Info Populer 2022

11 Fungsi Lambung Pada Badan Manusia

11 Fungsi Lambung Pada Badan Manusia
11 Fungsi Lambung Pada Badan Manusia

Rumus.co.id – sebelumnya kita sudah membahas mengenai fungsi tulang hasta dan tulang atas. Pada kali ini kita akan membahas mengenai fungsi lambungpada badan manusia. Simak klarifikasi berikut ini


Pengertian Lambung


Lambung yaitu potongan dari proses pencernaan masakan yang berfungsi sebagai menyimpan, memecah, membersihkan makanan. Lambung terletak di potongan atas sebelah kiri perut.


Setelah masakan masuk kedalam verbal dan melalui kerongkongan maka selanjutnya akan di proses di dalam lambung. Lambung mempunyai kiprah penting pada pencernaan manusia. Makanan yang masuk kedalam lambung akan mengalami proses kimiawi. Lambung sanggup mencerna protein, vitamin, enzim-enzim lainnya.


Lambung insan tempat penyimpanan, memecah dan membersihkan masakan yang tertelan yang sebelum nya memasuki usus untuk pencernaan dan penyerapan. Fungsi lain dari lambung termasuk menyerap beberapa ion, air, dan beberapa senyawa larut lemak, menyerupai alkohol, aspirin, dan kafein.


 sebelumnya kita sudah membahas mengenai  11 Fungsi Lambung Pada Tubuh Manusia


Lambung sanggup menuntaskan tugasnya sekitar satu atau dua jam sebelum masuk kedalam usus untuk proses selanjutnya. lambung melepaskan zat yang disebut asam lambung, yang merupakan adonan dari lendir, asam klorida dan enzim. Zat ini mem-bu-nuh banyak basil dalam masakan dan membantu memecah banyak sekali komponen dalam makanan.


Lambung identik dengan asam lambung yang melilit pada lambung. Penyakit ini merupakan penyakit sederhana tetapi sanggup berakibat fatal. Alat pencernaan ini terbuat dari zat protein, sehingga bila tidak dilakukan sumbangan maka getah lambung akan berkembang dan memecah perut. Didalam lambung mempunyai lapidan tebal berlendir dengan enzim inhibitor dan bikarbonat untuk memecah asam lambung.


Fungsi Lambung


Berikut ini yaitu fungsi lambung pada badan insan khususnya proses pencernaan:



  1. Membantu proses pencernaan masakan tahap dua sehabis dari mulut.

  2. Mengubah protein menjadi pepton

  3. Lambung juga mencerna lemak yang masuk kedalam badan melalui makanan

  4. Membekukan susu dan mengeluarkan kasein

  5. Makanan yang masuk kedalam lambung akan dicampurkan dengan HCl.

  6. Mengubah masakan menjadi bentuk bubur agar gampang di cerna

  7. Menyimpan masakan sementara

  8. Memecah molekul-molekul makanan

  9. Menciptakan adonan semicair disebut chyme

  10. Perut sanggup memproduksi dan mengeluarkan sekitar 2 hingga 3 liter asam lambung per hari, terutama lambung.

  11. Asam lambung (HCl) didalam lambung berfungsi untuk membunuh basil dan kuman yang terdapat dalam masakan yang ada di lambung.


Bagian-bagian Lambung


Didalam lambung ada beberapa potongan lambung. Berikut ini yaitu bagian-bagian lambung antara lain:



  1. Kardia yaitu pintu masuk masakan yang berasal dari kerongkongan. Kardia terletak di lambung potongan atas.

  2. Fundus yaitu tempat lambung potongan tengah yang berbentuk bulat. Fundus merupakan tempat di mana gas-gas terakumulasi. Di dalam fundus pula masakan yang tidak dicerna disimpan selama kurang lebih satu jam.

  3. Pilorus yaitu tempat lambung yang berada di potongan bawah. Bagian ini merupakan tempat yang bekerjasama pribadi dengan usus dua belas jari. Di potongan pilorus inilah proses pencernaan secara kimia terjadi.


Gangguan yang sering terjadi pada lambung yaitu maag. Maag ini disebabkan lantaran lapisan dinding pada lambung rusak atau tipis. Sehingga asam HCL kandungannya berlebih menjadikan maag. Rasa maag sangat perih pada lambung dan melilit.


Baca Juga:



7 Fungsi Usus Besar Pada Tubuh Manusia


9 Fungsi Usus Halus Pada Tubuh Manusia



Demikian Pembahasan yang menarik mengenai fungsi lambung pada badan manusia. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan serta isu anda. Semoga artikel ini sanggup membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.


Advertisement

Iklan Sidebar