Info Populer 2022

Lambang Asean

Lambang Asean
Lambang Asean

Lambang ASEAN – Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (PERBARA) ialah sebutan usang dari Association Of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan suatu Organisasi Geo-Politik dan Ekonomi yang meliputi semua negara-negara diseluruh bab Asia Tenggara.


 ialah sebutan usang dari Association Of Southeast Asian Nations  Lambang ASEAN


Organisasi ASEAN ini didirikan melalui Deklarasi Bangkok oleh Negara Indonesia, Malaysia, Filiphina, Singapura, dan Thailand, pada tanggal 8 Agustus 1967 yang didirikan di Negara Thailand, Bangkok.


Tujuan didirikannya Organisasi ASEAN ini untuk meningkatkan Perkembangan Ekonomi, Kemajuan Sosial, dan Perkembangan Kebudayaan, serta Meningkatkan Perdamaian pada tingkat regional yang meliputi negara-negara yang terkait didalamnya.


Pendiri, Semboyan Serta Prinsip ASEAN


Negara Pendiri ASEAN


Pertama kali Organisasi ASEAN ini didirikan oleh 5 Negara saja, yaitu : Negara Indonesia, Malaysia, Filiphina, Singapura dan Thailand. Negara-negara inilah yang memprakarsai berdirinya Organisasi ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967.


Tetapi pada dikala ini jumlah anggota dari Organisasi ASEAN sudah mempunyai banyak tambahan, sehingga menjadi 10 Anggota Negara. Berikut ini merupakan 10 Anggota Negara pada Organisasi ASEAN :




















































Organisasi Association Of Southeast Asian Nations (ASEAN)
NegaraIbu Kota
IndonesiaKota Jakarta
MalaysiaKota Kuala Lumpur
ThailandKota Bangkok
FiliphinaKota Manila
SingapuraKota Singapura
Brunei DarusallamKota Bandar Seri Begawan
VietnamKota Hanoi
KambojaKota Phnom Phen
LaosKota Vientiane
MyanmarKota Naypyidaw

Semboyan ASEAN


Dalam suatu organisasi yang terbentuk atau didirikan niscaya mempunyai sebuah semboyan yang berfungsi untuk mengingatkan tujuan dari organisasi yang didirikan tersebut, termasuk dalam halnya organisasi ASEAN yang mempunyai semboyan sebagai berikut ini :


“Satu visi, Satu Komunitas, dan Satu Identitas (One Vision, One Community, One Identity)


Prinsip Organisasi ASEAN


Anggota-anggota Negara yang terkait dengan Organisasi ASEAN mengadakan rapat umum pada setiap bulan November, dan mempunyai prinsip-prinsip utama yang harus diterapkan oleh seluruh anggota. Berikut ini ialah prinsip-prinsipnya :



  1. Menghormati dan menghargai Kemerdekaan, Kedaulatan, Persamaan, Integritas Wilayah Nasional, dan Identitas Nasional, yang dimiliki seluruh Anggota Negara ASEAN.

  2. Setiap Anggota Negara ASEAN mempunyai Hak untuk memimpin yang bebas dari Subversif atau Campur Tangan oleh pihak luar.

  3. Tidak ikut mencampuri urusan dalam Negeri pada sesama Anggota Negara ASEAN.

  4. Menterapkan suatu penyelesaian mengenai Perbedaan atau Perdebatan dengan cara yang damai.

  5. Menolak memakai kekuatan Senjata Militer yang mematikan.

  6. Memiliki kerjasama yang Efektif antar sesama Anggota Negara ASEAN.


Lambang ASEAN Beserta Artinya


 ialah sebutan usang dari Association Of Southeast Asian Nations  Lambang ASEAN


 


Pada gambar diatas merupakan Lambang atau Logo dari Organisasi ASEAN (Association Of Southeast Asian Nations) yang diresmikan pada bulan Juli 1997 bersama dengan Bendera ASEAN.


Walaupun lambang ASEAN ini sudah dipakai selama bertahun-tahun, panduan resmi dan arti lambang ini ditetapkan pada pertemuan ke-6 Dewan Koordinasi ASEAN (ASEAN Coordinating Council/ACC) pada tanggal 8 April 2010, yang bertempatkan di Hanoi, Vietnam.


Berikut ini merupakan arti dari Lambang ASEAN :



  1. Biru mempunyai arti Perdamaian dan Stabilitas

  2. Merah mempunyai arti Semangat dan Kedinamisan

  3. Putih mempunyai arti Kesucian

  4. Kuning mempunyai arti Kemakmuran

  5. Ikatan Rumpun Padi mempunyai arti Persahabatan dan Kesetiakawanan Sosial

  6. Lingkaran mempunyai arti Kesatuan


Tujuan Organisasi ASEAN


Pada bencana Deklarasi ASEAN (Association Of Southeast Asian Nations) yang dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Kota Bangkok, Thailand. Organisasi ini mempunyai tujuan-tujuan utama yang menjadi alasan didirikannya Organisasi ASEAN, sebagai berikut ini :



  1. Mempercepat perkembangan Ekonomi, Kemajuan Sosial, serta Perkembangan Kebudayaan yang dimiliki seluruh Negara pada wilayah Asia Tenggara. Dalam tujuan tersebut dilakukan melalui perjuangan yang dilakukan bahu-membahu dengan semangat persamaan serta semangat persahabatan, untuk memperkuat landasan bangsa-bangsa seluruh Negara yang berada diwilayah Asia Tenggara untuk mencapai perdamaian dan kesejahteraaan.

  2. Meningkatkan sebuah Perdamaian serta Stabilitas Regional yang dilakukan dengan cara Saling Menghormati, Keadilan, dan Tertib Hukum yang telah disepakati bersama dalam relasi antar Negara-negara daerah Asia Tenggara, serta mematuhi prinsip-prinsip yang tercantum pada Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) supaya tidak terjadinya penyalahgunaan suatu wewenang yang dimiliki.

  3. Meningkatkan kerjasama yang aktif dengan cara saling membantu antar Anggota Negara ASEAN dalam memecahkan suatu masalah-masalah yang berkaitan untuk kepentingan bersama, yang meliputi Bidang Ekonomi, Sosial, Budaya, Ilmu Pengetahuan, Administrasi, serta Teknik Teknologi.

  4. Menjalin kerjasama yang lebih Efektif untuk meningkatkan hasil Pertanian, Industri, Perluasan Perdagangan Komoditi Internasional, Perbaikan Sarana dan Prasarana Teknologi dan Komunikasi, serta Meningkatkan Taraf Hidup Rakyat dari Anggota Negara ASEAN.


Demikianlah klarifikasi Materi mengenai perihal Organisasi ASEAN beserta Pengertian, Pendiri, Semboyan, Prinsip, Lambang beserta Artinya, dan Tujuan.


Semoga sanggup bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang mempunyai kegunaan untuk kita semua.


Baca Juga Artikel Lainnya :



 


Advertisement

Iklan Sidebar