Info Populer 2022

Rumus Anuitas Matematika Keuangan Dan Teladan Soal

Rumus Anuitas Matematika Keuangan Dan Teladan Soal
Rumus Anuitas Matematika Keuangan Dan Teladan Soal

Rumus.co.id – Setelah sebelumnya kita membahas wacana rumus limit matematika kali ini kita akan membahas bahan wacana anuitas matematika lengkap, kita akan jabarkan secara detail dan lengkap dari pengertian, materi, sifat – sifat, rumus, dan pola soal beserta pembahasannya.


Pengertian Anuitas


Anuitas merupakan suatu teori keuangan yang mempunyai arti yaitu sebuah rangkaian penerimaan dan pembayaran tetap yang dilakukan secara terpola pada jangka waktu tertentu. Contohnya ibarat sebuah bunga yang diterima dari obligasi atau dividen tunai dari suatu saham preferen.


Jenis – Jenis Anuitas


Anuitas juga mempunyai jenis – jenis tertentu, yaitu antara lain :


1. Anuitas Tetap /  Variabel


Anuitas Tetap yaitu juga mempunyai tingkat bunga tertentu, ibarat dengan bank Sertifikat Deposito (CD). Dalam anuitas tetap, didalam perusahaan asuransi memperlihatkan jaminan pokok dan tingkat bunga minimum. Dengan kata lain, asalkan perusahaan asuransi tersebut elok secara finansial, uang yang Anda tanamkan dalam anuitas tetap akan tumbuh dan tidak mengalami penurunan nilai.


Anuitas Variabel yaitu kalau uang Anda sanggup diinvestasikan dalam instrumen investasi tersebut akan bertingkat pengembalian tidak tetap, terutama pada reksadana. Nilai uang Anda dalam anuitas variabel dan jumlah uang yang akan dibayarkan kepada Anda akan tergantung pada kinerja investasinya sehabis dikurangi biaya pengelolaan dana itu.


2. Anuitas Tangguhan / Segera


Anuitas Tangguhan yaitu mempunyai masa di mana premi dan hasil investasinya akan diakumulasikan sebelum dilakukan pembayaran berkala. Masa akumulasi ini sanggup sangat lama, ibarat anuitas tangguhan untuk dana pensiun yang berlangsung selama beberapa dekade dan hingga karyawan mencapai usia pensiun.


Anuitas Segera yaitu kalau mulai membayarkan pendapatan terpola satu periode sehabis anuitas dibeli. Periode itu akan tergantung pada seberapa sering pendapatan akan dibayar. Sebagai contoh, kalau pendapatan yaitu bulanan, pembayaran pertama dilakukan satu bulan sehabis anuitas segera dibeli.


3. Anuitas Periode Tetap, Jumlah Tetap / Seumur Hidup


Anuitas Periode Tetap yaitu kalau membayar penghasilan untuk jangka waktu tertentu, contohnya sepuluh tahun. Jumlah penghasilannya yang dibayarkan tidak akan tergantung pada umur atau keberlanjutan hidup dari orang yang membeli anuitas tersebut(disebut anuitan).


Anuitas Seumur Hidup yaitu akan memperlihatkan penghasilan untuk sisa umur anuitan. Sebuah variasi dari anuitas seumur hidup tersebut akan terus memperlihatkan penghasilan hingga dua pasangan anuitan meninggal. Jumlah yang dibayarkannya pun tergantung pada usia anuitan, premi yang dibayarkan ke anuitas, dan pengembalian investasi yang diakumulasikan.


4. Anuitas Premi Tunggal / Premi Fleksibel


Anuitas Premi Tunggal yaitu akan dibiayai oleh sebuah pembayaran tunggal. Anuitas premi tunggal tersebut sanggup bersifat tangguhan atau segera. Kebanyakan anuitas tunggal dibiayai dari tabungan pensiun yang jatuh tempo pada DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan).


Anuitas Premi Fleksibel yaitu anuitas yang dibiayai oleh serangkaian pembayaran premi. Anuitas fleksibel juga selalu bersifat tangguhan, yaitu dirancang untuk mempunyai jangka waktu yang cukup untuk mengakumulasikan premi dan pendapatan investasi sebelum uang sanggup dibayarkan secara berkala.


 Setelah sebelumnya kita membahas wacana  Rumus Anuitas Matematika Keuangan dan Contoh Soal
rumus anuitas

Rumus Anuitas Matematika Keuangan


Anuitas juga mempunyai rumus tertentu, yaitu antara lain :


AN = An + Bn


Keterangan :



  • AN = Anuitas

  • An = Angsuran

  • Bn = Bunga


Contoh Soal Anuitas Matematika


1. Suatu Pinjaman akan dilunasi dengan sistem anuitas bulanan. Jika besar angsuran Rp.85.000, dan bunganya yaitu Rp.315.000,00. Maka tentukanlah jumlah anuitas tersebut !


Penyelesaian :


Diketahui : 



  • An = 85.000

  • Bn = 315.000


Ditanya : AN =…..?


Jawab :



  • AN = An + Bn

  • AN = 85.000 + 315.000

  • AN = 400.000


Jadi, jumlah nilai Anuitasnya yaitu = Rp.400.000


2. Suatu Pinjaman akan dilunasi dengan sistem anuitas bulanan. Jika besarnya anuitas Rp.600.000,00. Maka tentukanlah angsuran ke-5 kalau bunga ke-5 yaitu Rp.415.000,00 !


Penyelesaian :


Diketahui : 



  • AN = 600.000

  • Bn = 415.000


Ditanya : An =…..?


Jawab :



  • AN = An + Bn

  • 600.000 = An + 415.000

  • An = 600.000 – 415.000

  • An = 185.000


Jadi, jumlah nilai angsurannya yaitu = Rp.185.000


Inilah pembahasan lengkap wacana cara menghitung rumus anuitas keuangan matematika beserta pola soal dan pembahasannya, biar bermanfaat…


Baca Juga :



 


Advertisement

Iklan Sidebar