Info Populer 2022

Struktur Teks Biografi

Struktur Teks Biografi
Struktur Teks Biografi

Struktur Teks Biografi – Kisah hidup Tokoh-Tokoh populer yang berada di Dunia ini, sering sekali dituliskan kembali dalam bentuk Karya Tulis, menyerupai Buku, Novel, Majalah, Artikel, dan Lain-lainnya, yang mencakup dari segi Sifat, Sikap, Rupa, Aktivitas Sehari-hari, Prestasi-prestasi tertentu, dan masih banyak lagi.


 sering sekali dituliskan kembali dalam bentuk Karya Tulis Struktur Teks Biografi


Hal diatas itulah yang biasa disebut sebagai Biografi, apa yang dimaksud dengan Biografi? Oleh alasannya itu pada kesempatan kali ini, kita akan bantu-membantu membahas perihal Biografi beserta dengan Struktur-struktur yang terkait dalam pembentukannya.


Pengertian


Secara Etimologis istilah Biografi berasal dari Bahasa Yunani, yaitu Bios yang artinya Kehidupan, sedangkan Graphien yang artinya Tulisan. Dengan demikian sanggup disimpulkan bahwa, Biografi yaitu Suatu goresan pena yang membahas mengenai perihal Kehidupan Seseorang.


Secara sederhana Biografi yaitu sebuah Karya Tulis yang menceritakan perihal kisah riwayat hidup Seseorang. Bentuk dari Karya Tulis ini sanggup berupa beberapa baris kalimat saja dan sanggup berupa sebuah Buku.


Ciri-Ciri


Dilihat dari segi pembentukannya Biografi terdapat beberapa ciri-ciri sebagai berikut :



  • Biografi mempunyai Struktur Baku dalam pembentukannya, yang mencakup Orientasi, Reorientasi, dan Peristiwa.

  • Isi dari Biografi ditulis menurut Fakta (Faktual), sesuai dengan Kisah Hidup Tokoh yang akan dibahas.

  • Gaya penulisan Biografi tertulis dalam bentuk Narasi, sehingga lebih menarik untuk dibaca.

  • Memiliki hal yang Menarik dan Menginspirasi dalam Kisah Kehidupan Tokoh, sehingga bisa mensugesti para pembacanya.

  • Mengandung hal yang sanggup memotivasi Pembaca, sehingga sanggup dijadikan pola teladan yang baik.


Struktur Teks


Dalam pembentukan sebuah Biografi, terdiri dari 3 macam Struktur Teks, yaitu sebagai berikut :


1. Struktur Teks Orientasi


Bagian Awal penulisan Biografi yang berisikan perihal Pengenalan Tokoh atau Gambaran Awal yang mengenai Tokoh yang akan dijelaskan.


2. Struktur Teks Peristiwa dan Masalah


Bagian Isi penulisan Biografi yang berisikan mengenai perihal Peristiwa-peristiwa dan Masalah-masalah yang pernah dialami oleh Tokoh, untuk mencapai suatu tujuan tertentu.


3. Struktur Teks Reorientasi


Bagian Akhir penulisan Biografi yang berisikan perihal Kesimpulan dan Pandangan dari kehidupan Tokoh didalamnya.


Jenis-Jenis


Biografi terbentuk menjadi beberapa jenis-jenis, yang akan diterangkan sebagai berikut ini :


1. Authorized Biography


Penulisan Biografi yang telah mendapat perizinan atau diketahui oleh Tokoh yang akan menjadi Objek Utama pada pembentukannya.


Contoh


2. Unauthorized Biography


Penulisan Biografi yang tidak menggunakan suatu perizinan atau tidak diketahui oleh Tokoh yang akan menjadi Objek Utama pada pembentukannya.


3. Biografi Perjalanan Hidup


Penulisan Biografi yang menceritakan perihal Perjalanan hidup seorang Tokoh secara lengkap, atau menceritakan beberapa bab penting saja dari perjalanan hidup seorang Tokoh yang berkesan manis dan baik.


4. Biografi Perjalanan Karir


Penulisan Biografi yang menceritakan perihal Perjalanan jenjang karir seorang Tokoh dalam mencapai kesuksesan dari awal sampai akhir, atau menceritakan perihal Perjalanan jenjang karir seorang Tokoh dalam mencapai kesuksesan tertentu saja.


5. Biografi Politik


Penulisan Biografi yang menceritakan seorang Tokoh dari sudut pandang Politik, walaupun harus menggunakan suatu Penelitian (Research), Biografi Politik mengandung syarat akan kepentingan dari seorang Penulis atau Tokoh yang akan dijelaskan.


