Info Populer 2022

10 Fungsi Tulang Hasta Pada Badan Manusia

10 Fungsi Tulang Hasta Pada Badan Manusia
10 Fungsi Tulang Hasta Pada Badan Manusia

Rumus.co.id – Pertemuan kita kali ini akan membahas mengenai fungsi tulang hasta pada badan manusia. Tulang hasta dalah kita jumpai pada lengan. Simak klarifikasi berikut ini.


Fungsi Tulang Hasta


Pengertian tulang hasta yakni tulang yang menyimpan mineral dan menghasilakn sel – sel darah pada sum – sum tulang. Tulang hasta terletak searah dengan sisi jari kelingking, erat dengan siku, medial lengan bawah, serta sejajar dengan tulang pengumpil. Tulang hasta sering disebut dengan ulna.


Tulang ini menyerupai sebuah pipa yang memiliki batang 2 ujung. Terletak di sebelah medial lengan bawah dan ukurannya lebih panjang dari pada radius atau tulang penumpil.


sebuah pipa yang mmepunyai sebuah batang dan dua ujung. Tulang ini terletak di sebelah di sebelah medial lengan bawah dan ukurannya lebih panjang dari pada radius atau tulang penumpil. Kepala tulang hasta ini berada pada bab bawah, dan ulna ini terdiri atas tiga  bab yakni ujung atas ulna, batang ulna dan ujung bawah ulna.


Berikut ini yakni fungsi tulang hasta antara lain:



  1. Sebagai penunjang kerangka tangan manusia

  2. Membantu pergelangan tangan untuk memutar

  3. Membentuk tulang lengan bawah

  4. Menunjang lengan bawah untuk bisa bergerak

  5. Menyimpan mineral dan mneghasilkan sel – sel darah pada sum sum tulang

  6. Bekerja sama dengan tulang pengumpil untuk menyusun lengan bawah pada tangan manusia

  7. Mendukung lengan bawah untuk pergerakan

  8. Melekatnya otot-otot lengan

  9. Sebagai penarikan otot

  10. Fleksibelitas sendi siku


Pada belum dewasa umur empat tahun, pertumbuhan tulang dimulai dari tengah kepala tulang. Pada umur sepuluh tahun, terjadi pertumbuhan di olecranon. Pada umur enambelas tahun, bab superior tulang sudah benar-benar bersendi dengan humerus, dan pada bab bawah terjadi pada usia kira-kira duapuluh tahun.


Berikut ini yakni gambar dari tulang hasta


 Pertemuan kita kali ini akan membahas mengenai fungsi tulang hasta pada badan insan 10 Fungsi Tulang Hasta Pada Tubuh Manusia


Ketika tulang hasta retak maka akan mencicipi sakit pada bab jari-jari juga, alasannya yakni banyak otot-otot yang akan non aktif kalau tulang hasta retak. Dalam hal ini tulang hasta sangat besar lengan berkuasa pada pergerakan hari dan lengan.


Banyak sekali otot lengan yang menempel di tulang hasta berikut ini yakni otot-ototnya:



  • Otot supinator

  • Otot triceps brachii

  • Otot extensor pollicis longus

  • Otot extensor indicis

  • Otot anconeus

  • Otot pronator teres

  • Otot flexor pollicis longus

  • Otot flexor digitorum profundus

  • Otot extensor carpi ulnaris

  • Otot flexor carpi ulnaris

  • Otot abductor pollicis longus

  • Otot brachialis

  • Otot pronator quadratus


Selain banyak otot yang menempel di tulang hasta, tulang hasta juga sebagai penyeimbang. Penyeimbang lengan dan tangan serta jari pada menusia. Tulang hasta juga sebagai pengendali pergerakan jari dan lengan. Jari-jemari yang setiap dikala kita gerakkan merupakan control dari tulang hasta.


Selain itu tulang hasta juga sebagai penguat lengan, bayangkan kalau tidak ada tulang hasta maka tangan akan mengalami kelumpuhan. Dan bentuk tangan akan cenderung kecil dan lemas. Proses olecranon (kepala proksimal dari ulna) berartikulasi dengan kepala distal humerus untuk memperlihatkan gerakan terkontrol dan stabilisasi sendi siku.


Baca Juga:



10 Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusia


10 Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Manusia



Demikian klarifikasi mengenai fungsi tulang hasta. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta gosip anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.


Advertisement

Iklan Sidebar