Info Populer 2022

Contoh Karangan Argumentasi Beserta Ciri, Jenis Dan Cara Membuat

Contoh Karangan Argumentasi Beserta Ciri, Jenis Dan Cara Membuat
Contoh Karangan Argumentasi Beserta Ciri, Jenis Dan Cara Membuat

Karangan Argumentasi – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), argumentasi mempunyai arti alasan yang digunakan untuk memperkuat ataupun memperlemah pada suatu gagasan / pendapat. Berikut yaitu pola karangan argumentasi dengan tema lingkungan lengkap dengan pengertian dan ciri-ciri karangan argumentasi. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini


 argumentasi mempunyai arti alasan yang digunakan untuk memperkuat ataupun memperlemah pada s Contoh Karangan Argumentasi Beserta Ciri, Jenis dan Cara Membuat
Contoh karangan argumentasi


Pengertian Karanga Argumentasi


Karangan argumentasi yaitu karangan yang mempunyai isi pendapat perihal suatu topik yang ingin disampaikan pada pembaca.


Pendapat yang dituliskan sanggup berupa alasan, pola atau bukti yang nyata. Karangan ini bertujuan mensugesti pembaca biar mempunyai pandangan atau aliran yang sama dengan pandangan penulis.


Ciri Ciri Karangan Argumentasi


Bagaimana cara membedakan karangan argumentasi dengan jenis karangan lainnya? Berikut yaitu ciri ciri karangan argumentasi:



  • Kalimat yang meyakinkan pembaca perihal suatu pendapat penulis

  • Pendapat / gagasan penulis dilengkapi data, fakta, grafik, gambar, atau tabel

  • Tidak memuat subjektivitas si penulis

  • Tidak memuat kalimat mengandung emosi penulis

  • Memuat logika serta penalaran

  • Terdiri dari 3 cuilan utama yaitu pendahuluan, badan argumen (berisi argumen penulis), dan kesimpulan.


Jenis Karangan Argumentasi


Berdasarkan cara pengembangannya, karangan argumentasi dibedakan menjadi dua yaitu karangan argumentasi sebab-akibat dan karangan argumentasi akibat-sebab.


Karangan Argumentasi Sebab-Akibat, karangan argumentasi lantaran jawaban mempunyai isi paragraf yang diawali dengan beberapa pendapat merupakan sebab. Selanjutnya, menurut pendapat itu kemudian dikerucutkan menjadi sebuah kesimpulan. Kesimpulan ini yaitu dampak atau jawaban dari lantaran yang dipaparkan sebelumnya.


Karangan Argumentasi Akibat-Sebab, jenis karangan ini yaitu kebalikan dengan karangan argumentasi sebab-akibat. Karangan ini mempunyai isi paragraf yang diawali dengan pendapat yang berupa akibat. Lalu kemudian pada cuilan simpulan dijabarkan penyebab yang mengakibatkan jawaban tersebut.


Langkah Penulisan Karangan Argumentasi


Berikut yaitu beberapa langkah-langkah yang sanggup digunakan dalam menyusun karangan argumentasi:


1. Menentukan Tema dan Topik


Tema dan topik merupakan hal terpenting dalam setiap karangan, apapun jenis karangannya. Begitu juga ketika menyusun karangan argumentasi. Penentuan tema dan topik karangan menjadi hal pertama yang dilakukan. Tema dan topik akan menjadi langkah awal dalam menyusun argumen-argumen yang digunakan untuk mensugesti pembaca.


2. Menyusun Kerangka Karangan


Kerangka karangan dibentuk dengan cara memperhatikan jenis karangan argumentasi yang akan dibuat. Misalnya untuk karangan argumentasi lantaran akibat, maka kerangka karangan ini mempunyai isi kumpulan lantaran dan jawaban (sebab – jawaban ke1 – jawaban ke2 – … – jawaban ke-n)


3. Mengembangkan Kerangka Karangan


Pengembangan kerangka karangan argumentasi tak jauh berbeda denga jenis karangan yang lainnya. Pengembangan karangan ini dilakukan dengan menyusun suatu karangan hingga menjadi karangan utuh. Untuk menciptakan antar paragraf saling berkaitan, maka pemakaian konjungsi dibutuhkan, oleh lantaran itu, dengan demikian, jadi, oleh lantaran itu. Hal yang tak kalah penting pada proses pengembangan kerangka yaitu mengumpulkan warta yang berupa fakta. Informasi ini digunakan untuk mendukung setiap pernyataan penulis biar pembaca merasa yakin.


