Info Populer 2022

Jaringan Epitel – Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Dan Fungsi

Jaringan Epitel – Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Dan Fungsi
Jaringan Epitel – Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Dan Fungsi

Rumus.co.id – Pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai jaringan tumbuhan. Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian jaringan epitel, ciri-ciri Jaringan epitel, jenis jaringan epitel dan fungsi jaringan epitel. Simak klarifikasi berikut ini.


Pengertian Jaringan Epitel


Pengertian jaringan epitel jaringan yang melapisi  atau menutup permukaan tubuh, baik permukaan luar maupun permukaan dalam. Jaringan  epitel yang melapisi permukaan luar badan disebut epitelium. Adapun jaringan yang terdapat di permukaan dalam badan disebut  jaringan endothelium.


Jaringan epitel yakni jaringan yang terdiri dari banyak sel, tersusun banyak sejenis dan tidak mempunyai ruang antarsel. Fungsi utama jaringan epitel yakni melindungi jaringan di bawahnya. Letak jaringan epitel terdapat di sepanjang sistem pencernaan yang membantu dalam penyerapan nutrisi yang diperlukan badan dari proses pencernaan.


 Pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai Jaringan Epitel – Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, dan Fungsi


Ciri-Ciri Jaringan Epitel


Berikut ini yakni beberapa ciri-ciri jaringan epitel antara lain:



  • Tidak terdapat material di antara sel-sel penyusunnya

  • Epitel berbentuk pipih, batang atau kubus

  • Bentuk sel bervariasi bergantung pada fungsi dan letaknya

  • Ada didalam seluruh tubuh

  • Sebagai epilog dan kelenjar

  • tersusun sel dan molekul ekstraseluler yang berbentuk matriks yang mempunyai kegunaan untuk mengikat jaringan dengan bab bawahnya

  • Ada beberapa jenis epitel yang menawarkan spesialisasi yaitu berupa tonjolan jaringan untuk memperluas permukaan, memindahkan partikel absurd atau untuk pergerakan

  • Mempunyai sebuah permukaan yang tidak berafiliasi dengan jaringan lain, sedangkan pada permukaan lainnya berafiliasi dengan membrane bawahnya.


Jenis Jaringan Epitel


Berikut ini yakni beberapa jenis jaringan epitel antara lain:


 Pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai Jaringan Epitel – Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, dan Fungsi


1.      Epitel Pipih Selapis


Jaringan epitel pipih selapis berfungsi dalam proses difusi CO2 ataupun O2 dan filtrasi darah. Letak jaringan ini di paru-paru dan ginjal sanggup di temukan pembuluh limfe, perikardium, alveolus, kapsul glomerulus dan endotel.


2.      Epitel Kubus Selapis


Jaringan kubus selapis yakni sel penyusunnya terdiri atas sel yang berbentuk mirip kubus. Jaringan ini yang berfungsi sebagai alat sekresi pada ginjal dan sebagai pelindung. Jaringan ini berada di ovarium, kanal nefron pada ginjal, retina mata dan kelenjar tiroid.


3.      Epitel Selapis Silindris


Jaringan epitel selapis silindris berfungsi sebagai sekresi, absorpsi, membersihkan dan memindahkan benda absurd yang masuk dalam tubuh. Jaringan ini berada di lambung, kelenjar sistem pencernaan, rahim, kantong empedu dan kanal pernafasan bab atas.


4.      Epitel Batang Silia


Jaringan epitel batang silia yakni jaringan yang menghasilkan lendir pada hidung dan bertugas sebagai filter terhadap patogen yang masuk sehingga sanggup dikeluarkan lagi. Jaringan ini terletak pada rongga hidung dan kanal pernafasan.


5.      Epitel Pipih Berlapis


Jaringan epitel pipih berlapis tersusun dari beberapa sel pipih dan berlapis lapis sel yang sangat banyak dan rapat. Berfungsi sebagai perlindungan badan atau mencegah terjadinya gesekan. Jaringan ini teletak di esofagus, vagina dan epidermis.


6.      Epitel Kubus Berlapis


Jaringan epitel kubus berlapis yakni jaringan yang tersusun beberapa sel berbentuk kubus yang berlapis lapis. Jaringan ini berfungsi untuk membantu proses sekresi. Jaringan ini berada pada kanal kelenjar minyak, ovarium, testis dan kelenjar keringat.


7.      Epitel Silindris Berlapis


Jaringan epitel silindris berlapis yakni jaringan berfungsi sebagai daerah berlangsungnya absorpsi, ekskresi, sebagai pelindung terhadap gerak zat dan sebagai kanal ekskresi kelenjar susu. Jaringan ini berada di permukaan laring, faring, kelenjar susu dan kelenjar ludah.


8.      Epitel Transisional


Jaringan epitel transisional terususun atas sel dengan bentuk yang tidak beraturan dan juga sanggup mengembang ataupun berubah bentuknya. Jaringan ini berfungsi mengubah bentuk dalam kondisi tertentu. Epitel transisional terletak pada ginjal, kandung kemih dan uretra.


9.      Epitel Kelenjar


Jaringan epitel kelenjar yakni jaringan yang berfungsi dalam sekresi zat yang sanggup membantuk proses biologis makhluk hidup. Kelenjar ini terbagi menjadi 2 yaitu kelenjar endokrin dan kelenjar eksokrin. Terletak pada pankreas, feromon, pengecap dan kulit.


Fungsi Jaringan  Epitel


Berikut ini yakni beberapa fungsi jaringan epitel antara lain:



  • Melindungi jaringan di bawahnya dari jaringan mekanik, materi kimia lainnya

  • Sebagai alat ekskresi

  • Mengurangi ukiran antara darah dan dinding pembuluh darah.

  • Sebagai alat absorpsi

  • Sebagai alat sekresi

  • Sebagai alat penyaring atau filtrasi

  • Sebagai alat difusi

  • Penerima impuls sel epitel khusus ditembus dari rangsangan sensorik dimana sel epitel terdapat ujung saraf sensorik yang berada pada telinga, kulit, lidah, dan hidung.


Baca Juga:



Jaringan Tumbuhan – Pengertian, Struktur, Gambar, dan Contoh


Pengertian dan 7 Fungsi Akar Pada Tumbuhan



Demikian klarifikasi mengenaipengertian jaringan epitel, ciri-ciri Jaringan epitel, jenis jaringan epitel dan fungsi jaringan epitel.. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan serta gosip anda. Semoga artikel ini sanggup membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.


 


Advertisement

Iklan Sidebar