Info Populer 2022

Isi Trikora

Isi Trikora
Isi Trikora

Rumus.co.id – Tertemuan kali ini kita akan membahas mengenai isi trikora mulai dari pengertian, sejarah dan operasi. Trikora atau dapat disebut dengan tri komando rakyat ialah perselisihan yang berafiliasi dengan papua bab barat. Simak klarifikasi berikut ini.


Pengertian Trikora


Operasi Trikora (Tri Komando Rakyat) ialah konflik 2 tahun yang dilancarkan Indonesia untuk menggabungkan wilayah Papua bab barat.


Pada dikala itu pemerintahan Indonesia melaksanakan banyak upaya untuk pengembalian irian barat biar kembali menjadi pulau di Indoensia. Persiapan yang di lakukan pemerintah ialah persiapan militer, melaksanakan diplomasi, kebijakan ekonomi, dan konfrontasi total.


Militer sendiri Indonesia mencari pinjaman senjata dari luar negeri menjelang terjadinya konflik antara Indonesia dan Belanda. Dari segi diplomasi, persiapan Indonesia yaitu mendekati banyak sekali negara ibarat Australia, India, Pakistan, Selandia Baru, Thailand, Jerman, Britania Raya, dan Perancis biar tidak memberi dukungan kepada Belanda jikalau pecah perang antara Indonesia dan Belanda. Dari segi ekonomi, pada tanggal 27 Desember 1958, presiden Soekarno mengeluarkan undang-undang nomor 86 tahun 1958 perihal nasionalisasi semua perusahaan Belanda di Indonesia.


 Tertemuan kali ini kita akan membahas mengenai isi trikora mulai dari pengertian Isi Trikora


Sejarah Trikora


Trikora di mulai dari belanda akan menjajah kembali Indonesia dengan tidak menyerahkan irian barat kepada pihak Indonesia. Seperti kita telah ketahui bahwa irian barat merupakan surge alam, bukan hanya keindahan alamnya tetapi irian barat menimbun berlimpah watu barat. Sehingga irian barat digadang-gadang akan menjadi sumber watu bara dan wisata yang sangat menakjupkan.


Belanda memperkuat sistem pertahannya dengan mengirim batalyon angkatan darat mereka terus menerus ke irian barat. Dengan demikian pasukan perang mereka sangat kuat. Akan sulit bagi Indonesia merebut kembali irian barat pada masa itu.


Padar rapat Konferensi Meja Bundar (KMB) tahun 1949 Indonesia dan Belanda tidak mencapai kesepakatan, tetapi sepakat dilema ini akan dibicarakan kembali dalam satu tahun kedepan.


Tahun 1950, PBB mengeluarkan keputusan bahwa Papua Barat memiliki hak merdeka sesuai dengan isi Piagam PBB pasal 73e. Lalu Belanda mengundang Indonesia ke Mahkamah Internasional untuk menyelesaikan dilema ini, tetapi Indonesia menolaknya.


Belanda melaksanakan percepatan untuk kegiatan pendidikan mempersiapkan kemerdekaan Papua pada bab barat, persiapannya ialah perguruan tinggi angkatan maritim tahun 1956 dan tentara Papua pada tahun 1957. Indonesia juga tidak mau kalah, yaitu melaksanakan tindakan pembentukan Provinsi Irian Barat pada tanggal 17 Agustus 1956 dengan Zainal Abidin Syah sebagai gubernur pertamanya.


Amerika serikat khawatir pihak komunis mengambil laba dengan adanya situasi ini, sehingga Amerika serikat mengambil langkah mendesak Belanda untuk berunding kembali dengan Indonesia. 15 Agustus 1962 balasannya disepakati persetujuan New York Amerika Serikat. Pihak Australia menjadi mendukung papua menjadi bab Indonesia alasannya ialah desakkan dari Amerika Serikat


Isi Trikora


Tanggal 19 Desember 1961, Soekarno mengumumkan pelaksanaan Trikora di Alun-alun Utara Yogyakarta. Kemudian Suekarno dan kawan-kawannya tidak tinggal diam. Suekarno membentuk komando mandala. Mayor jendral soeharto yang di tunjuk dan di angkat sebagai panglima perang untuk melawan belanda merebut irian barat.


Tugas komando ini ialah merencanakan, mempersiapkan, dan menyelenggarakan operasi militer untuk menggabungkan Papua bab barat dengan Indonesia.




  1. Gagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan Belanda.




  2. Kibarkan Sang Merah Putih di Irian Barat, tanah air Indonesia.




  3. Bersiaplah untuk mobilisasi umum guna mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air dan bangsa.




Tujuan Trikora


Pada pada dasarnya tujuan trikora ialah merebut kembali irian batar dari belanda. Lebih jelasnya lagi ada di dalam isi trikora yaitu menggagalkan pembentukan negara boneka papua buatan belanda. Yang ke dua ialah mengibarkan bendera merah putih di wilayah irian barat yang termasuk tanah air Indonesia. Yang ketiga ialah siap mempertahankan kemerdekaan, kesatuan tanah air Indonesia dan bangsa.


Operasi Trikora


Operasi Trikora pada tahun 1962 pada dikala itu pemerintah RI melancarkan operasi militer bersandikan Operasi Trikora. Semua angkatan perang republic Indonesia di kerahkan untuk merebut irian barat.


Ada beberapa pasukan khusus contohnya Komando Pasukan Gerak Tjepat AURI, RPKAD (TNI AD), dan Kopaska (TNI AL) juga perintahkan untuk menyelinap misi penyusupan, sabotase, intelijen, dan melancarkan perang secara gerilya.


Pasukan Kopaska menjadi ujung tombak dalam pertempuran di laut. Pasukan ini dikirim menjadi pasukan yang paling selesai dikirimkan ketika APRI akan melancarkan serangan besar-besaran melalui operasi militer bersandi Jayawijaya.


 Tertemuan kali ini kita akan membahas mengenai isi trikora mulai dari pengertian Isi Trikora


Pasukan ini berangkat dari Jakarta ke Surabaya dengan misi rahasia. Menuju Gudang senjata PAL yaitu penataran angkatan laut, tetapi dikala itu senjata tidak tersedia banyak alasannya ialah sudah terpakai. Sehingga hanya tersisa saja yang di ambil termasuk materi peledak.


APRI juga mengerahkan pesawat pembom nuklir Tu-16 buatan Rusia , Belanda balasannya lebih menentukan langkah diplomasi dan menyerahkan Irian Barat ke Indonesia melalui PBB pada 15 Agustus 1962.


Baca Juga:



5 Rumusan Pancasila dalam Naskah Piagam Jakarta


Isi Tritura – Latar Belakang, Tujuan, Plopor



Demikian klarifikasi mengenai Isi trikora, pengertian trikora, sejarah trikora, operasi trikora. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta isu anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.


Advertisement

Iklan Sidebar