4. Menyunting Karangan


Langkah simpulan penulisan sebuah karangan yaitu penyuntingan. Penyuntingan ini b erfungsi untuk menghindari kesalahan penulisan karangan. Tahap penyuntingan dilakukan dengan cara membaca kembali hasil tulisan, yang pengerjaannya sanggup dilakukan oleh penulis itu sendiri atau oleh orang lain.


Contoh Karangan Argumentasi


Kerusakan Lingkungan


Kerusakan lingkungan sudah terjadi di mana-mana, hampir seluruh wilayah di dunia ini seperti, hutan, lautan, sungai dan danau telah kehilangan kelestariannya. Hal ini disebabkan karna tindakan insan yang tak bertanggung jawab dengan seenaknya saja mengambil manfaat tanpa merawat dan juga mempedulikan lingkungannya. Mereka tak peduli lagi dengan yang terjadi pada lingkungannya, Walaupun mereka mengetahui dampak jelek yang sanggup ditimbulkan oleh perbuatan mereka, mereka seperti menutup mata dengan apa yang terjadi ketika ini.


Keegoisan insan serakah itu sudah mengakibatkan alam murka kepada kita. Alam kini sudah tidak lagi sayang dengan kita lantaran banyaknya bencana-bencana yang mereka datangkan untuk kita. Kita sanggup melihat sungai mulai membanjiri insan dan menenggelamkan semua harta benda mereka. Banjir yang terjadi bukanlah salah sungai itu sendiri, melainkan insan yang hidup di sekitaran sungailah yang mengakibatkan itu terjadi. Mereka membuang sampah sembarangan sehingga sampah menumpuk di sungai dan menyebabakan terjadinya pendangkalan sungai. Tak hanya itu, mereka juga banyak mendirikan bangunan di sekitaran sungai yang seharusnya menjadi daerah resapan air. Dangkalnya sungai dan juga hilangnya resapan air yang mengakibatkan adanya banjir.


Tidak hanya terjadi pada sungai, kerusakan juga terjadi di hutan. Banyak insan yang menebang pohon demi kepentingan pribadinya. Mereka dengan membabi buta merubuhkan pohon-pohon yang ada tanpa memikirkan ancaman yang sanggup disebabkan oleh perbuatan tersebut. Akibatnya longsor terjadi dengan membawa ribuan kubik tanah yang mengubur rumah mereka. Hal ini terjadi lantaran tanah sudah kehilangan daya penahan air, air yang tiba ketika hujan eksklusif turun ke bawah dengan membawa tanah yang ikut bersamanya.


Tidakkah bencana-bencana yang terjadi tersebut belum juga menyadari kita semua bahwa alam sudah bukan lagi menjadi sobat bagi manusia. Mereka telah rusak jawaban dari perbuatan kita sendiri. Oleh lantaran itu, mulai dari kini marilah kita bersahabt kembali dengan alam dan menjaga kelestarian mereka.


Contoh Karangan Argumentasi 2


Lumpur Lapindo Keteledoran ataukah Bencana Alam?


Semburan lumpur panas yang terjadi di Kecamatan Sidorajo, Porong menjadi salah satu musibah yang sangat mengerikan bagi masyarakat sekitarnya. Semburan lumpur ini terjadi pada 27 Mei 2006 dan sudah menenggelamkan ribuan rumah penduduk, serta tempat persawahan. Penduduk disekitar terpaksa merelakan rumahnya dan mengungsi ke tempat yang lebih aman.


Sembilan tahun berlalu semburan lumpur terjadi, namun masyarakat korban lumpur lapindo belum mendapat ganti rugi yang sesuai. Puluhan keluarga masih mendiami tempat pengungsian dan belum sanggup dikatakan layak.


Semburan lumpur panas terjadi bukanlah merupakan peristiwa alam. Namun lebih pada kelalaian manusia. Kelalaian terjadi jawaban perusahaan Lapindo mengalami kesalahan mekanisme ketika melaksanakan pengeboran minyak bumi. Akibatnya sumur minyak terus menerus mengeluarakan lumpur panas dari dalam perut bumi.


Tidak hanya itu, Perusahaan Lapindo juga tak mematuhi peraturan dasar pengeboran minyak bumi. Mereka memasang alat casing di sumur minyak dikedalaman 9.997 kaki yang seharusnya dipasang pada kedalaman 8.000 kaki hingga terjadilah peluapan lumpur panas yang tidak sanggup dibendung lagi.


Itulah mengapa peristiwa lumpur yang terjadi di Sidoarjo bukanlah suatu musibah yang terjadi melainkan sebuah keteledoran yang dilakuakan oleh insan dalam menjalankan prosedur.


Demikianlah pembahasa mengenai karangan argumentasi, Semoga bermafaat


Artikel Lainya :



Advertisement

Iklan Sidebar