6. Biografi Intelektual


Penulisan Biografi yang menceritakan seorang Tokoh Intelektual dari sudut pandang Ilmiah. Biografi Intelektual ini terbentuk dari banyak sekali Penelitian (Research) yang dilakukan, dan Penulisannya menggunakan Bahasa Ilmiah.


7. Biografi Jurnalistik


Penulisan Biografi yang menceritakan seorang Tokoh dari hasil melaksanakan wawancara secara langsung.


Contoh Penulisan


Setelah kita membahas perihal Struktur-struktur yang terkait dalam pembentukan Biografi, selanjutnya ada beberapa contoh-contoh penulisannya sebagai berikut :


1. Contoh Penulisan Biografi Tentang Diri Pribadi



Nama Saya yaitu Elfina Dhea Ustmany, Saya seorang wanita, kelahiran kota Bandar Lampung, pada tanggal 21 September 1997. Ayah saya berjulukan Ustman Husein dan Ibu saya berjulukan Mardiah. Didalam keluarga, saya yaitu anak kedua dari 7 bersaudara. Kakak saya berjulukan Vishal Aji Armansyah, Adik saya yang pertama dan kedua berjulukan Annisa Mia Ustmany dan Syifa El Ustmany, Adik saya yang ketiga dan keempat berjulukan Shofiyah Al Ustamny dan Muhammad Alfatih, sedangkan Adik saya yang terakhir berjulukan Faira Adiba.


Saya menempuh pendidikan di kota Bandar Lampung semenjak dari SDN 1 Gunung Sulah daerah dimana saya menuntaskan pendidikan dasar. Setelah lulus, saya melanjutkan ke jenjang SMP di SMPN 1 Bandar Lampung. Selepas SMP saya menempuh pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di SMKN 1 Bandar Lampung. Dan terakhir sesudah lulus dari SMKN, saya meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sebagai Mahasiswa di Universitas Islam Raden Intan Bandar lampung.


Saya menempuh pendidikan dengan sangat baik, sehingga saya bisa mendapat Prestasi-prestasi ketika masa perkuliahan. Saya mempunyai harapan untuk bisa menjadi seorang Dosen di suatu Universitas Tertinggi di Indonesia. Karena itu bagi Saya pendidikan yaitu hal yang sangat penting bagi berlangsungnya kehidupan di masa yang akan tiba nanti.




2. Contoh Biografi Tentang Pahlawan



Jenderal Soedirman


Jenderal Soedirman yaitu Seorang jagoan bermental berpengaruh yang jasanya akan selalu dikenang oleh Bangsa Indonesia. Beliau lahir di Purbalingga, Jawa Tengah, pada tanggal 24 Januari 1916. Jenderal Soedirman mengikuti banyak sekali peperangan dalam melawan penjajah asing, yang dipimpin oleh Beliau, oleh alasannya itu untuk mengenang jasa-jasanya terhadap Negara Indonesia, nama Beliau sering sekali digunakan di jalan-jalan yang berada di Indonesia.


Jenderal Soedirman mengenyam pendidikan pada masa penjajahan yang dilakukan oleh Belanda, dari kecil Beliau sangat rajin beribadah, bahkan tidak pernah melalaikan Sholat, alasannya bagi Jenderal Soedirman beribadah kewajiban utama bagi seorang Muslimin. Beliau pada masanya merupakan Jenderal Besar pertama yang dimiliki oleh Negara Indonesia, keberanian serta kecerdasannya dalam mengatur Strategi Perang, menciptakan Jenderal Soedirman ditakuti oleh para Penjajah.


Strategi Perang Gerilya merupakan seni administrasi utama yang dikembangkan oleh Jenderal Soedirman dalam membebaskan Kota Yogyakarta pada ketika terjadi insiden Agresi Militer. Namun sayang, Beliau tidak bisa menikmati kemerdekaan Indonesia terlalu, sesudah 1 bulan berlalu Penjajah Belanda mengakui Indonesia yaitu Negara yang Merdeka.


Jendral Soedirman wafat pada usia yang masih muda, yaitu 34 tahun, tepatnya pada tanggal 29 Januari 1950. Strategi Gerilya yang menjadi seni administrasi melawan para Penjajah, kini dijadikan sebagai sentra Pelatihan Militer di Indonesia, oleh alasannya itu setiap anggota gres Angkatan Akademi Militer Indonesia, harus wajib lulus dan melewati jalur Strategi Gerilya ini.



 


Demikianlah klarifikasi mengenai perihal Struktur Teks Biografi beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur Teks, dan Contoh Tulisannya.


Semoga sanggup bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang mempunyai kegunaan untuk kita semua.


Baca Juga Artikel Lainnya :


 


Advertisement

Iklan Sidebar