Info Populer 2022

Dioda – Pengertian, Fungsi, Simbol, Cara Kerja, Jenis, Karakteristik

Dioda – Pengertian, Fungsi, Simbol, Cara Kerja, Jenis, Karakteristik
Dioda – Pengertian, Fungsi, Simbol, Cara Kerja, Jenis, Karakteristik

Rumus.co.id – Sebelumnya kita sudah membahas mengenai dioda Zener dan medan magnet. Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dioda, fungsi, cara kerja, simbol, jenis, dan karakteristik. Simak penjelsan dioda yakni berikut ini.


Pengertian Dioda


Pengertian dioda (diode) yakni komponen elektronik aktif yang terbuat dari materi semikonduktor dan mempunyai fungsi untuk menghantarkan arus listrik ke satu arah tetapi menghambat arus listrik dari arah sebaliknya.


Dalam ilmu fisika dioda dipakai untuk penyeimbang arah rangkaian elektronika. Elektronika mempunyai dua terminal yaitu anoda berarti faktual dan katoda berarti negatif. Prinsip kerja dari anode menurut teknologi pertemuan faktual dan negative semikonduktor. Sehingga anode sanggup menghantarkan arus litrik dari anoda menuju katoda, tetapi tika sebaliknya katoda ke anoda.


Banyak macam dan bentuk diode yang ada di pasaran tetapi yang paling sering kita jumpai yakni diode yang berbentuk silinder warna hitam terdapat gelang perak di salah satu sisinya. Karena cara penggunaan diode ini sangat gampang dan sederhana di bandingkan dengan tipe yang lain.


 Sebelumnya kita sudah membahas mengenai  Dioda – Pengertian, Fungsi, Simbol, Cara Kerja, Jenis, Karakteristik


Fungsi Dioda


Berikut ini yakni fungsi dari dioda antara lain:



  • Untuk alat sensor panas, contohnya dalam amplifier.

  • Sebagai sekering(saklar) atau pengaman.

  • Untuk rangkaian clamper sanggup memperlihatkan pelengkap partikel DC untuk sinyal AC.

  • Untuk menstabilkan tegangan pada voltage regulator

  • Untuk penyearah

  • Untuk indikator

  • Untuk alat meniru tegangan.

  • Untuk alat sensor cahaya, biasanya memakai dioda photo.


Simbol Dioda


Perhatikan gambar Dioda berikut ini:


 Sebelumnya kita sudah membahas mengenai  Dioda – Pengertian, Fungsi, Simbol, Cara Kerja, Jenis, Karakteristik


Gambar di atas merupakan bentuk sederhana dari dioda. Ada simbol + berarti anutan yang faktual disebut anoda sedangkan simbol – berarti negatif disebut katoda.


Jenis Dioda


 Sebelumnya kita sudah membahas mengenai  Dioda – Pengertian, Fungsi, Simbol, Cara Kerja, Jenis, Karakteristik


Berikut ini yakni jenis diode diantaranya:



  1. Dioda LED yang berfungsi sebagai lampu Indikator ataupun lampu penerangan

  2. Dioda Penyearah (Dioda Biasa atau Dioda Bridge) yang berfungsi sebagai penyearah arus AC ke arus DC.

  3. Dioda Schottky yang berfungsi sebagai Pengendali

  4. Dioda Zener yang berfungsi sebagai pengaman rangkaian dan juga sebagai penstabil tegangan.

  5. Dioda Photo yang berfungsi sebagai sensor cahaya


Cara Kerja Dioda


Dioda semikonduktor hanya sanggup melewati satu arus yang searah, pada dikala dioda memperoleh arus akan maju satu arah (forward Bias). Karena di dalam dioda ada junction yaitu pertemuan konduktor antara tipe p dan tipe n. kondisi ini sanggup dikatakan bahwa konduksi penghantar masih tergolong kecil. Sedangkan jikalau dioda diberi satu arah/bias mundur (Reverse bias) maka dioda tidak bekerja dan pada kondisi ini dioda mempunyai tahanan dalam yang tinggi sehingga arus sulit mengalir.


Apabila dioda silicon dialiri arus AC, maka yang mangalir hanya satu arah saja sehingga arus output dioda berupa arus DC. Dari kondisi tersebut maka dioda hanya dipakai pada beberapa pemakaian saja antara lain sebagai Penyearah setengah gelombang (Half Wave Rectifier), penyearah gelombang penuh (Full Wave Rectifier) dll.


Karakteristik Dioda


Ada dua karakteristik diode yaitu dioda di bias maju dan diode di bias mundur berikut yakni penjelasannya:


1.      Dioda di Bias Maju


Karakteristik dioda yang pertama yakni di bias secara maju. Dioda di bias maju untuk memperlihatkan tegangan luar menuju terminal dioda. Jika anoda(+) terhubung dengan kutup faktual pada batere serta katoda(-) terhubung dengan kutub negatif pada batere maka akan mengakibatkan bias maju atau forward bias.


2.      Dioda di Bias Mundur


Karakteristik dioda yang ke dua yakni di bias secara mundur. Anoda(+) dihubungkan dengan kutup negatif dan katoda(-) dihubungan dengan kutup positifsehingga jumlah arus yang mengalir pada rangkaian bias mundur akan lebih kecil. Pada bias mundur dioda, terdapat arus maju yang dihubungkan dengan batere yang mempunyai tegangan tidak terlalu besar dan signifikan alasannya yakni tidak mengalami peningkatan. Ketika terjadi proses reserve, dioda tidak sanggup menghantarkan listrik alasannya yakni nilai hambatannya besar. Dioda ini juga dianjurkan untuk tidak mempunyai besar tegangan dan arus yang melebihi batas.


Demikian klarifikasi mengenai diode mulai dari pengertian, fungsi, simbol, cara kerja, jenis, dan karakteristik. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan serta gosip anda. Semoga artikel ini sanggup membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.


Baca Juga:



Advertisement

Iklan Sidebar