Info Populer 2022

Cara Menghitung Rumus Volume Balok + Pola Soal

Cara Menghitung Rumus Volume Balok + Pola Soal
Cara Menghitung Rumus Volume Balok + Pola Soal

Rumus.co.id – Pada pertemuan kali ini akan dibahas perihal rumus volume balok beserta rujukan soal volume balok disertai pembahasan soalnya. Balok sendiri merupakan salah satu jenis bangun ruang dari yang pada kesempatan sebelumnya juga telah dibahas macam – macam dari bangkit ruang diantaranya yaitu balok.


Pengertian Balok


Pengertian dari balok sendiri yaitu bangkit ruang 3 dimensi yang dibuat oleh tiga buah pasang persegi dan persegi panjang dengan pasang diantaranya saling berbeda satu sama lain dan mempunyai 6 sisi , 12 buah rusuk dan 8 buah titik sudut kemudian permukaan nya masing – masing berbentuk bujur sangkar. Sedangkan untuk Balok yang dibuat oleh enam buah persegi sama dan sebangun disebut juga sebagai kubus. Baca juga rumus volume kubus


Lalu sebuah balok niscaya mempunyai 12 rusuk dan masing – masing dari rusuk sanggup di anggap sebagai rusuk panjang , rusuk lebar , dan rusuk tinggi tergantung pada sudut pandang pengamat nya. Dan ada juga 4 rusuk yang sama panjang yang di sebut rusuk tinggi. Nah kalau semua 12 rusuk pada balok mempunyai panjang yang sama , maka balok itu di sebut kubus. Dan kubus yaitu kotak yang istimewa  karna semua rusuk nya sama panjang dan semua bidang nya berbentuk bujursangkar.


Sedangkan rumus balok sendiri memiki 3 macam dalam rumus matematika antara lain rumus luas permukaan balok , rumus balok , dan rumus panjang diagonal balok. Nah ketiga rumus bangkit ruang balok ini sangat penting untuk kalian semua pelajari dan di ingat karna banyak soal – soal menghitung luas , volume , dan balok


Lalu bagaimakah cara untuk mencari rumus volume sebuah balok ? Sabar ya kita akan membahas nya di ini cara nya gampang kok , silahkan saja kalian semua sanggup melihat nya di bawah ini :


Rumus Volume Balok


Volume = panjang x lebar x tinggi


Dan kalau di lihat dengan rujukan bangkit gambar balok sendiri ibarat ini rumus volume balok adalah




Lalu rumus ini seringkali di tulis kan secara lebih di singkat sebagai V = P x L x T. Tapi perlu di perhatikan juga bahwa dalam menghitung volume sebuah balok memakai rumus di atas , dimensi panjang , lebar , dan tingginya harus dalam satuan yang sama. Lalu pengertian dari satuan volume yaitu satuan panjang kubik contohnya milimeter kubik ( mm3 ) , centimeter kubik ( cm3 ) , dan lainnya juga.


Contoh Soal Volume Balok



  1. Bangun ruang sebuah balok telah di ketahui luas nya yaitu 128 cm2. Lalu hitunglah volume balok itu kalau tinggi nya yaitu 4 cm ?


V = luas ganjal x tinggi = 128 x 4 = 512 cm3


Jadi, volume dari balok tersebut yaitu 512 cm3



  1. Di ketahui ada sebuah balok mempunyai panjang 9 cm , lebar 7 cm , dan tinggi nya 3 cm , maka carilah berapa volume dari balok tersebut ?


V = p . l . t = 9 cm . 7 cm . 3 cm = 189 cm3


Jadi, volume dari balok tersebut yaitu 189 cm3



  1. Doni mempunyai sebuah rumah yang di dalam nya mempunyai sebuah bak renang, bak yang mula – mula berisi air sebanyak 300 liter. Lalu doni menguras air dari dalam bak tersebut hingga volume air tersisa 1/3 dari sebelum nya. Maka carilah berapa kedalaman air yang tersisa di dalam bak kalau luas ganjal bak tersebut sepanjang 2 m2 ?


Di ketahui :


Volume air mula – mula = 300 liter


Sisa air sehabis di kuras = 1/3.300 = 100 liter kemudian di jadikan m = 0,1 m3


Luas ganjal bak 2 m2


Volume = luas ganjal . tinggi


0,1 m3 = 2 m2 . tinggi


Tinggi = 0,1 m3 : 2 m2 = 0,05 m = 5 cm


Jadi, kedalaman air bak tersebut kini yaitu sedalam 5 cm


Nah itulah tadi klarifikasi singkat perihal tentang bahan rumus cara menghitung volume balok dengan cepat dan gampang beserta rujukan soal dari volume balok. Saran dari kami kerjakan lah kembali rujukan – rujukan soal yang lain biar cepat hafal, semoga bermanfaat …


Advertisement

Iklan Sidebar