Info Populer 2022

Kalimat Efektif

Kalimat Efektif
Kalimat Efektif

Kalimat Efektif – Pada pembahasan bahan kali ini yakni ihwal pengertian, contoh, syarat dan ciri-ciri kalimat efektif, silahkan kalian simak klarifikasi singkat dibawah ini!


Pada pembahasan bahan kali ini yakni ihwal pengertian Kalimat Efektif
Kalimat Efektif

Menulis merupakan sebuah kegiatan yang cukup positif dan banyak sekali manfaatnya. Selain meningkatkan kecerdasan pada otak kita, menulis juga merupakan cara untuk menuangkan pikiran, gagasan, dan sebuah karya yang dimiliki.


Dalam hal ini seorang penulis yang memiliki pengetahuan ihwal kaidah penulisan yang benar. Salah satunya niscaya mengetahui ihwal kalimat efektif.


Jika kalian sudah mengetahui secara terang bagaimana penulisan kalimat efektif, maka goresan pena yang kalian hasilkan tidak akan berbelit-belit atau membingungkan para pembacanya. Oleh alasannya yakni itu, untuk lebih terang bagaimana kaidah penulisan kalimat efektif berikut ini klarifikasi lengkapnya sebagai berikut:


Pengertian Kalimat Efektif


Kalimat efektif yakni sebuah kalimat yang tersusun menurut oleh kaidah-kaidah yang berlaku, menyerupai unsur-unsur penting yang harus dimiliki pada setiap kalimat (subjek dan predikat); melihat ejaan yang disempurnakan; dan cara menentukan kata (diksi) yang tepat pada kalimat tersebut. Kalimat yang memenuhi kaidah-kaidah tersebut niscaya akan lebih gampang dipahami oleh pembaca dan pendengar.


Menurut Jusuf Sjarif badudu atau yang lebih dikenal sebagai JS.Badudu,


Pengertian kalimat efektif yakni kalimat yang baik alasannya yakni apa yang dipikirkan atau dirasakan oleh si pembaca (si penulis pada bahasa tulis) sanggup diterima dan dipahami oleh si pendengar (pembaca padabahasa tulis) sama benar dengan apa yang telah dipikirkan atau dirasakan oleh si penulis.


Berikutnya ada juga beberapa pengertian lainnya,


Jenis kalimat yang sanggup menunjukkan imbas tertentu pada sebuah komunikasi. Efek yang dimaksud yaitu kejelasan informasi. Kalimat efektif tidak menggunakan kata-kata berlebihan, namun tidak juga kekurangan kata.


Syarat Kalimat Efektif


Pada dasarnya terdapat empat syarat utama pada kalimat efektif atau tidak efektif, sebagai berikut :


1. Sesuai EYD

Pada kalimat ini harus menggunakan ejaan atau tanda baca yang tepat. Kata baku juga harus menjadi perhatian supaya tidak hingga kata yang kalian tuliskan ternyata tidak tepat ejaannya.


2. Sistematis

Kalimat yang paling sederhana yakni yang memiliki susunan subjek dan predikat, kemudian ditambahkan dengan objek, pemanis dan keterangan. kemudian mengefektifkan sebuah kalimat, maka coba buat kalimat yang urutannya tidak memusingkan. Jika memang tidak ada penegasan pada kalimat, subjek dan predikat diharuskan selalu berada pada awal kalimat.


3. Tidak Boros dan Bertele-tele

Jangan hingga kalimat yang di tulis terlalu banyak menggunakan kata-kata kata atau sanggup terlihat bertele-tele. Lihatlah susunan kalimat yang kalian tulis itu niscaya dan ringkas supaya si pembaca lebih gampang memahami gagasan yang kalian tuangkan.


4. Tidak Ambigu

Syarat terakhir pada kalimat efektif, yang menjadi sangat penting sekali untuk menghindari pembaca dari multiftafsir. Dengan menggunakan susunan kata yang ringkas, sistemastis, dan sesuai kaidah-kaidah kebahasaan; pembaca tidak kesulitan menanggap kalimat yang kalian tulis sehingga tidak ada kesan ambigu.


Ciri Ciri Kalimat Efektif


Didalam kalimat efektif terdapat beberapa ciri – ciri khusus yang harus kalian ketahui, perhatikan ciri-cirinya dibawah ini :


1. Kalimat yang menggunakan diksi dan pemilihan kata yang tepat.

2. Memiliki unsur pokok yang harus di muat pada kalimat, minimal harus mengandung subjek dan predikat.

3. Harus taat dengan kaidah penulisan kalimat yang tercantum didalam EYD yang berlaku.

4. Menekankan pandangan gres pokok pada kalimat.

5. Kalimat yang mengacu kepada penghematan penggunaan kata.

6. Menggunakan kesejajaran bentuk bahasa pada kalimat yang dipakai.

7. Kalimat ini juga memiliki variasi struktur kalimat.

8. Mempunyai kesetaraan antara struktur bahasa dan jalan pikiran yang logis dan sistematis.

9. Harus mewujudkan koherensi yang baik dan kompak.

10. Memperhatikan paralisme pada kalimat yang di tulis.

11. Merupakan sebuah komunikasi yang berharkat

12. Diwarnai kehematan kata.

13. Harus menurut pada pilihan kata yang baik.


Contoh Kalimat Efektif dan Tidak Efektif




























































No.Kalimat EfektifKalimat Tidak Efektif
1Novan membeli jeruk untuk kakaknyaNovan membelikan jeruk kakaknya
2Setiap kali mereka jalan, mereka saling berpegang tanganSetiap kali jalan mereka saling berpegang tangan
3Septia sedang membereskan perabotan rumahIa sedang membereskan perabot – perabot rumah
4Para perempuan harus  berhati – hati jikalau pulang malamPara perempuan harus hati – hati pulang malam
5Seluruh karyawan dikenakan peraturan yang samaBaik karyawan usang atau karyawan gres dikenakan peraturan yang sama
6Karena harga BBM terus naik, rakyat menjadi sengsaraKarena BBM terus naik maka rakyat menjadi sengsara
7Pekerjaan ini akan menunjukkan banyak manfaat untuk masyarakatDengan pekerjaan ini akan menunjukkan banyak manfaat bagi masyarakat
8Tugas penelitian yakni menganalisis dan menyajikan hasil analisisAdalah merupakan kiprah peneliti untuk menganalisis dan menyajikan hasil analisis
9Doni harus menuntaskan aneka macam hambatan penelitianBerbagai hambatan penelitian harus sanggup diselesaikan oleh doni
10Setiap hari sabtu anak – anak latihan upacaraSetiap hari sabtu selalu latihan upacara

Demikian klarifikasi mengenai pengertian, contoh, syarat dan ciri ciri kalimat efektif, semoga sanggup bermanfaat untuk kalian semua.


Artikel Terkait :



Advertisement

Iklan Sidebar