Info Populer 2022

Metabolisme – Pengertian, Proses, Pola Dan Fungsinya

Metabolisme – Pengertian, Proses, Pola Dan Fungsinya
Metabolisme – Pengertian, Proses, Pola Dan Fungsinya

Metabolisme – Matabolisme adalah? sebelum masuk kedalam pembahasan, materi yang akan dibahas yaitu pengertian, proses, pola dan fungsi matabolisme secara lengkap. Simak penjelasannya dibawah ini gaes!


Pengertian Metabolisme


Metabolisme berasal dari bahasa Yunani yang artinya (metabolismos atau perubahan) yakni semua reaksi kimia yang terjadi pada suatu organisme, termasuk yang terjadi pada tingkat sel.


Ada tiga tujuan utama pada metabolisme yaitu:



  1. Konversi masakan menjadi energi dalam melaksanakan proses seluler.

  2. Konversi masakan atau materi bakar menjadi sebuah materi penyusun menyerupai protein, lipid, asam nukleat dan karbohidrat lainnya.

  3. Dapat membuang limbah nitrogen. Reaksi yang dikatalisis dari enzim ini melaksanakan organisme sanggup tumbuh dan berkembang biak, mempertahankan strukturnya, dan sanggup merespons lingkungannya.


Secara garis besar, metabolisme mempunyai dua arah lintasan reaksi kimia organik yaitu:



  1. Katabolisme, merupakan reaksi yang prosesnya mengurai molekul senyawa organik, misalnya menyerupai pemecahan glukosa menjadi sebuah piruvat oleh respirasi seluler.

  2. Anabolisme, merupakan reaksi yang prosesnya merangkai (sintesis) senyawa organik, misalnya menyerupai protein, karbohidrat, lipid, dan asam nukelat pada molekul-molekul tertentu.
     materi yang akan dibahas yaitu pengertian Metabolisme –  Pengertian, Proses, Contoh dan Fungsinya
    image metabolisme


Proses Metabolisme


Proses metabolisme pada makhluk hidup terdiri dari tiga cuilan metabolisme, yaitu:


1. Metabolisme Karbohidrat


 materi yang akan dibahas yaitu pengertian Metabolisme –  Pengertian, Proses, Contoh dan Fungsinya
matabolisme karbohidrat

Metabolisme karbohidrat meliputi pada penguraian (katabolisme), sintesis (anabolisme) dan perubahan dalam bentuk karbohidrat pada dalam badan organisme. Bentuk pada karbohidrat yaitu glukosa, dimana glukosa merupakan jenis senyawa gula sederhana (monosakarida).


Saat proses pencernaan masakan di dalam tubuh, karbohidrat melaksanakan suatu proses hidrolisis yaitu proses penguraian dalam memakai santunan menyerupai air. Proses pencernaan karbohidrat tersebut terjadi dengan cara penguraian polisakarisa menjadi sebuah monosakarida.


Di dikala masakan dikunyah didalam mulut, masakan akan tercampur pada air liur dimana air liur mempunyai kandungan enzim ptialin. Enzim ptialin akan menghidrolisis pati menjadi sebuah maltosa dan gugus glukosa kecil yang terdiri menurut tiga hingga sembilan molekul glukosa.


Setelah masakan yang dikunyah tersebut ditelan, masakan akan masuk kedalam lambung dan bercampur dengan zat yang disekresikan terhadap lambung. Kemudian masakan akan masuk kedalam duodenum dan masakan akan bercampur lagi dengan getah pancreas.


Hasil final pada pencernaan tersebut yaitu fruktosa, glukosa, monosakarida dan manosa yang kemudian akan diabsorbsi lewat dinding usus dan akan terbawa pada hati oleh darah.


