Info Populer 2022

Teks Deskripsi

Teks Deskripsi
Teks Deskripsi

Teks Deskripsi – Pembahasan materi kali ini ialah mengenai pengertian, contoh, struktur, tujuan dan ciri – ciri teks deskripsi yang akan dibahas secara lengkap. Silahkan kalian simak klarifikasi lengkapnya dibawah ini!


 Pembahasan materi kali ini ialah mengenai pengertian Teks Deskripsi
Teks Deskripsi

Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata deskripsi sendiri mempunyai arti pemaparan atau penggambaran terhadap kata-kata secara terperinci dan terperinci. Kemudian menggambarkan pada suatu bentuk objek berdasarkan pengamatan, sifat, rasa, warna, atau corak. Karakter bahasa yang digunakan dalam menyusun teks deskripsi berupa rincian suatu objek atau benda. Selain itu sering menggunakan majas dalam melukiskan secara konkret. Paragraf yang disusun pada teks deskripsi bisa menciptakan pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan mencicipi pada suatu objek atau benda secara langsung.


Terdapat 3 (tiga) macam teks deskripsi yang sering didengar, yakni subjektif (penggambaran objek oleh kesan penulis), spatial (penggamabaran objek yang berupa tempat, benda, atau ruang), dan objektif (penggambaran keadaan pada objek tanpa penambahan suatu opini penulis). Kemudian itu juga bisa dibedakan menjadi dua jenis, yakni impresionistis dan ekspositoris.


Impresionistis


Teks deskripsi impresionistis ialah menggambarkan suatu objek atau benda dari sudut pandang penulis. Penjelasan objek atau benda dalam jenis teks deskripsi ini ditulis berdasarkan hasil dari pengamatan atau observasi yang dilakukan oleh penulis. Teks deskripsi impresionistis bisa menciptakan pembacanya seperti mengalami dan mencicipi apa yang telah dialami penulis. Cara menggambarkan objek dalam jenis teks deskripsi impresionistis ini tidak ada perbedaan dengan teks deskripsi subjektif.


Ekspositoris


Teks deskripsi ekspositoris merupakan bacaan yang disusun berdasarkan urutan logis oleh suatu objek atau benda yang diamati. Deskripsi yang diberikan bisa merupakan acara yang dilakukan. Jenis teks deskripsi ekspositoris sempurna digunakan dalam menyusun paragraf yang menyatakan dalam proses pengamatan.


Pengertian


Teks deskripsi ialah suatu paragraf atau teks yang gagasan utamanya disusun dengan cara menggambarkan benda, objek, tempat, atau tragedi secara terperinci yang menjadi topik penulis terhadap pembaca. Sehingga pembaca seperti mencicipi eksklusif apa yang sedang diungkapkan pada teks tersebut.


Tujuan


Tujuannya ialah memperlihatkan klarifikasi yang lengkap kepada pembacanya semoga sanggup memahami apa yang sedang dibaca, menyerupai halnya dalam bentuk fisik atau juga wujud yang absurd menyerupai sikap, rasa dan lain sebagainya.


Teks deskripsi merupakan hasil pengamatan atau observasi, oleh lantaran itu informasi yang digunakan untuk menjabarkan benda, objek atau kawasan harus jelas, sesuaikan dengan data dan fakta yang terdapat dalam objek tersebut.


Ciri-Ciri


Berikut ciri-ciri yang bisa dengan gampang kita pahami jenis pada sebuah teks deskripsi, sebagai berikut :



  1. Paragraf deskripsi menggambarkan suatu objek, benda, kawasan atau suasana.

  2. Melibatkan kesan indera ( menyerupai : penglihatan, pendengaran, pengecapan, penciuman dan perabaan).

  3. Menjelaskan ciri-ciri fisik dan objek tertentu menyerupai bentuk, warna, ukuran dan kepribadian secara jelas.

  4. Terdapat sebuah kata-kata atau frasa yang bermakna sifat atau keadaan.


Struktur


Terdapat 3 struktur yang menyusun teks deskripsi hingga menjadi sebuah paragraf, sebagai berikut :


1. Identifikasi, merupakan penentu identitas seseorang, benda, objek dan sebagainya.


2. Klasifikasi, merupakan penyusunan ber-sistem pada suatu kelompok berdasarkan kaidah atau standar yang sudah ditetapkan.


