Info Populer 2022

Pencemaran Air – Pengertian, Penyebab, Efek Dan Contoh

Pencemaran Air – Pengertian, Penyebab, Efek Dan Contoh
Pencemaran Air – Pengertian, Penyebab, Efek Dan Contoh

Rumus.co.id – Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian pencemaran air, penyebab pencemaran air, efek pencemaran air, dan rujukan pencemaran air. Simak klarifikasi di bawah ini.


Pengertian Pencemaan Air


Pengertian Pencemaran air adalah keadaan dimana kandungan zat asing yang masuk kedalam air dan bersifat merusak ekosistem di dalam air, zat tersebut di sebut juga polutan.


Air yaitu kebutuhan utama makhluk hidup. Bukan hanya di dalam badan saja tetapi kebutuhan sehari-hari juga membutuhkan air. Fungsi air dalam kehidupan sehari-hari menyerupai minum, mandi, mencucu, bahkan irigasi.


Ironisnya air yang di konsumsi insan yaitu air yang bersih, tidak berwarna dan tidak berbau. Bayangkan jikalau sumber air sehari-hari sudah terkotori contohnya limbah pabrik. Air tersebut berbau dan berwarna yang aneh, sehingga tidak sanggup di konsumsi. Akibatnya akan sulit mencari sumber air yang bersih.


Air yang sudah terkotori akan mengakibatkan penyakit contohnya diare, gatal-gatal, pernafasan terganggu dan penyakit lainnya. Jika air limbah pabrik masuk ke dalam ketubuh kita maka badan akan mengalami reaksi yang tidak biasa. Dampak yang ringan yaitu diare dan efek yang paling besar yaitu kangker lantaran limbah pabrik yaitu materi kimia.


Pencemaran air mengakibatkan 1400 jiwa meningga setiap harinya seluruh dunia. Begitu banyak dalam setiap hari meninggal setiap harinya. Penyebab yang mengakibatkan pencemaran banyak ada ulah insan sendiri ada juga factor alam. Tetapi kebanyakan dalah ulah insan sendiri yang tidak bias menjaga ekosistem alam.


 Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian pencemaran air Pencemaran Air – Pengertian, Penyebab, Dampak dan Contoh


Penyebab Pencemaran Air


Penyebab pencemaran air ada faktor alam dan ulah insan sendiri, berikut ini yaitu pencemaran air :


1.      Limbah Pabrik


Dalam pabrik tekstil atau produksi lainnya niscaya adanya sisa pembuangan terakhir pada proses akhirnya itulah yang di sebut limbah. Limbah pabrik biasanya di tamping dalam wadah yang sangat besar yang di buat sendiri oleh perusahaan. Akan tetapi banyak pabrik yang mengalirinya ke sungai. Apa akibatnya? Ekosistem sungai akan tercemar, ikan-ikan akan mati akhir zat asing yang terkandung dalam air tersebut.


2.      Limbah Pertanian


Menggunakan limbah pertanian sebaiknya secara bijak dan sesuai kadarnya. Pestisida yaitu zat kimia yang di gunakan untuk membunuh hama pada tanaman. Tetapi pestisida yang penggunaannya terlalu banyak kadar maka akan mencemarkan air dan ekosistem lainnya.


3.      Limbah Perumahan


Limbah perumahan tidak banyak perngaruh akan pencemaran air. Tetapi limbah pertanian akan sangat berbahaya jikalau sampah di buang ke sungai. Sisa-sisa makanan, perabotan yang tidak terpakai di buang kesungai hasilnya banyak penumpukan sampah yang sanggup mengakibatkan pencemaran air. Lama kelamaan air akan berkembang menjadi hitam akhir terlalu banyaknya sampah dan bias di pastikan makhluk hidup di air mati.


4.      Sampah


Masalah sampah yaitu penyebab yang tidak akan berujung. Terlalu banyak sampah di sungai, bahkan kini bukan hanya di sungai maritim pun banyak sampah. Sampah bukan hanya mengakibatkan pencemaran air dan membunuh ikan yang ada disana. Tetapi jikalau menghalangi irigasi yang di buat untuk mengaliri air ke sawah-sawah penduduk.


5.      Fenomena Alam


Selain penyebabnya insan itu sendiri ada juga fenomena alam yang terjadi dan mengakibatkan Pencemaran air. Gunung Meletus yang menyemburkan larva akan mengalir ke sungai mengakibatkan ekosistem di dalam air tersebut akan mati.


Dampak Pencemaran Air


Banyak sekali efek yang di sebabkan oleh pencemaran air, berikut ini di antaranya:



  1. Kehidupan ekosistem di dalam air akan mengalami kerusakan yang besar

  2. Tumbuhnya ganggang dan parasite jahat yang sanggup memperkeruh keadaan air

  3. Pendangkalan sungai yang di akibatkan terlalu banyak sampah yang menumpuk

  4. Beresiko kanker dan cacat lahir bagi bayi jikalau mengkonsumsi air yang tercemar

  5. Penggunaan pestisida terlalu berlebihan akan mengakibatkan ikan dan makhluk lain mati

  6. Ketidakseimbangan rantai makanan, burung dan sepesies pemakan ikan akan sulit mencari makan

  7. Pencemaran air sanggup mengakibatkan erosi

  8. Kurangnya sumber air bersih

  9. Salah satu penyebab terjadi tanah longsor

  10. Berbagai jenis penyakit akan timbul


Contoh Pencemaran air


Berikut ini gambar pencemaran air antara lain:


 Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian pencemaran air Pencemaran Air – Pengertian, Penyebab, Dampak dan Contoh


Pencemaran Air sungai terlalu banyak sampah yang menumpuk, hasilnya warna air akan berkembang menjadi coklat bahkan hitam. Mengeluarkan busuk yang tidak yummy serta mengakibatkan banyak penyakit. Sifat insan yang membuang sampah sembarangan terutama ke dalam sungai mengakibatkan kerusakan dan pencemaran air yang tidak kunjung usai.


 Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian pencemaran air Pencemaran Air – Pengertian, Penyebab, Dampak dan Contoh


Limbah pabrik yang di alirkan kesungai. Limbah ini sangat berbahaya sekali untuk kehidupan insan di sekitar perairan sungai. Nantinya akan banyak penyakit yang di timbulkan contohnya diare, sesak nafas, gatal-gatal, penyakit kulit lainnya serta kanker.


Demikian pembahasan mengenai pengertian pencemaran air, penyebab pencemaran air, efek pencemaran air, dan rujukan pencemaran air. Kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik dan bermanfaat tentunya.


Advertisement

Iklan Sidebar