Info Populer 2022

Macam-Macam, Rumus Luas Dan Volume Bangkit Datar

Macam-Macam, Rumus Luas Dan Volume Bangkit Datar
Macam-Macam, Rumus Luas Dan Volume Bangkit Datar

Untuk pembelajaran kita hari ini kita akan mencar ilmu wacana rumus berdiri datar dan pengertian atau definisi nya, pada kesempatan sebelumnya kita juga telah membahas wacana rumus volume berdiri ruang nah untuk ketika ini bahan lengkap wacana rumus volume berdiri datar.


Didalam berdiri datar terdapat macam – macam bentuk bentuk yang pertama yakni persegi, persegi panjang, segitiga, jajargenjang, trapesium, layang – layang, belah ketupat. Untuk itu silahkan kalian semua sanggup melihat klarifikasi nya di bawah ini :


Macam-macam Bangun Datar


Berikut ini akan dibahas secara lengkap wacana macam-macam berdiri datar dan sifatnya serta rumus volume dan luas berdiri datar itu sendiri nanti akan disertakan juga gambar berdiri datar, dan juga sifat-sifat berdiri datar beserta gambarnya.




  1. Persegi




Untuk pembelajaran kita hari ini kita akan mencar ilmu wacana rumus berdiri datar dan pengerti Macam-Macam, Rumus Luas dan Volume Bangun Datar


Pengertian dari persegi yakni sebuah berdiri datar 2 dimensi yang di bentuk oleh 4 buah rusuk yang sama panjang dan mempunyai 4 buah sudut siku – siku. Persegi juga sanggup disebut dengan bangun datar yang mempunyai sisi sisi sama panjang dan sudut sudut sama besar itupun disebut persegi.


Sifat-sifat Persegi yaitu Semua sisi persegi sama panjang dan Setiap sudut persegi dibagi dua sama besar oleh diagonalnya serta kedua diagonalnya berpotongan tegak lurus.


rumus berdiri datar persegi


rumus keliling persegi = 4 x s


rumus luas persegi = s x s x s


keterangan = s = sisi ( m )




  1. Persegi Panjang




Untuk pembelajaran kita hari ini kita akan mencar ilmu wacana rumus berdiri datar dan pengerti Macam-Macam, Rumus Luas dan Volume Bangun DatarPengertian dari persegi panjang  iyalah sebuah berdiri datar 2 dimensi yang di bentuk oleh 2 buah pasang rusuk yang panjang dan sejajar dan mempunyai 4 buah sudut siku – siku.


Rumus bangun datar persegi panjang


Rumus keliling persegi panjang = 2 x ( p x l )


Rumus luas persegi panjang = p x l


Keterangan = p = panjang ( cm )


                                  L = lebar ( cm )




  1. Segitiga




Untuk pembelajaran kita hari ini kita akan mencar ilmu wacana rumus berdiri datar dan pengerti Macam-Macam, Rumus Luas dan Volume Bangun DatarPengertian dari segitiga iyalah sebuah berdiri datar 2 dimensi yang terbentuk dari 3 buah sisi yang berupa garis lurus dan 3 buah sudut. jadi bangun datar yang terbentuk dari tiga atau lebih garis lurus disebut segitiga


Rumus bangun datar segitiga


Rumus keliling segitiga = AB + BC + BC + DA


Rumus luas segitiga = 1/2 x a x t


Keterangan =a = ganjal segitiga ( cm )


                                T = tinggi segitiga ( cm )




  1. Jajargenjang




Untuk pembelajaran kita hari ini kita akan mencar ilmu wacana rumus berdiri datar dan pengerti Macam-Macam, Rumus Luas dan Volume Bangun DatarPengertian dari jajargenjang sendiri iyalah sebuah berdiri datar 2 dimensi yang terbentuk dari 2 buah pasang rusuk yang masing – masing nya sama panjang dan sejajar dengan pasangan nya. Lalu jajargenjang mempunyai 2 buah pasang sudut siku – siku yang masing – masing nya sama besar dengan sudut di depan nya.


Rumus berdiri datar jajargenjang


Rumus keliling jajargenjang = AB + BC + CD + AD


Rumus luas jajargenjang = a x t


Keterangan = a= ganjal ( cm )


                        T = tinggi ( cm )




  1. Trapesium




Untuk pembelajaran kita hari ini kita akan mencar ilmu wacana rumus berdiri datar dan pengerti Macam-Macam, Rumus Luas dan Volume Bangun DatarPengertian dari trapesium sendiri iyalah sebuah berdiri datar 2 dimensi yang terbentuk oleh 4 buah rusuk yang 2 buah di antaranya yakni saling sejajar tapi panjang nya tidak sama. Namun ada juga trapesium yang rusuk ketiganya yakni tegak lurus terhadap rusuk – rusuk sejajar nya yang disebut trapesium siku – siku.


Rumus berdiri datar trapesium


Rumus keliling trapesium = AB + BC + CD + DA


Rumus luas trapesium = 1/2 x jumlah sisi sejajar x tinggi




  1. Layang – layang




Untuk pembelajaran kita hari ini kita akan mencar ilmu wacana rumus berdiri datar dan pengerti Macam-Macam, Rumus Luas dan Volume Bangun DatarPengertian dari layang – layang sendiri iyalah sebuah berdiri datar 2 dimensi yang terbentuk dari 2 buah segitiga sama kaki dan  berbentuk segiempat yang ganjal nya berhimpitan yang berbentuk menjadi sebuah layang – layang.


Rumus berdiri datar layang – layang


Rumus keliling layang – layang = 2 x ( AB + BC )


Rumus luas layang – layang = 1/2 x d1 x d2


Keterangan = d = diagonal




  1. Belah ketupat




Untuk pembelajaran kita hari ini kita akan mencar ilmu wacana rumus berdiri datar dan pengerti Macam-Macam, Rumus Luas dan Volume Bangun Datar


Pengertian dari belah ketupat sendiri iyalah sebuah berdiri datar 2 dimensi yang di bentuk oleh 4 buah rusuk yang panjang nya sama dan belah ketupat mempunyai 2 buah pasang sudut yang masing – masing nya sama besar dengan sudut di hadapan nya.


Rumus berdiri datar belah ketupat


Rumus keliling belah ketupat = 4 x s


Rumus luas belah ketupat = ½ x d1 x d2


Keterangan = d = diagonal ( cm )


                          S = panjang( cm )


Jadi kalau ada soal wacana berdiri datar yakni kalian sanggup menjawab dengan klarifikasi diatas, Sekian klarifikasi wacana rumus volume berdiri datar beserta rumus luas dan penjelasannya biar bermanfaat…


Advertisement

Iklan Sidebar