3. Bagian deskripsi, merupakan bab teks yang berisi mengenai citra atau pemaparan suatu objek atau topik didalam teks tersebut.


Langkah-langkah Menyusun Teks



  1. Menentukan tema (objek atau topik yang akan dibahas).

  2. Menentukan tujuan.

  3. Kumpulkan data-data dan pengamatan secara eksklusif terkait topik yang akan dibahas.

  4. Setelah semua data-data terkumpul, kemudian menyusun data tersebut menjadi suatu kerangka karangan/paragraf.

  5. Menyusun teks deskripsi dengan uraian kerangka karangan tersebut sesuai dengan topik.


Contoh


Tentang Sekolah


Kelas X.2


Kelas X.2 sudah menjadi kawasan rumah bagi kami di sekolah. Di kelas kami saling bertemu dengan teman-teman yang sangat baik, ramah dan suka membantu. Di sana juga kami berguru menuntut ilmu demi meraih masa depan yang dituju.


Meskipun kelas yang kami tempati tidak begitu luas, hanya sekitar 7 X 6 m2. Tetapi kelas ini sangatlah higienis dan nyaman untuk proses pembelajaran.


Lantai kelas yang dilapisi oleh keramik putih sangat higienis dan mengkilap, lantaran setiap hari selalu di-sapu dan di-pel. Kemudian kelas kami juga sangat lengkap. Terdapat 40 buah dingklik dan meja, kemudian 2 buah papan tulis putih yang besar. Di samping papan tulis ada meja guru dan lemari untuk menyimpan peralatan kelas.


Pada bab dinding kelas yang berwarna putih dan higienis telah dilengkapi oleh gambar para pahlawan, foto presiden, pancasila dan karya kami semua. Di dinding depan kelas juga terdapat sebuah mading yang dilengkapi dengan pantun, puisi, dan info lainnya.


Itulah citra mengenai kelasku, kelas yang sangat higienis dan nyaman sehingga kami semua semangat pada proses berguru dimulai.


Tentang Alam


Keindahan Alam Indonesia


Indonesia merupakan sebuah Negara yang mempunyai kekayaan alam yang sangat melimpah ruah dari Sabang hingga Merauke. Keindahan alam Indonesia juga dinilai sebagai terbaik yang bisa menandingi di negara manapun bahkan dunia.


Hampir seluruh pesona alam ada di Indonesia mulai dari daratan hingga lautan. Maka, tidak heran jikalau ketika ini banyak wisatawan aneh yang rela tiba jauh-jauh hanya untuk menikmati keindahan alam bumi yang ada di Indonesia.


Bukan hanya keindahan alam saja, ternyata di dalam keindahan tersebut ada aneka macam hal yang tersembunyi dan jarang diketahui banyak orang menyerupai tumbuhan dan fauna yang sangat langka dan eksotis.


Keindahan alam Indonesia yang paling populer di mata dunia ialah pantainya yang luas dari barat hingga ke timur. Banyaknya pulau yang terdapat di Indonesia menciptakan kekayaan maritim dan pantai semakin indah.


Selain pantai, keindahan yang ada di bawah maritim juga menjadi incaran para wisatawan aneh untuk melihat ke dalamnya. Daerah yang mempunyai keindahan pantai yang paling populer di Indonesia ialah Manado, Bali dan Raja Ampat.


Bukkan hanya itu saja, Indonesia juga merupakan negara yang mempunyai cakupan hutan terbesar di Dunia. Oleh alasannya ialah itu, Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia lantaran ⅓ hutan di Dunia berada di Indonesia.


Keindahan hutan yang berada di Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi, penghijauan yang terdapat banyak pohon menciptakan mata menyerupai terhipnotis.


Demikian klarifikasi mengenai pengertian, contoh, struktur, tujuan dan ciri – ciri teks deskripsi. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.


Artikel Terkait :



Advertisement

Iklan Sidebar