Info Populer 2022

10 Fungsi Tulang Paha Pada Badan Manusia

10 Fungsi Tulang Paha Pada Badan Manusia
10 Fungsi Tulang Paha Pada Badan Manusia

Rumus.co.id – Setelah kita sebelumnya membahas mengenai tulang hasta dan tulang atas, kita kembali akan membahas mengenai tulang paha. Tulang paha ialah bab tulang terpenting bagi kelangsungan hidup manusia. Simak klarifikasi berikut ini semoga mendapat manfaat.


Fungsi Tulang Paha


Tulang paha biasa di sebut dengan femur ialah tulang terbesar pada bab tubuh manusia. Tulang ini ialah tulang terkuat yang dimiliki manusia. Tanggung jawab utamanya ialah sebagai referensi seluruh tubuh dan transmisi kekuatan dari tibia ke sendi panggul.


Hampir sama dengan tulang atas, tulang paha juga sebagai tulang berpengaruh bagi kaki. Jika tulang atas sebagai tulang berpengaruh tangan, maka tulang paha ialah tulang berpengaruh bagi kaki.


Banyak otot-otot dan ligamen yang menempel pada tulang paha. Tulang paha menempel ke pinggul melalui sendi bola dan soket, menawarkan gerakan dan sumber untuk mengartikulasikan panggul. Sendi Bola terpasang dengan leher sempit lateral ke poros tulang paha vertikal.


 Setelah kita sebelumnya membahas mengenai 10 Fungsi Tulang Paha Pada Tubuh Manusia


Berikut ini ialah beberapa fungsi tulang paha antara lain:



  1. Sebagai tulang terkuat untuk menopang badan

  2. Tempat melengkatnya otot dan pigmen

  3. Sebagai penghubung antara tulang bokong dan tulang paha

  4. Sebagai daerah produksi sel darah merah pada sumsum tulangnya,

  5. Merupakan tulang terbesar dan tulang terkuat dalam tubuh ,

  6. Sebagai penghubung tubuh bab pinggul dan lutut

  7. Bersama lutut , tulang paha sanggup menciptakan sendi condylar

  8. Alat gerak bab tubuh bawah

  9. Sebagai daerah memproduksi sel darah merah

  10. Tempat melengkatnya tempurung lutut


Bagian-Bagian Tulang Paha


Berikut ini ialah bagian-bagian tulang paha antara lain:



  1. Proximal Femur, yang posisinya bedekatan dengan tulang pelvis atau tulang pinggul dan terdiri dari kepala, leher, trochanter, mayor dan minor dan juga median femur.

  2. Distal femur, yaitu bab tulang paha yang merupakan daerah melekatnya melekatnya tempurung lutut.


Sendi tulang paha yang menghubungkannya dengan pinggul terletak pada kepala tulang paha di bab proximal yang berfungsi sebagai daerah pembentukan sel darah merah. Hubungan keduanya dikenal juga dengan sebutan artukilasi asetabulum. Sendi yang terdapat pada artikulasi estabulum ialah sendi bola atau sendi gerak yang memungkinkan terjaidnya pergerakan yang me ngarah ke bab panggul.


Otot yang menempel pada paha ialah di bab trochanter minor dan mayor pada proximal femur. Hal lain tulang paha juga bergabung dengan beberapa otot yang sanggup di hubungkan dengan tronkanter.


Tronkanter inilah yang mneghubungkan tulang paha dengan otot-otot besar contohnya ibarat otot bab paha fan otot baian bokong yang memang ukuran ototnya besar.


Seperti sudah dijelaskan di atas bahwa tulang paha atau femur ialah tulang terbesar dan terkuat. Oleh alasannya itu dengan adanya tulang paha insan sanggup berjalan dan menyokong tubuh yang sangat berat. Jika tulang paha cidera atau retak maka sanggup di pastikan insan tidak sanggup berjalan untuk sementara waktu. Tidak banyak orang juga melatih kekuatan tulang pahanya, alasannya otot tulang paha akan berpengaruh kalau tulang paha juga kuat.


Baca Juga:



10 Fungsi Tulang Hasta Pada Tubuh Manusia


8 Fungsi Tulang Atas Pada Tubuh Manusia



Demikian klarifikasi mengenai fungsi tulang paha. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan serta warta anda. Semoga artikel ini sanggup membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.


Advertisement

Iklan Sidebar