Info Populer 2022

Pendekatan Geografi : Spasial, Ekologi, Regional Dan Contohnya

Pendekatan Geografi : Spasial, Ekologi, Regional Dan Contohnya
Pendekatan Geografi : Spasial, Ekologi, Regional Dan Contohnya

Pendekatan Geografi Ilmu geografi yaitu ilmu yang membahas ihwal tanda-tanda alam dan fenomena geosfer yang terdapat di muka bumi. Pengertian ilmu geografi berdasarkan para jago mencakup hal yang berkaitan dengan kehidupan insan serta alam sekitarnya serta interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.


 Ilmu geografi yaitu ilmu yang membahas ihwal tanda-tanda alam dan fenomena geosfer yang ter Pendekatan Geografi : Spasial, Ekologi, Regional dan Contohnya
Pendekatan Geografi


Pengertian Pendekatan Geografi


Pengertian pendekatan geografi yaitu sebuah langkah dan metodologi khusus untuk melaksanakan sebuah analisa dan memahami majemuk tanda-tanda serta fenomena geosfer, terutama pada interaksi antara makhluk hidup terhadap lingkungannya.


Secara umum, pembagian ruang lingkup geografi dibedakan menjadi tiga, yaitu : Geografi fisik



  1. Geografi sosial

  2. Geografi ekologi

  3. Geografi regional.


Di dalam ilmu geografi ada beberapa langkah dan metode pembelajaran khusus yang dikenal dengan pendekatan geografis.


Macam-macam pendekatan yang digunakan dalam ilmu geografi yag didasarkan pada prinsip geografi mencakup prinsip distribusi, prinsip interelasi, prinsip deskripsi dan prinsip korologi.


3 Pendekatan Geografi dan Contohnya


Terdapat tiga pendekatan geografi yaitu pendekatan



  1. Keruangan (spasial)

  2. Pendekatan lingkungan (ekologi)

  3. Pendekatan kompleks wilayah (regional).


Berikut klarifikasi kengkap mengenai pendekatan geografi dan contohnya


1. Pendekatan Spasial (Keruangan)


Pendekatan keruangan (pacial analysisi) yaitu salah satu dari tiga pendekatan geografis. Pendekatan ini menjadi pendekatan yang khas dalam geografi alasannya menjadi studi ihwal keragaman ruang muka bumi dengan menelaah tiap tiap aspek keruangannya.


Dalam pendekatan ini peneliti selalu mengkaji kesemaan atau perbedaan suatu fenomena geosfer melalui aspek keruangan. Aspek-aspek ruang dan spasial geografi yang mencakup faktor lokasi, kondisi alam dan kondisi sosial budaya pada masyarakat. Peneliti juga memperhatikan distribusi atau persebaran, interelasi dan interaksinya.


Pada akhirnya, dibutuhkan didapatkan manfaat bagi insan yang terkait dengan pendekatan spasial geografis ini baik di aspek hidrologi, pedologi dan klimatologi.


Contoh pendekatan keruangan:

Sebidang tanah berharga mahal alasannya tanahnya subur dan ada di tempat yang strategis. Peneliti menilai tanah berdasarkan produktivitas pertanian dan nilai ruangnya yaitu letak strategis.


2. Pendekatan Ekologi (Lingkungan)


Pendekatan ekologi yang didasarkan pada prinsip ilmu biologi yaitu interelasi yang menonjol antara makhluk hidup serta lingkungannya. Tujuan dilakukan pendekatan ini yaitu untuk mengkaji fenomena geosfer dengan memperhatikan antara interaksi organisme dengan lingkungannya.


Aspek yang diteliti di dalam pendekatan lingkungan antara lain yaitu :



  1. Interaksi komponen fisikal (alamiah)

  2. Nonfisik (sosial).


Selain itu, pendekatan geografi juga berfokus pada suaty sikap organisme dan perubahan fenomena lingkungan yang terjadi dengan sanggup berdiri diatas kaki sendiri tanpa keterkaitan.


Contoh pendekatan ekologi bisa dilihat pada fenomena banjir di suatu tempat atau wilayah . Fenomena ini bisa diidentifikasi melalui tahapan pada pendekatan ekologi yang hasilnya kemudian bisa dianalisa untuk menemukan solusi masalah.


Identifikasi dilakukan mencakup identifikasi kondisi fisik, identifikasi sikap dan sikap masyarakat dan juga analisis interaksi. Hal pertama dilakukan identifikasi fisik untuk menemukan kondisi fisik lingkungan yang menjadi pendorong terjadinya fenomena banjir, contohnya menyerupai topografi, jenis tanah, curah hujan dan juga kondisi bangunan di daerah banjir .


Lalu kemudian dilakukan identifikasi sikap dan sikap masyarakat guna menemukan sikap dan sikap masyarakat dalam mengelola alam di lokasi banjir itu sendiri, Misalnya alih fungsi suatu lahan pertanian, penggundulan hutan, kebiasaan membuang sampah dan juga pola pemukiman yang dibangun pada daerah tersebut.


Terakhir dilakukan sebuah analisa interaksi ekologi terkait antara korelasi identifikasi fisik dan sikap yang dianalisa guna menemukan alternatif pemecahan masalah.


3. Pendekatan Regional (Kompleks Wilayah)


Pendekatan regional (analisis kompleks wilayah) dilakukan dengan cara membandingkan banyak sekali daerah pada muka bumi dengan memperhatikan aspek-aspek keruangan serta lingkungan secara komprehensif. Secara umumnys, pendekatan ini yaitu campuran antara pendekatan spasial dan juga ekologi.


Analisis ini menekankan adanya diferensiasi areal ataupun perbedaan karakteristik pada tiap wilayah di bumi. Hal ini kemudian mendorong adanya interaksi antara suatu wilayah dengan wilayah lainya. Nantinya hasil pendekatan studi wilayah tertuang menjadi sebuah peta dan dipelajari melalui disiplin ilmu kartografi.


Contoh pendekatan regional :

Dalam membangun rumah atau bangunan dilihat dari karakteristik wilayahnya. Misalnya membangun rumah di daerah rawan banjir atau daerah erat pantai maka fondasi akan ditinggikan dari biasanya untuk mengantisipasi terjadinya banjir atau pasang air laut.


Demikianlah penjelasa mengenai pendekatan geografi, Semoga bermanfaat


Artikel Lainya  :



 


Advertisement

Iklan Sidebar