Info Populer 2022

Gelombang Elektromagnektik – Makalah, Rumus, Spektrum, Teladan Soal

Gelombang Elektromagnektik – Makalah, Rumus, Spektrum, Teladan Soal
Gelombang Elektromagnektik – Makalah, Rumus, Spektrum, Teladan Soal

Rumus.co.id – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas perihal pengertian, makalah, materi, rumus, sifat, spektrum, manfaat, dan pola soal gelombang elektromagnetik secara lengkap dan detail, untuk lebih jelasnya silahkan simak klarifikasi berikut ini :


Pengertian


Gelombang elektromagnetik ialah sebuah  gelombang yang memancar  tetapi tanpa mengunakan media rambat yang membawa muatan energi listrik dan muatan magnet (elektromagnetik). Gelombang elektromagnetik Tidak ibarat gelombang pada umumnya yang membutuhkan media sebagai media rambat, gelombang elektromagnetik juga tidak memerlukan media rambat (sama ibarat radiasi). Oleh alasannya itu gelombang ini  tidak memerlukan media perambatan, selain itu gelombang elektromagnetik juga sering  disebut sebagai radiasi eletromagnetik.


Rumus


Berikut ini merupakan Persamaan Kecepatan dari Gelombang Elektromagnetik


 Pada kesempatan kali ini kami akan membahas perihal pengertian Gelombang Elektromagnektik – Makalah, Rumus, Spektrum, Contoh Soal

Dari rumus diatas sanggup kita ketahui bahwa ternyata kecepatan perambatan gelombang elektromagnetik tersebut  bergantung pada permitivitas listrik dan permeabilitas magnetik mediumnya.oleh lantaran itu, secara umum persamaan dari kecepatan perambatan gelombang elektromagnetik untuk banyak sekali mediumnya yaitu:


 Pada kesempatan kali ini kami akan membahas perihal pengertian Gelombang Elektromagnektik – Makalah, Rumus, Spektrum, Contoh Soal


Sifat


Bentuk dari gelombang elektromagnetik ini juga hampir sama dengan bentuk dari gelombang transversal pada umumnya, tetapi pada gelombang ini juga terdapat muatan energi listrik dan magnetik dimana pada medan listrik (E) selalu tegak lurus terhadap medan magnet (B) dan keduanya sama sama menuju ke arah gelombang ibarat yang sanggup dilihat pada gambar berikut ini.


 Pada kesempatan kali ini kami akan membahas perihal pengertian Gelombang Elektromagnektik – Makalah, Rumus, Spektrum, Contoh Soal
sifat gelombang elektromagnetik


Dari gambar diatas sanggup kita simpulkan, bahwa sifat dari  gelombang elektromagnetik yakni sebagai berikut:



  • Tidak memerlukan media rambat

  • Gelombang elektromagnetik Termasuk gelombang transversal dan mempunyai sifat yang sama ibarat gelombang transversal

  • Gelombang elektromagnetik Tidak membawa massa, namun  membawa energi

  • Pada Enegi yang dibawa sebanding dengan besar frekuensi gelombang

  • Medan listrik (E) pada gelombang elektromagnetik selalu tegak lurus terhadap medan magnet (B) dan sefase

  • Gelombang elektromagnetik Memiliki momentum

  • Gelombang eektromagnetik Dibagi menjadi beberapa jenis tergantung frekuensinya (atau panjang gelombangnya)


Spektrum


Spektrum gelombang elektromagnetik dimulai dengan urutan dari panjang gelombang terbesar atau frekuensi terkecil hingga ke panjang gelombang terkecil atau frekuensi terbesar ibarat berikut ini:


 Pada kesempatan kali ini kami akan membahas perihal pengertian Gelombang Elektromagnektik – Makalah, Rumus, Spektrum, Contoh Soal
spektrum gelombang elektromagnetik



  1. Gelombang radio:gelombang radio sanggup dimanfaatkan untuk mentransmisikan sinyal pada jarak yang sangat jauh. contohnya gelombang radio digunakan oleh stasiun TV dan radio untuk mentransmisikan sinyal komunikasi, selain itu digunakan oleh radar dan untuk pencitraan satelit ke bumi dalam pembuatan peta 3 dimensi.

  2. Gelombang mikro: dimanfaatkan dikala gelombang mikro diserap oleh sebuah benda, maka akan muncul efek pemanasan pada benda tersebut. Misalnya gelombang mikro digunakan dalam microwave(oven) dan pada pesawat radar.

  3. Sinar inframerah:bentuk dari sinar inframerah tidak sanggup terlihat namun sanggup terdeteksi diatas spektrum cahaya merah yang digunakan untuk memindahkan energi yang tidak terlalu besar. Misalnya pada remotedalam mentramsisian data dalam bentuk energi.

  4. Cahaya tampak: juga mempunyai spektrum elektromagentik yang sanggup dideteksi oleh mata manusia. Misalnya penggunaan laser dalam serat optik pada bidang kedokteran dan telekomunikasi.

