Info Populer 2022

Manajemen – Pengertian, Definisi, Fungsi, Tujuan Dan Unsur

Manajemen – Pengertian, Definisi, Fungsi, Tujuan Dan Unsur
Manajemen – Pengertian, Definisi, Fungsi, Tujuan Dan Unsur

Manajemen – Manajemen adalah? sebelum masuk kedalam pembahasan, materi yang akan dibahas yaitu pengertian, fungsi, tujuan dan unsur administrasi secara lengkap. Simak penjelasannya dibawah ini!


Pengertian Manajemen


Manajemen ialah suatu seni dalam menuntaskan pekerjaan melalui orang lain. Atau secara umumnya ialah proses merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, dan mengendalikan suatu kegiatan dalam mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien untuk menggunakan sumber daya organisasi.


Definisi Manajemen Menurut Para Ahli


Berikut 5 definisi administrasi yang telah dikemukakan oleh para hebat dalam ilmu administrasi sebagai berikut:



  1. Mary Parker Follet, administrasi ialah sebuah seni dalam menuntaskan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini mengartikan bahwa seorang manajer bertugas dalam mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

  2. Ricky W. Griffin, administrasi ialah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya dalam mencapai target secara efektif dan efisien.

  3. Henry Fayol, administrasi ialah ilmu yang mempunyai gagasan atau 5 wangsit fungsi utama yakni merancang, memerintah, mengorganisir, mengendalikan dan mengkoordinasi.

  4. George R. Terry, administrasi ialah proses yang khas terdiri dalam suatu tindakan-tindakan: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan yang sanggup dilakukan dalam memilih serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya insan juga pada sumber-sumber lain.

  5. Eiji Ogawa, administrasi ialah sebuah perencanaan, pengimplementasian dan pengendalian pada setiap kegiatan yang dilakukan dari setiap perusahaan atau organisasi dalam memutuskan setiap target yang disempurnakan sesuai pada kondisi yang fleksibel.
     materi yang akan dibahas yaitu pengertian Manajemen – Pengertian, Definisi, Fungsi, Tujuan dan Unsur
    image manajemen


Fungsi Manajemen


Fungsi administrasi merupakan suatu elemen-elemen dasar yang selalu ada, kemudian sanggup menempel pada proses administrasi yang ingin dijadikan pola oleh manajer ketika melaksanakan kegiatan dalam mencapai tujuan. Berikut fungsi administrasi yang akan dijelaskan sebagai berikut:


1. Perencanaan (planning) ialah memikirkan sesuatu apa yang akan dikerjakan dengan pedoman yang dimiliki. Perencanaan dilaksanakan dalam memilih suatu tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik dalam memenuhi tujuan itu.


Manajer juga mengevaluasi macam-macam planning alternatif sebelum mengambil suatu tindakan dan sanggup melihat apakah planning yang dibentuk sangat cocok kemudian sanggup digunakan dalam memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan yaitu proses terpenting pada semua fungsi administrasi alasannya ialah tanpa sebuah perencanaan, fungsi-fungsi pada administrasi tidak akan sanggup berjalan.


2. Pengorganisasian (organizing) dilakukan pada suatu tujuan dan membagi sebuah kegiatan besar menjadi lebih kecil. Pengorganisasian sanggup memudahkan manajer ketika melaksanakan pengawasan dan memilih orang yang diharapkan dalam melaksanakan kiprah yang sudah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian sanggup dilakukan untuk memilih tugas-tugas apa yang akan dikerjakannya.


3. Pengarahan (directing) ialah proses tindakan dalam mengusahakan semua anggota kelompok yang akan mencapai suatu target sesuai pada perencanaan manajerial dan usaha.


4. Penempatan (Staffing) hampir sama dengan pengorganisasian tetapi dalam staffing lebih luas. Jika organizing khusus pada administrasi SDA (Sumber Daya manusia). Sedangkan dalam penempatan tertuju pada sumber daya secara umum. Contohnya ibarat peralatan yang dimiliki


5. Mengkoordinasi (Coordinating) ialah suatu fungsi yang tujuannya demi meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja perusahaan, menciptakan kawasan kerja menjadi sehat, nyaman, dinamis, dan lain-lain. Fungsi administrasi dilakukan oleh seorang manajer. Jadi, manajer mempunyai fungsi utama untuk mengkoordinasi bawahannya dalam meningkatkan kinerjanya.


