulang atas. Pada kali ini kita akan membahas mengenai fungsi tulang pengumpil pada badan manusia. Simak klarifikasi berikut ini.


Gerak merupakan acara menusia sehari-hari. Alat gerak insan paling utama yaitu tangan dan kaki sebagai aktivitas. Oleh alasannya yaitu itu, tangan dan kaki merupakan bab terpenting pada bab badan manusia. Kita akan membahas mengenai tulang yang ada di tangan. Pada tangan ada beberapa tulang contohnya tulang hasta, tulang atas, tulang pergelagan tangan dan tulang pengumpil. berikut ini kita akan membahas tulang pengumpil.


Pengertian Tulang Pengumpil


Tulang pengumpil yaitu sebuah tulang batang dan dua ujung yang ukurannya lebih pendek dari pada tulang ulna yang terletak di sisi lateral lengan bawah. Tulang pengumpil di sebut juga radius. Radius merupakan tulang yang menyususn bab lengan bawah Bersama tulang hasta.


Didalam tulang pengumpil terdapat sum sum tulang. Tulang hasta dan tulang pengumpil merupakan bentuk tulang pipa, Panjang dan bab ujungnya besar dan ada rongganya. Pada bab ujung tulang pengumpil menempel pada sebuah otot yang berfungsi menggerakkan lengan bawah.


Tulang pengumpil terletak sejajar dengan tulang hasta. Tetapi tulang pengumpil dibagian bawah satu garis dengan kelingking. Kelingking satu garis pas dengan tulang pengumpil. otot yang menempel pada tulang penumpil akan menggerakan tulang lengan bab bawah dan mengontrol pergerakan pada siku. Tulang hasta dan tulang pengumpil menempel pada tulang atas dengan sindu siku.


 Sebelumnya kita sudah membahas mengenai  10 Fungsi Tulang Pengumpil Pada Tubuh Manusia


Fungsi Tulang Pengumpil


Berikut ini yaitu fungsi tulang pengumpil antara lain:



  1. Tempat menempelnya otot lengan

  2. Sejajar dengan tulang hasta

  3. Penguat lengan bawah

  4. Mengatur pergerakan tangan bab bawah

  5. Berperan menggerakkan jari

  6. Pengontrol pergerakkan siku

  7. Penghubung jari dengan tulang lengan atas

  8. Penyususun lengan bab bawah

  9. Terletak sum sum tulang

  10. Sebagai rujukan penguat lengan


Bagian-bagian Tulang Pengumpil


Tulang yaitu jaringan ikat yang terdiri dari sel , serat dan matriks eltraseluler. Matriks tulang tersebut merupakan bab terkeras yang letaknya berada dilapisan terluang tulang, dan matriks tersebut terjadi alasannya yaitu adanya pengendapan mineral dalam tulang, sehingga tulang pun mengalami kalsifikasi sehingga terbentuklah matriks tulang tersebut.


Cara kerja tulang pengumpil dikala saraf sentra menghantarkan rangsangan yang biasa disebut dengan potensial aksi. Potensial agresi ini akan dihantarkan menuju sel saraf motorik kemudian sel saraf motorik mengeluarkan unsur kimia yang berjulukan asetilkolin, sesudah itu berikatan dengan reseptor melalui permukaan otot, hal ini menghasilkan reaksi di setiap kerja otot.


Otot-otot yang menempel pada tulang pengumpil:



  • Otot biceps brachii

  • Otot supinator

  • Otot flexor digitorum superficialis

  • Otot flexor pollicis longus

  • Otot pronator teres

  • Otot pronator quadratus

  • Otot brachioradialis

  • Otot abductor pollicis longus

  • Otot extensor pollicis brevis


Pada belum dewasa umur empat tahun, pertumbuhan tulang dimulai dari tengah kepala tulang. Pada umur sepuluh tahun, terjadi pertumbuhan di olecranon. Pada umur enambelas tahun, bab superior tulang sudah benar-benar bersendi dengan humerus, dan pada bab bawah terjadi pada usia kira-kira duapuluh tahun.


Baca Juga:



3 Fungsi Utama Tulang Pergelangan Tangan


8 Fungsi Tulang Atas Pada Tubuh Manusia


10 Fungsi Tulang Hasta Pada Tubuh Manusia



Demikian Pembahasan yang menarik mengenai fungsi tulang pengumpil badan manusia. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan serta info anda. Semoga artikel ini sanggup membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.


Advertisement

Iklan Sidebar