Info Populer 2022

Fungsi Bunga Pada Tumbuhan

Fungsi Bunga Pada Tumbuhan
Fungsi Bunga Pada Tumbuhan

Fungsi Bunga Pada Tumbuhan – Bunga merupakan salah satu bab pokok yang dimiliki oleh suatu tumbuhan, Seperti hal nya bab pokok tumbuhan yang lainnya, menyerupai Daun, Batang, dan Akar, yang berperan penting untuk perkembangan dan kelangsungan hidup suatu tumbuhan itu sendiri.


Bunga merupakan salah satu bab pokok yang dimiliki oleh suatu tumbuhan Fungsi Bunga Pada Tumbuhan


Tanpa adanya bab pokok atau organ pokok ini, tumbuhan tersebut akan mengalami kelayuan atau kematian, Oleh alasannya itu pada kesempatan kali ini, kita akan mencar ilmu bantu-membantu mengenai perihal Bunga dan struktur-struktur yang terkait didalam pembentukannya.


Pengertian Bunga


Secara Etimologis (Bahasa) istilah Bunga berasal dari Bahasa Latin, adalah Flos merupakan hasil adonan (Modifikasi) yang terbentuk dari sebuah Tunas (Batang dan Daun), dengan mempunyai warna, dan banyak sekali macam bentuk yang sesuai dari kebutuhan pada suatu Tumbuhan itu sendiri.


Bunga juga merupakan suatu Alat Reproduksi Seksual yang dimiliki sebuah Tumbuhan Berbiji Tertutup (Klasifikasi Magnoliophyta atau Angiospermae), adalah Adanya Putik dan Benang Sari.


Struktur Dan Fungsi Bunga


Pada umumnya Bunga  mempunyai bagian-bagian struktur dengan fungsi yang berbeda-beda untuk perkembangan atau pertumbuhannya, adalah sebagai berikut :


Bunga merupakan salah satu bab pokok yang dimiliki oleh suatu tumbuhan Fungsi Bunga Pada Tumbuhan


1. Benang Sari


Berfungsi sebagai Alat Reproduksi Jantan, berupa Tangkai Sari yang terdiri dari empat kotak sari (Mikrosporangia).


2. Tangkai Bunga


Berfungsi sebagai daerah penyanggah dan penghubung antara Tangkai Bunga dengan Ranting Tumbuhan.


3. Dasar Bunga


Berfungsi sebagai daerah peletakan dan bertumpunya Mahkota Bunga dan bagian-bagian Bunga lainnya.


4. Kelopak Bunga


berfungsi sebagai pelindung Mahkota Bunga saat masih berupa kuncup dan terbuka apabila Mahkota telah mekar.


5. Mahkota Bunga


Berfungsi sebagai Proses Penyerbukan yang dilakukan dengan dibantunya hewan-hewan serangga tertentu, untuk perkembangan dari Bunga itu sendiri.


6. Daun Pelindung


berfungsi sebagai daerah cikal bakal Bunga yang akan mengalami pertumbuhan.


7. Kepala Putik (Stigma)


Berfungsi sebagai daerah masuk dan menempelnya Polen yang terdapat pada Kepala Sari, yang selanjutnya akan ditransfer ke bab Inti Telur Tabung, Serbuk Sari (Ovarium).


8. Tangkai Putik (Stilus)


Berfungsi sebagai daerah penyanggah Kepala Putik semoga tetap berada diposisinya sesuai dengan yang telah ditentukan.


9. Bakal Buah (Ovarium)


Berfungsi sebagai daerah terjadinya proses pembuahan, alasannya terjadinya proses peleburan yang dilakukan antara Gamet Jantan dengan Gamet Betina.


10. Bakal Biji (Ovulum)


Berfungsi sebagai daerah terjadinya proses pembentukan Biji Matang, dan berperan aktif dalam pelestarian untuk generasi beikutnya.


Kelompok Bunga


Berdasarkan kriteria Bunga dikelompokkan menjadi 4 macam bentuk, adalah Kelompok Bunga menurut kelengkapan alat perkembangbiakannya dan Kelompok Bunga menurut kelengkapan bagian-bagiannya, adalah sebagai berikut ini :


1. Kelompok Bunga Berdasarkan Kelengkapan Alat Perkembangbiakan


Pada jenis kelompok Bunga ini, terbagi menjadi 2 macam bentuk, adalah Bunga Sempurna dan Bunga Tidak Sempurna, sebagai berikut :


A. Bunga Sempurna


Jenis Bunga yang mempunyai dua Alat Kelamin berfungsi untuk perkembangbiakkannya, yang tersusun dari Putik dan Benang Sari dalam satu Bunga.