6. Mengontrol (Controlling) ialah fungsi terakhir pada manajemen. Jika semua fungsi dilakukan maka langkah terakhir yang akan dilakukan yaitu mengontrolnya. Pada fungsi ini ada beberapa elemen yang dibutuhkan, misalnya penilaian dan menciptakan sebuah kebijakan baru.


Tujuan Manajemen



  1. Melaksanakan dan mengevaluasi taktik yang akan dipilih secara efektif dan efisien biar mencapai pada suatu tujuan.

  2. Mengevaluasi kinerja, meninjau, dan mengkaji situasi kemudian melaksanakan pembiasaan dan koreksi jikalau ada sesuatu penyimpangan pada suatu pelaksanaan strategi.

  3. Dapat memperbaharui taktik yang dirumuskan untuk sesuai pada perkembangan lingkungan eksternal.

  4. Dapat meninjau kembali kekuatan, kelemahan, peluang dan bahaya pada peluang yang ada.

  5. Dapat melaksanakan penemuan atas kegiatan sehingga sanggup lebih teratur.


Unsur Manajemen


 materi yang akan dibahas yaitu pengertian Manajemen – Pengertian, Definisi, Fungsi, Tujuan dan Unsur
unsur manajemen

Ada 6 unsur-unsur administrasi yang sangat dikenal sekali yaitu (6M) ialah man, money, materials, machines, methods dan market. Berikut unsur-unsur administrasi berdasarkan para hebat beserta penjelasannya dibawah ini:


1. Manusia (Man)

Manusia atau man ialah Unsur administrasi yang pertama, insan atau setiap individu memegang kiprah penting pada suatu administrasi di setiap bidangnya, baik itu industri maupun ekonomi. Segala sesuatu yang terkait pada perencaan dan pelaksanaan produksi sangat bergantung sekali pada insan atau setiap individunya.


2. Uang (Money)

Pada proses didalam manajemen, uang atau money sangat dibutuhkan sekali. Dalam menjalankan kegiatan perusahaan, maka diharapkan biaya perjuangan dalam bentuk uang sebagai modal utama perusahaan. Pengelolaan uang yang baik akan kuat sekali pada sukses atau tidaknya manajemen.


3. Bahan (Materials)

Bahan atau materials menjadi sebuah unsur administrasi yang selanjutnya. Pengontrolan materi atau materials yang ada sangat dibutuhkan pada proses manajemen. Individu perjuangan harus sanggup memanfaatkan bahan-bahan material yang ada untuk sebaik mungkin memakainya.


4. Mesin (Machines)

Teknologi sebagai bab penting pada proses administrasi perusahaan, ibarat sanggup dilihat yaitu alat dan mesin. Mesin diharapkan sanggup meningkatkan kinerja dan produktivitas yang lebih dibandingkan menggunakan tenaga insan saja.


5. Metode (Methods)

Pada ketika melaksanakan proses manajemen, diharapkan langkah-langkah tertentu yang disebut sebagai metode atau methods. Metode yang baik dan tepat niscaya menjadi sebuah unsur administrasi yang sangat penting biar pada setiap langkahnya berjalan efektif dan efisien.


6. Pasar (Market)

Pasar atau market tidak sanggup dilupakan dan mempunyai keterkaitan pada administrasi perusahaan dan industri. Tujuan pada perusahaan terperinci harus mengikuti perkembangan pasar yang sudah ada pada masyarakat, sehingga pasar atau market sanggup dikategorikan sebagai unsur manajemen.


Demikian pembahasan pengertian, definisi, fungsi, tujuan dan unsur manajemen, mohon maaf jikalau ada kesalahan dalam penulisan dan pembahasan. Semoga bermanfaat🙂


Artikel Terkait :



Advertisement

Iklan Sidebar