2. Metabolisme Lemak


 materi yang akan dibahas yaitu pengertian Metabolisme –  Pengertian, Proses, Contoh dan Fungsinya
matabolisme lemak

Metabolisme lemak yakni proses dimana asam lemak akan dicerna kemudian dipecahkan dalam menghasilkan energy atau disimpan pada badan insan untuk sebagai cadangan energy. Metabolisme lemak prosesnya terjadi di dalam usus alasannya yakni usus mengandung sebuah enzim lipase.


Pada dikala masakan masuk kedalam usus, akan terjadi kontraksi yang sanggup merangsang keluarnya hormon koleistokinin. Hormon tersebut sanggup menimbulkan kantung empedu berkontraksi sehingga sanggup mengeluarkan cairan empedu. Empedu mengandung garam berfungsi penting pada mengemulsi lemak menjadi butiran lemak dengan ukuran yang lebih kecil.


Hal itu sanggup memudahkan proses hidrolisis lemak oleh lipas yang akan dihasilkan pancreas. Penyerapan metabolisme lemak sebagian besar dilakukan pada usus halus. Metabolisme lemak sanggup juga diangkat pada hati, sel – sel otot, atau sel – sel lemak, yang sanggup digunakan sebagai energy atau disimpan sebagai energy cadangan.


3. Metabolisme Protein


 materi yang akan dibahas yaitu pengertian Metabolisme –  Pengertian, Proses, Contoh dan Fungsinya
matabolisme protein

Metabolisme protein yakni proses kimia dan fisik baik yang meliputi pada perubahan protein (anabolisme) menjadi sebuah asam amino dan pemecahan asam amino (katabolisme) pada protein.


Asam amino yang telah tersebar melewati darah dan masuk di dalam jaringan tubuh, akan disintesis kembali menjadi sebuah protein. Keseimbangan diantara yaitu katabolisme dan sintesis, protein ini sanggup berfungsi dalam mempertahankan fungsi sel yang masih normal.


Pada metabolisme, asam amino akan melibatkan pelepasan gugus amino, kemudian perubahan kerangka karbon dalam molekul asam amino. Proses pelepasan gugus amino melibatkan pada deaminasi dan transmisi oksidatif.


Deaminasi oksidatif memakai dehidrogenese dalam katalis, sedangkan kalau transmisi yaitu proses katabolisme asam amino yang melibatkan gugus amino pada satu asam amino terhadap asam amino yang lain.


Asam amino tidak sanggup disimpan pada badan manusia. Jika jumlah asam amino berlebihan atau terjadi kurangnya sumber energy lain, badan insan akan memakai asam amino dalam sumber energy.


Tidak menyerupai lemak dan karbohidrat, asam amino membutuhkan pelepasan gugus amino yang bertempat di deaminasi nitrogen α-amino didalam asam – asam amino.


Protein yakni produk yang dihasilkan oleh ekspresi warta genetic merupakan polimer asam amino yang terikat pada satu sama lain dalam ikatan dalam sel hidup.


Fungsi Metabolisme


Metabolisme merupakan proses yang menghasilkan energi didalam badan alasannya yakni pada final oleh tiga prosesnya yaitu energi. Energi ini didapat pada perubahan suatu zat yang ada dalam masakan kemudian diolah dengan santunan air dan enzim. Energi yang dihasilkan kemudian akan digunakan oleh otot dalam menjalankan aktivitas-aktivitas menyerupai berpikir, berbicara dan berlari.

Fungsi metabolisme dalam badan adalah:



  1. Pengganti sel atau jaringan yang rusak.

  2. Respirasi jaringan pada tubuh.

  3. Pertumbuhan jaringan tubuh.

  4. Penyusun unit pembangun sel.

  5. Menghasilkan energi, dari perubahan zat-zat masakan yang ada pada tubuh.


Demikian pembahasan perihal pengertian, proses, pola dan fungsi metabolisme pada badan manusia, mohon maaf kalau ada kesalahan dalam penulisan dan pembahasan. Semoga bermanfaat🙂


Artikel Terkait :



Advertisement

Iklan Sidebar