Info Populer 2022

Contoh Recount Text

Contoh Recount Text
Contoh Recount Text

Contoh Recount Text – Merupakan salah satu jenis bahan dalam bahasa inggris yang biasanya menceritakan perihal makalah pengalaman – pengalaman acara dimasa lampau dengan maksud ingin menghibur si pembaca.





Ada beberapa macam jenis text yaitu: recount text, descriptive text, narative text dan expotion text. Yang semua mempunyai tujuan dan orientasinya masing-masing.





Pada kesempatan kali ini kita akan mengupas tuntas bahan perihal recount text dari mulai pengertian, macam – macamnya, struktur hingga ke contohnya lengkap.





Selamat membaca …





  Merupakan salah satu jenis bahan dalam bahasa inggris yang biasanya menceritakan tentan Contoh Recount Text




A. Pengertian Recount Text





Recount text ialah sebuah karya goresan pena yang menceritakan perihal sebuah kisah – kisah yang sudah terjadi dimasa lampau baik itu perihal kisah pengalaman pribadi, pengalaman kelompok, ataupun perihal event – event tertentu yang ditulis ke dalam bentuk Bahasa Inggris.





Didalam bahasa Indonesia atau dalam jenis konteks goresan pena berbahasa Indonesia, jenis recount textnya hampir setara dengan catatan langsung contohnya menyerupai buku deary, catatan harian atau catatan observasi yang dipakai sebagai pengingat.





B. Ciri – Ciri Recount Text





Ciri – ciri merupakan salah satu cara untuk mengetahui suatu jenis text, untuk itu kita harus mengetahui ciri – ciri tersebut dan memahaminya. Ada 4 ciri – ciri dari recount text ini, yakni antara lain:





  1. Menggunakan kalimat past tense untuk menyatakan kejadian bentuk lampau alasannya dalam recount text ini menceritakan perihal suatu kejadian yang telah terjadi.
  2. Menggunakan conjunction dan juga time connectives seperti before, after, then, whendan juga first untuk merangkai satu kejadian serta kejadian lainnya yang saling berhubungan.
  3. Menggunakan kata action verbs seperti visit, walk, eat dan juga go.
  4. Menggunakan adverbs and adverbial phrase, contohnya seperti: yesterday, quickly, there, dan lain – lain.




Artikel Terkait : Simple Present Tense





C. Jenis – Jenis Recount Text





Hampir sama dengan ciri – cirinya, macam – macam recount text ini secara umum dibagi menjadi 4 macam, diantaranya yaitu:





  • Personal Recount Text




Personal recount text adalah jenis recount text yang menceritakan perihal sebuah pengalaman langsung dari penulis, contohnya menyerupai pengalaman liburan, pengalaman di sekolah atau juga bahkan pengalaman yang tak terlupakan yang menciptakan kita selalu mengingat – ingat kejadian tersebut.





  • Imaginative Recount Text




Imaginative recount text ialah jenis recount text yang menceritakan perihal sebuah imajinasi dari penulis mengenai suatu hal serta dituliskan dalam bentuk past tense yaitu dongeng bentuk lampau atau dongeng yang sudah usang terjadi.





  • Factual Recount Text




Factual recount text adalah jenis recount text yang membahas mengenai suatu hal yang betul – betul terjadi yakni sebuah fakta di masa lalu.





  • Historical Recount Text




Historical recount text adalah jenis recount text yang membahas perihal sejarah, baik itu daerah – daerah bersejarah ataupun benda – benda bersejarah.





D. Struktur Recount Text





Jika kita ingin menciptakan sebuah karya menyerupai recount text, baik itu recount text pribadi, kelompok maupun perihal even – even tertentu baik dalam bahasa inggris ataupun bahasa Indonesia, maka kita harus memperhatikan beberapa struktur yang ada dalam penyusunan recount text ini.





Struktur – struktur tersebut dibagi menjadi 3, yaitu :





1. Orientation (Pembuka)





Orientation berisi awalan cerita. Pada belahan ini biasanya menjelaskan perihal latar sebuah dongeng seperti: daerah dan waktu kejadiannya.





2. Event (Isi)





Event atau isi yaitu berisi inti dongeng dari recount text. Pada belahan ini menjelaskan kejadian secara berurutan dari kejadian A hingga ke kejadian B.





3. Reorientation (Kesimpulan atau Penutup Teks)





Reorientation atau kesimpulan merupakan belahan simpulan dari recount text yang berisikan perihal pengulangan dan epilog jalannya sebuah cerita.





Baca Juga : Regular Verb List





E. Contoh Recount Text





Setelah kita lewati beberapa pengertian, ciri-ciri, macam-macam dan strukturnya. Saatnya kini kita menuju ke teladan recount textnya untuk menyempurnakan pengulasan kita pada hari ini.





Berikut contoh recount text singkat perihal liburan yang kita sajikan dalam bentuk bahasa Indonesia :




Berlibur Bersama Keluarga Di Goa Pandan

1. Orientasi (Pembuka)


Sebulan yang kemudian kami sekeluarga berangkat mengunjungi orang bau tanah kami yang ada di Purwosari – Lampung Timur.


Kami pergi dari Bandar Lampung dengan memakai bus Rajawali tujuan Rajabasa – Way Jepara serta berhenti di Desa Sidorejo. Sebab tidak ada kendaraan umum lagi yang menuju kearah desa kami Purwosari, sehingga kami melanjutkan perjalanan kami dengan menaiki ojek.


Kami semua sangat bahagia dan bersemangat alasannya telah sangat lami sekali kami tidak berkunjung ke Purwosari daerah tinggal kakek dan nenek. Kami tinggal di sana selama lima hari dan kami sudah menyusun rencana untuk bepergian ke beberapa daerah wisata yang ada di sana menyerupai daerah wisata Goa Pandan, Taman Purbakala, Museum Purbakala, dan masih banyak lagi.


2. Event (Isi)


Hal yang paling menarik dari liburan kami yaitu pada ketika hari kedua kami berangkat berlibur ke goa Pandan.


Pandan ialah semua nama yang diberikan oleh penduduk desa setempat alasannya didepan pintu goa Pandan terdapat pohon Pandan yang sudah usang dan besar.


Kami berangkat kesana bersama dengan seluruh anggota keluarga. Nenekku yang sudah berumur 50 tahun terlihat sangat bersemangat untuk menelusuri ke dalam goa Pandan tersebut.


Kami menemukan berbagai kelelawar didalam go tersebut. Untuk menjelajah ke dalam goa Pandan, kami memerlukan lampu penerangan serta kami pun menyewanya dan menyewa seorang pemandu demi keselamatan kami semua.


Setelah 5 jam menjelajahi goa Pandan, kami sangat capek dan pada jadinya keluar dari goa Pandan itu. Sesampainya di luar, kami mencari warung makan loka serta menikmati makan siang yang sangat yummy khas makanan pedesaan.


3. Reorientasi (Kesimpulan)


Liburan tersebut ialah liburan kami sekeluarga yang terasa sangat menyenangkan yang sudah kami alami bersama – sama keluarga.





Demikianlah pembahasan mengenai teladan recount text. Semoga sanggup menunjukkan mafaat …


Advertisement

Iklan Sidebar