Info Populer 2022

Pengertian Suhu, Rumus Dan Alat Ukurnya

Pengertian Suhu, Rumus Dan Alat Ukurnya
Pengertian Suhu, Rumus Dan Alat Ukurnya

Pengertian Suhu – Apa yang dimaksud dengan suhu? sebelum masuk kedalam pembahasan, materi yang akan dibahas yaitu pengertian, rumus dan alat ukur suhu. Simak penjelasannya dibawah ini gaes!


Pengertian Suhu


Suhu ialah suatu besaran yang membuktikan derajat panas khususnya pada benda. Benda yang mempunyai panas sanggup membuktikan suhu yang tinggi dibandingkan pada benda yang dingin. Untuk sanggup mengetahui seberapa besar suhu pada benda tersebut, maka alat yang digunakan yaitu termometer.


 materi yang akan dibahas yaitu pengertian Pengertian Suhu, Rumus dan Alat Ukurnya
image suhu

Rumus Konversi Suhu Celcius, Kelvin dan Fahrenheit materi yang akan dibahas yaitu pengertian Pengertian Suhu, Rumus dan Alat Ukurnya


Untuk konversi suhu diatas merupakan suatu cara dalam menyatakan nilai suhu pada suatu benda dengan satu skala suhu terhadap skala suhu yang lainnya sehingga sanggup disimpulkan jikalau nilai suhu pada suatu benda dalam skala celcius diubah atau dikoversi didalam skala lainnya baik pada Skala Reamur, Fahrenheit dan Kelvin.


1. Rumus Konversi Suhu Celcius ke Reamur


Untuk Menghitung Konversi Suhu pada Celcius ke Reamur sanggup menggunakan rumus dibawah ini:


R = ( 4/5 ) C

R = Skala Suhu Reamur

C = Skala Suhu Celcius


2. Rumus Konversi Suhu dari Celcius ke Fahrenheit


Untuk Menghitung Konversi Suhu Celcius ke Fahrenheit sanggup menggunakan rumus dibawah ini :


F = ( 9/5 ) C + 32

F = Skala Suhu Fahrenheit

C = Skala Suhu Celcius


3. Rumus Konversi Suhu dari Celcius ke Kelvin


Untuk Menghitung Konversi Suhu Celcius ke Kelvin sanggup menggunakan rumus dibawah ini:


K = C + 273

K = Skala Suhu Kelvin

C = Skala Suhu Celcius


Alat Ukur Suhu


Untuk mengukur suhu, alat yang digunakan dalam mengukur suhu yaitu termometer. Berikut dibawah ini beberapa jenis termometer sesuai materi yang digunakan pada termometer tersebut.


1. Termometer dengan materi zat cair


Termometer berbahan zat cair ini sering sekali digunakan dalam mengukur suhu, berikut jenis termometer dengan materi zat cair:



  1. Termometer Laboratrium

    Alat yang satu ini digunakan dalam mengukur suhu air masbodoh atau suhu air yang berlangsung dipanaskan. Termometer laboraturium menggunakan air raksa atau alkohol untuk petunjuk suhu.

  2. Termometer Ruang

    Termometer ruang terpasang pada dinding rumah atau kantor. Terometer ruang sanggup mengukur suhu dalam keadaan suatu saat. Skala pada termometer ini yaitu dari -50 °C hingga 50 °C.

  3. Termometer klinis

    Termometer klinis atau sering disebut juga termometer demam. Banyak para dokter yang menggunakan jenis termometer ini dalam mengukur suhu tubuh pasien. Pada keadaan sehat, suhu tubuh insan 37 °C. Tetapi jikalau tubuh demam suhu akan naik melewati angka tersebut, atau sanggup mencapai angka 40 °C. Skala termometer klinis ini hanya 35 °C hingga 43 °C. Karena diubahsuaikan pada suhu tubuh manusia, suhu tubuh insan mustahil di bawah 35 °C dan tidak melebihi 43 °C.

  4. Termometer Six-Bellani

    Termometer Six-Bellani atau sering disebut juga termometer maksimum-minimum. Termometer jenis ini sanggup mencatat suhu tertinggi dan suhu terendah pada jangka waktu tertentu. Termometer ini mempunyai 2 cairan, yakni alkohol dan raksa pada satu termometer.


2. Termometer dengan materi zat padat



  1. Termometer Bimetal

    Termometer Bimetal menggunakan logam dalam mengukur suhu dengan prinsip logam yang akan memuai jikalau dipanaskan dan menyusut jikalau sedang didinginkan.

  2. Termometer Hambatan

    Terometer kendala ialah termometer yang sempurna digunakan untuk industri dalam mengukur suhu lebih dari 100°C. Termometer jenis ini diproduksi menurut pada perubahan kendala logam.

  3. Termometer Termokopel

    Termometer temokopel ialah jenis sensor suhu yang digunakan dalam mengukur atau mendeteksi suhu melewati dua jenis logam konduktor yang berbeda dengan digabungkan pada ujungnya sehingga sanggup menimbukan efek “Termo – electric”. Termokopel yaitu salah satu jenis sensor suhu yang sangat terkenal dan sering digunakan untuk rangkaian dan macam – macam elektro yang bekerjasama pada suhu.


3. Termometer dengan materi gas


Termometer gas merupakan jenis termometer yang prosesnya pada pemuaian gas apabila terjadi perubahan pada suhu. gas Hidrogen dan gas Helium ialah gas yang sering digunakan pada materi termometer ini.


4. Termometer Optis



  1. Pirometer

    Intensitas radiasi yang dipancarkan pada benda yang sangat panas dalam termometer pirometer berfungsi sebagai mengatakan perubahan suhu. Sifat pada termometrik ini dimanfaatkan dalam mengukur suhu yang ada pada pirometer.

  2. Termometer Inframerah.

    Termometer Inframerah fungsinya dalam mengetahui suhu benda dengan menyinarkan inframerah kepada benda tersebut.


Demikian pembahasan perihal pengertian, rumus dan alat ukur suhu, mohon maaf jikalau ada kesalahan dalam penulisan dan pembahasan. Semoga bermanfaat🙂


Artikel Lainnya :



Advertisement

Iklan Sidebar