  5. Sinar ultraviolet: sumber utama yang sanggup memancarkan sinar ultraviolet yakni matahari.

  6. Sinar X:dapat digunakan dalam bidang kedokteran untuk melihat organ dalam badan ibarat tulang.

  7. Sinar gamma: pada sinar ini mempunyai frekuensi paling tinggi dan daya tembus paling besar. Salah satu pola dari penggunaan sinar gamma yaitu untuk mensterilkan peralatan medis.


Manfaat


Perbedaanyang ada pada panjang gelombang banyak sekali jenis gelombang elektromagnetik sangat penting. Seperti yang sudah  kita ketahui, sikap gelombang ini juga sangat bergantung pada ukuran relative dari panjang gelombang.


Oleh lantaran itu, perbedaan dari panjang gelombang yang mengakibatkan perbedaan sikap tiap jenis gelombang, gelombang elektromagnetik sanggup dimanfaatkan secara luas dan  dengan tujuan pemanfaatan yang berbeda-beda tergantung pada jenis gelombangnya. Selain itu juga, panjang gelombang dan frekuensinya  juga penting untuk memilih jenis interaksi antara gelombang elektromagnetik dengan materi.


Berikut ini beberapa manfaat dari banyak sekali jenis gelombang elektromagnetik yaitu :



  • Sinar X mempunyai panjang gelombang yang sangat pendek dan frekuensi nya yang tinggi, selain itu sinar x juga sanggup dengan gampang menembus banyak materi yang tak tertembus oleh gelombang cahaya dengan frekuensi yang lebih rendah yang diserap oleh materi tersebut.

    Sinar X  juga biasa digunakan dalam dunia  dokter untuk melihat organ dalam badan ibarat tulang untuk mendiagnosa pasien. Berkat pinjaman dari sinar X inilah ,para  dokter tidak perlu melihat organ dalam badan pasien tanpa perlu melaksanakan pembedahan.

    Selain itu, sinar X juga biasa digunakan di Bandara penerbangan untuk melihat isi tas/koper  dari penumpang pesawat terbang  tanpa harus membukanya sehingga proses antrian sanggup berlangsung lebih cepat.

  • Pada Gelombang mikro mempunyai panjang gelombang yang berorde beberapa centimeter dan frekuensi yang mendekati frekuensi resonansi alami  yang ada pada molekul air dalam zat padat dan cairan. Dengan begitu,gelombang mikro sanggup dengan gampang diserap oleh molekul air dalam makanan, yang merupakan prosedur dari  pemanasan dalam pemanggang gelombang mikro, contohnya yakni panggangan microwave.

  • Sinar inframerah bentuknya tidak sanggup dilihat namun sanggup dideteksi diatas spektrum cahaya merah yang biasanya digunakan untuk memindahkan satu bentuk enegi yang tidak terlalu besar.selain itu, Sinar inframerah juga digunakan pada konsol gim atau banyak sekali jenis remote sehingga pengguna tidak memerlukan media kabel lagi untuk mentransmisikan data dalam bentuk energi.

  • Gelombang radio mempunyai rentang ukurannya cukup besar. Gelombang radio dimanfaatkan untuk  mentransmisikan sinyal untuk jarak yang sangat jauh yang tidak sanggup dicapai oleh gelombang inframerah tersebut, akan tetapi besar energi yang ditransmisikan tidak sebesar yang sanggup ditransmisikan oleh gelombang inframerahnya. Gelombang radio biasa digunakan oleh stasiun TV, Radio, dan lainnya untuk mentransmisikan sinyal komunikasi tersebut. Selain itu juga gelombang radio digunakan oleh radar untuk memberitahu posisi  dari benda-benda di atas permukaan bumi.


Contoh Soal



  1. Tentukanlah Gelombang manakah yang mempunyai energi lebih besar, sinar gamma atau sinar X?

  2. Pada Jenis gelombang apakah yang mempunyai panjang gelombang dengan orde beberapa meter?

  3. Pada Gelombang elektromagnetik apakah yang mempunyai periode 10-16 sekon?


Pembahasan:



  1. Perbedaannya:Sinar gamma mempunyai frekuensi hingga 1022, sedangkan sinar X mempunyai frekuensi 1020. Karena lebih besar energi yang dibawa sebanding dengan besar frekuensi suatu gelombang (E = hf), maka sinar gamma mempunyai energi yang lebih besar dibandingkan sinar X. Olehkarena itulah sinar gamma sangat berbahaya bagi makhluk hidup lantaran sanggup merusak objek yang dilaluinya.

  2. Jenis dari gelombang yang mempunyai panjang gelombang dalam orde beberapa meter ialah gelombang TV dan gelombang radio FM. Kedua gelombang ini juga termasuk sebagai gelombang radio pendek.

    T = 10-16 sekon

  3. Gelombang elektromagnetik yang mempunyai frekuensi 1016 Hz ialah cahaya ultraviolet. Cahaya ultraviolet sangat berbahaya bagi makhluk hidup, khususnya bagi insan dan sanggup dianggap sebagai penyebab utama terjadinya kanker kulit.


Itulah pembahasan perihal gelombang elektromagnetik, agar bermanfaat…


Artikel Terkait :



Advertisement

Iklan Sidebar