Info Populer 2022

Kingdom Protista – Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi, Contoh

Kingdom Protista – Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi, Contoh
Kingdom Protista – Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi, Contoh

Rumus.co.id – Sebelumnya kita sudah membahas menganai kingdom animalia. Selanjutnya kita akan membahas kingdom Protista mulai dari pengertian, ciri-ciri, pembagian terstruktur mengenai dan rujukan kingdom Protista. Berikut yaitu pembahasannya.


Pengertian Kingdom Protista


Pengertian kingdom Protista yaitu kingdom yang terdiri dari satu sel atau banyak sel dan mempunyai membrane inti (organisme eukariot) serta bersel tunggal.


Protista sanggup di kelompokkan menjadi tiga kepingan yaitu ibarat binatang (protozoa), ibarat flora (Ganggang) dan ibarat jamur. Sebagian besar Protista hidup di air, alasannya yaitu tidak mempunyai pelindung untuk menjaga tubuhnya dari hawa kering.


Kingdom Protista yaitu kingdom yang sederhana alasannya yaitu hanya tersusun atas satu sel sehingga sanggup di kelompokan dalam kingdom sendiri. Tetapi ada juga yang multiseluler akan tetapi masih sangat sederhana dibandingkan dengan organisme lainnya.


 Sebelumnya kita sudah membahas menganai  Kingdom Protista – Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi, Contoh


Ciri-Ciri Kingdom Protista


Berikut ini adala ciri-ciri kingdom Protista antara lain:


1.      Mempunyai ukuran Mikroskopis dan makrokopis


Organisme yang berukuran mikroskopis yaitu organisme yang berukuran sekitar 5 μm – 3 mm. selain itu juga ada yang berukuran makroskopis dengan ukuran Panjang mencapai 60 meter bahkan lebih.


2.      Umumnya Uniseluler


Kingdom Protista tersusun atas satu sel atau uniseluler. Tetapi ada juga yang multi seluler atau sel banyak. Dalam penelitian kingdom Protista yang bersel banyak atau multiseluler akan hidup secara berkelompok (membentuk Koloni).


3.      Tipe Sel Eukariotik


Protista mempunyai membran inti sehingga disebut sebagai sel eukariotik. Sel yang sudah bermembran inti, namun Protista merupakan makhluk hidup prokariotik yang paling sederhana tetapi jauh lebih kompleks dalam hal struktur, fungsi, tingkah laris dan ekologinya kalau dibandingkan dengan Archaebacteria dan Eubacteria.


4.      Hidup Bebas atau Simbiosis


Kingdom Protista sanggup hidup bebas dengan cara menguntungkan satu sama lain. Tetapi juga sanggup bersifat parasite bagi organisme lainnya. Jika bersifat parasite maka akan menimbulkan banyak penyakit di sekitarnya.


5.      Habitat Umumnya di Tempat Lembab


Seperti sudah di jelaskan diatas bahwa Protista ini hidup di air atau daerah lembab. Bukan hanya di air tawar tetapi di maritim juga yang kadar garamnya banyak Protista juga sanggup hidup. Protista yang hidup di maritim sebagian besar bertindak sebagai fitoplankton yang merupakan kontributor utama dalam penyediaan energi jaring-jaring makanan.


6.      Bersifat Aerob dan Anaerob


Bersifat aerob alasannya yaitu memerlukan oksigen untuk proses respirasi yang bertempat pada mitokondria. Bersifat anaerob alasannya yaitu tidak memerlukan oksigen pada respirasi dengan bersimbiosis bersama kuman yang bersifat aerob.


7.      Bersifat Heterotrof dan


Bersifat heterotrop alasannya yaitu memperoleh masakan dengan mengabsorsi molekul organik dan sebagian lagi bersifat fotoautotrof alasannya yaitu mempunyai kloroplas sebagai daerah untuk menangkap energi matahari.


8.      Bersifat Motil


Ada sebagian Protista yang mempunyai alat gerak mirip flagel atau bulu cambuk, silia atau rambut getar, dan pseudopodia atau kaki semu. Dengan demikian Protista sanggup di sebut dengan motil yang bergerak bebas.


Klasifikasi Kingdom Protista


Berikut ini ada tiga pembagian terstruktur mengenai kingdom protista yaitu ibarat hewan, ibarat flora dan ibarat jamur berikut yaitu penjelasannya:


1.      Menyerupai Hewan (Protozoa)


Kingdom Protista yang meyerupai binatang disebut dengan protozoa. Protozoa yaitu organisme yang bersel pada ketika berukuran mikroskopis. Protista ibarat binatang ini berkembangbiak dengan seksual dan asseksual. Selain berkembangbiak binatang ini juga sanggup bergerak aktif. Berdasarkan alat gerak yan dimilikinya filum protozoa digolongkan menjadi empat kelas, yaitu RhizopodA (kaki semu), Ciliata (bulu getar), Flagellata (bulu cambuk), sporozoa (tidak mempunyai alat gerak khusus).


2.      Menyerupai Tumbuhan (Algae)


Kingdom Protista yang ibarat flora merupakan kelompok Protista fotosintetik. Algae ini tersusun dari satu sel atau berkoloni yang membentuk badan multiseluler. Selain itu juga mempunyai klirifil mirip flora pada umumnya. Kelompok algae digolongkan menjadi empat kelas menurut pigmen mayoritas yang dimilikinya, yaitu Cholophyta (alga hijau), Chrysophyta (alga emas), Phaeophyta (alga coklat), Rhodophyta (alga merah).


3.      Menyerupai jamur


Ada dua jenis jamur Protista yaitu jamur lendir (Myxomycota) dan jamur air (Oomycota) tetapi bukan jamur sejati. Jamur jenis ini hanya ibarat berbentuk jamur yang sporangia atau filamen yang ibarat hifa. Berwarna kuning, putih dan berlendir.


Contoh Kingdom Protista


Berikut ini yaitu rujukan dari ketiga pembagian terstruktur mengenai kingdom Protista beserta gambarnya:



  1. Menyerupai Hewan


 Sebelumnya kita sudah membahas menganai  Kingdom Protista – Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi, Contoh



  1. Menyerupai Tumbuhan


 Sebelumnya kita sudah membahas menganai  Kingdom Protista – Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi, Contoh



  1. Menyerupai Jamur


 


 Sebelumnya kita sudah membahas menganai  Kingdom Protista – Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi, Contoh


 


Baca Juga:



Kingdom Animalia – Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi, Contoh



Demikian pembahasan mengenai pengertian kingdom Protista, ciri-ciri, pembagian terstruktur mengenai dan rujukan kingdom Protista. Kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik dan bermanfaat tentunya.


Advertisement

Iklan Sidebar