Info Populer 2022

Medan Magnet – Rumus, Pengertian, Bahan Lengkap, Rujukan Soal

Medan Magnet – Rumus, Pengertian, Bahan Lengkap, Rujukan Soal
Medan Magnet – Rumus, Pengertian, Bahan Lengkap, Rujukan Soal

Rumus.co.id – Sebelumnya kita sudah membahas mengenai dioda dan dioda Zener. Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai medan magnet mulai dari rumus, pengertian, bahan lengkap, pola soal. Simak penjelsan dioda ialah berikut ini.


Pengertian Medan Magnet


Pengertian medan magnet dalam ilmu Fisika ialah suatu medan yang dibuat dengan menggerakan muatan listrik (arus listrik) yang menjadikan munculnya gaya di muatan listrik yang bergerak lainnya.


Putaran mekanika kuantum dari satu partikel membentuk medan magnet dan putaran itu dipengaruhi oleh dirinya sendiri menyerupai arus listrik; inilah yang menjadikan medan magnet dari ferromagnet “permanen”.


Medan magnet juga di sebut dengan medan vector yaitu bekerjasama dengan titik dalam ruang yang sanggup di ubah-ubah berdasarkan waktu. Arah magnet searah dengan jarum jam atau jarum kompas.


Magnet mempunyai dua kutup yaitu kutup utara dan selatan. Kedua kutup tersebut saling Tarik menarik dengan simbol _ dan +. Jika – bertemu dengan – maka akan saling tolak menolak sama dengan + bila bertemu + maka akan saling tolak manolak juga.


Materi Lengkap Medan Magnet


Magnet ialah benda yang bisa Tarik menarik benda di sekitarnya. Tetapi tidak semua bisa ditarik, hanya ada benda beberapa contohnya besi, logam, dan sejenisnya. Fungsi magner paling penting ialah sebagai penunjuk arah yaitu kompas.


Sifat-Sifat Magnet


Berikut ini ialah beberapa sifat-sifat magnet antara lain:



  • Magnet sebagai petunjuk kompas

  • Magnet bisa menarik benda menyerupai logam, besi dan sejenisnya

  • Magnet sanggup menembus benda untuk tarikan, semakin besar lengan berkuasa gaya magnetnya maka semakin besar lengan berkuasa juga gaya tarikannya

  • Magnet mempunyai dua kutup yaitu kutup utara dan selatan

  • Jika kutup utara bertemu dengan kutup utara maka akan saling tolak menolak begitu juga sebaliknya


Gambar Kutup Magnet


 Sebelumnya kita sudah membahas mengenai  Medan Magnet – Rumus, Pengertian, Materi Lengkap, Contoh Soal


Perhatikan gambar di atas, gambar di atas terdapat empat hukum yaitu



  1. Jika kutup selatan bertemu dengan kutup selatan maka akan saling tolak menolak

  2. Jika kutup selatan bertemu dengan kutup utara maka akan saling Tarik menarik

  3. Jika kutup utara bertemu dangan kutup utara maka akan saling tolak menolak

  4. Jika kutup selatan bertemu dengan kutup utara maka akan saling Tarik menarik


 Sebelumnya kita sudah membahas mengenai  Medan Magnet – Rumus, Pengertian, Materi Lengkap, Contoh Soal



  1. Garis gaya magnet ialah garis khayal yang merupakan lintasan kutub utara magnet-magnet kecil apabila sanggup bergerak dengan bebas.

  2. Garis-garis gaya magnet selalu mengarah dari kutub utara ke selatan dan tidak pernah berpotongan.

  3. Gaya tarik-menarik antara dua kutub magnet tak senama dan gaya tolakmenolak antara dua kutub yang senama digambarkan dengan garis-garis gaya magnet.


Menentukan Kutub Magnet dengan Tangan Kanan


Tangan kanan bisa digunanakan untuk memilih arah medan magnet di sekitar kawat berarus listrik. Bagaimana caranya? Anda cukup letakkan asisten alasannya ialah cara yang dilakukan dengan menggenggam empat jari tangan dan ibu jari tegak lurus, persis dikala mengacungkan jempol kanan. Berikut ialah gambarnya


 Sebelumnya kita sudah membahas mengenai  Medan Magnet – Rumus, Pengertian, Materi Lengkap, Contoh Soal Sebelumnya kita sudah membahas mengenai  Medan Magnet – Rumus, Pengertian, Materi Lengkap, Contoh Soal


Arah ibu jari mengarah ke atas menyatakan arah alur listrik dengan simbol i. sedangkan arah empat jari-jari lainnya menyatakan arah medan megnet dengan simbol B. gambar di atas pada posisi horizontal dan vertical.


Contoh Soal


 Sebelumnya kita sudah membahas mengenai  Medan Magnet – Rumus, Pengertian, Materi Lengkap, Contoh Soal


Perhatikan gambar diatas, sebuah kabel beralirkan arus listrik ditempatkan di bersahabat kompas magnet. Berapa besar arus listrik (dan arahnya) yang diharapkan untuk meniadakan medan magnet bumi terhadap kompas sehingga kompas menjadi tidak berfungsi?


(Medan magnet bumi diasumsikan sebesar  Sebelumnya kita sudah membahas mengenai  Medan Magnet – Rumus, Pengertian, Materi Lengkap, Contoh Soal).


Pembahasan


 Sebelumnya kita sudah membahas mengenai  Medan Magnet – Rumus, Pengertian, Materi Lengkap, Contoh Soal


Dengan memakai kaidah asisten kita harus menempatkan ibu jari kita ke bawah supaya jari-jari yang lain mempunyai arah yang berlawanan dengan medan magnet kompas. Sehingga arah arus harus menembus menuju kertas/layar, menjauhi kita.


Baca Juga:



Dioda – Pengertian, Fungsi, Simbol, Cara Kerja, Jenis, Karakteristik


Dioda Zener – Pengertian, Rumus, Karakteristik, & Cara Mengukur



Demikian klarifikasi mengenai medan magnet mulai dari rumus, pengertian, bahan lengkap, pola soal. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta gosip anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.


Advertisement

Iklan Sidebar