Contoh Tumbuhan : Bunga Tulip, Bunga Sepatu, dan lain-lainnya.


B. Bunga Tidak Sempurna


Jenis Bunga yang mempunyai satu Alat Kelamin berfungsi untuk perkembangbiaknnya, yang tersusun hanya Kepala Putik atau Benang sari saja.


Contoh Tumbuhan : Bunga Salak, Bunga Pepaya, dan lain-lainnya.


2. Kelompok Bunga Berdasarkan Kelengkapan Bagian


Pada jenis kelompok Bunga ini, terbagi menjadi 2 macam bentuk, adalah Bunga Lengkap dan Bunga Tidak Lengkap, sebagai berikut :


A. Bunga Lengkap


Jenis Bunga yang mempunyai bagian-bagian yang lengkap didalam pembentukannya, adalah berupa adanya Kelopak Bunga, Mahkota Bunga, Putik Bunga, dan Benang Sari.


Contoh Tumbuhan : Bunga Mawar, Bunga Melati, Bunga Anggrek dan lain-lainnya.


B. Bunga Tidak Lengkap


Jenis Bunga yang mempunyai bagian-bagian yang tidak lengkap antara salah satunya, baik berupa Kelopak Bunga, Mahkota Bunga, Putik Bunga atau Benang Sari.


Contoh Tumbuhan : Bunga Kamboja, Bunga Kelapa, dan lain-lainnya.


Artikel Terkait Lainnya :


Nama Latin Tumbuhan dan Gambar Lengkap


Bunga Matahari


Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan (tabel & penjelasan)


Nama Dan Bahasa Latin Bunga


Setelah kita mempelajari perihal struktur-struktur yang terdapat pada Bunga dengan fungsinya yang berbeda-beda, sebagai berikut :


1. Bunga Allamanda


Bunga merupakan salah satu bab pokok yang dimiliki oleh suatu tumbuhan Fungsi Bunga Pada Tumbuhan


Bunga Allamanda mempunyai nama Bahasa Latin, yaitu Allamnda Cathartica. Merupakan khas Bunga dari Negara Brazil yang sering disebut sebagai Bunga Terompet Emas atau Bunga Lonceng Emas.


2. Bunga Anggrek


Bunga merupakan salah satu bab pokok yang dimiliki oleh suatu tumbuhan Fungsi Bunga Pada Tumbuhan


Bunga Anggrek mempunyai nama Bahasa Latin, adalah OrchidaceaeMerupakan khas Bunga dari Negara Argentina yang beriklim Tropika yang basah.


3. Bunga Mawar


Bunga merupakan salah satu bab pokok yang dimiliki oleh suatu tumbuhan Fungsi Bunga Pada Tumbuhan


Bunga Mawar mempunyai nama Bahasa Latin, adalah Rosa Spdan mempunyai beberapa macam Bunga Mawar lainnya, adalah Mawar Musk, Mawar Kubis, Mawar Hitam, Mawar Eden, Mawar Sunprite, Mawar Double Delight, dan lain-lainnya. Berasal dari Dataran China, Timur Tengah, dan Eropa Timur yang beriklim Tropis ataupun Sub Tropis.


4. Bunga Azalea


Bunga merupakan salah satu bab pokok yang dimiliki oleh suatu tumbuhan Fungsi Bunga Pada Tumbuhan


Bunga Azalea mempunyai nama Bahasa Latin, yaitu Ericaceae Rhododendron. merupakan Tanaman Semak Berbunga, dan Tanaman khas dari Negara Amerika Serikat yang mempunyai Iklim Subtropis.


5. Bunga Melati


Bunga merupakan salah satu bab pokok yang dimiliki oleh suatu tumbuhan Fungsi Bunga Pada Tumbuhan


Bunga Melati mempunyai nama Bahasa Latin, yaitu Jasminum Sambac. merupakan Tanaman Semak Berbunga, dan Tanaman khas orisinil dari Negara Indonesia yang mempunyai Iklim Tropis.


Demikianlah klarifikasi mengenai perihal Fungsi Bunga Pada Tumbuhan beserta dengan Pengertian, Struktur-Struktur, Fungsi, Kelompok dan Contohnya.


Semoga sanggup bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berkhasiat untuk kita semua.


 


Advertisement

Iklan Sidebar