Info Populer 2022

Teks Laporan Hasil Observasi

Teks Laporan Hasil Observasi
Teks Laporan Hasil Observasi

Teks Laporan Hasil Observasi – Dalam melaksanakan penelitian pengamatan (Observasi) terhadap suatu Objek, dengan mengumpulkan data-data yang akan menjadi kesimpulan atau hasil tamat dari penelitian dan kita sanggup mengetahui karakteristik dari Objek tersebut.


data yang akan menjadi kesimpulan atau hasil tamat dari penelitian dan kita sanggup mengetah Teks Laporan Hasil Observasi


Data-data yang telah dikumpulkan tersebut itu, akan dituangkan atau dituliskan dalam pembentukan sebuah Teks, yang biasa disebut sebagai Teks Laporan Hasil Observasi.


Oleh alasannya ialah itu untuk membantu bagi Para Pecinta Penelitian yang mungkin sebagiannya belum mengetahui, apa yang dimaksud dengan Teks Laporan Hasil Observasi.


Maka pada kesempatan kali ini kita akan gotong royong membahas perihal Teks Observasi beserta dengan struktur-struktur yang terkait dalam pembentukannya.


Pengertian


Teks Laporan Hasil Observasi ialah Teks yang berisikan perihal sebuah data-data yang telah ditentukan dari hasil pengamatan atau hasil penelitian pada suatu Objek tertentu, yang akan menjadi kesimpulan atau hasil tamat untuk mengetahui karakteristik Objek tersebut.


Pada jenis Teks ini juga biasa disebut sebagai Teks Klasifikasi yang berisikan perihal karakteristik pada suatu Objek yang belum diketahui dengan jelas. Teks Laporan Hasil Observasi ini juga mempunyai sifat yang faktual atau menurut dengan kenyataan fakta yang bergotong-royong terjadi.


Teks Laporan Hasil Observasi ini dengan Teks Deskripsi hampir mempunyai suatu kesamaan atau persamaan diantara keduanya. Persamaannya ialah Dalam memberikan atau menyimpulkan terhadap suatu Objek menurut dengan fakta yang sebenernya terjadi.


Jenis Teks ini mempunyai sifat-sifat sebagai berikut :



  • Bersifat Informatif

  • Bersifat Komunikatif

  • Bersifat Objektif


Ciri Ciri


Dalam pembentukan jenis Teks ini terdapat bentuk-bentuk yang menjadi perbedaan dari jenis-jenis Teks lainnya, berikut dibawah ini telah tersedia penjelasannya :



  • Mempunyai sifat yang objektif, global, dan universal

  • Memiliki suatu objek yang akan menjadi pembahasan atau pembicaraan berupa objek tunggal

  • Tertulis dengan secara lengkap dan sempurna

  • Tertulis menurut fakta yang sebenernya dari hasil pengamatan

  • Mempunyai isu teks hasil dari penelitian terkini yang telah terbukti kebenarannya

  • Tidak mengandung prasangka, pemihakan, pendugaan yang menyimpang atau tidak sesuai dengan kenyataan

  • Memiliki suatu keterkaitan pada hubungan yang saling terkait, antara kelas dan subkelas suatu objek


Baca Juga Artikel Lainnya :


Teks Eksplanasi


Teks Negosiasi


Majas Paradoks


Struktur Struktur


Pada pembentukan Teks Laporan Hasil Observasi terdapat struktur-struktur sebagai berikut :


1. Kalimat Pembukaan


Kalimat pembuka atau pengantar yang mengenai Klasifikasi pada suatu Objek tertentu, yang akan menjadi pembahasan dalam pembentukan isi dari Teks Laporan Hasil Observasi.


2. Pembahasan Atau Isi


Kalimat isi atau inti utama dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap suatu karakteristik Klasifikasi pada suatu Objek tertentu, sesuai dengan fakta hasil dari penelitian tersebut.


3. Kalimat Penutup


Kalimat epilog atau tamat kata mengenai telah selesainya pembahasan yang telah dilakukan, terhadap penelitian pada suatu karakteritik Objek tertentu.


Fungsi Dan Tujuan



  • Bertanggung jawab terhadap hasil dari penelitian yang dilakukan

  • Pemecahan problem menurut penyusunan, budi dan penyusunan terhadap hasil penelitian

  • Pembaharuan sumber isu terhadap karakteristik objek yang belum diketahui

  • Sebagai materi yang dipakai dalam bentuk dokumentasi

  • Pengambil suatu keputusan yang lebih efektif

  • Kemajuan pengetahuan gres yang belum diketahui karakteristik suatu objek


Contoh Hasil


Komodo


Komodo (Varanus Komodoensis) meupakan Hewan melata terbesar di Dunia, yang terdapat di Pulau Komodo, Rinca, Gili Motang, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Indonesia. Hewan ini mempunyai berat badan dengan bobot sebesar 166 Kg atau lebih, dengan panjang mencapai 3 Meter.


Bentuk tubuhnya yang besar dan karakteristiknya yang mengerikan dalam memburu mangsanya, menciptakan jenis binatang ini menjadi terkenal di kalangan Para Ilmuwan Dunia dan menjadi Puncak Utama pemangsa dari Klasifikasi jenis binatang ini.


Komodo mempunyai ciri-ciri badan dengan warna kulit dari abu-abu gelap hingga merah tua, mempunyai ekor yang sama panjang dengan tubuhnya, mempunyai sekitar 60 buah gigi yang tajam dengan ukuran 2,5 cm, dengan pengecap yang panjang, dan yang paling terkenal, yaitu air liurnya terdapat Bakteri beracun yang bisa membunuh seekor Kerbau hanya dalam hitungan menit.


Tetapi pada ketika ini popularitas dari habitat Komodo mengalami penurunan dan terancam punah, tanggapan perburuan liatroleh alasannya ialah itu Lembaga IUCN memasukkan Komodo kedalam kategori binatang yang terancam punah keberadannya.


Demikianlah klarifikasi Materi mengenai perihal Teks Laporan Hasil Observasi beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Fungsi dan Tujuan, dan Contohnya.


Semoga sanggup bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang mempunyai kegunaan untuk kita semua.


Advertisement

Iklan Sidebar